Si “bloody nose” Southern Pacific

Moncong merah berlumuran darah…ternyata menjadi icon perusahaan perkasa KA Southern Pacific yang belakangan diakuisisi oleh Union Pacific. Bukan hal ini yang akan MbT bahas tapi loko buatas ALCO dengan type RS 32 merupakan loko Diesel yang mempunyai bentuk bagian depan yang unik.

Kalau kita perhatikan moncong loko ini terlihat lebih panjang dari jenis loko2 lain….alhasil sepintas mirip Scooby Doo…..

Pabrikan Alco memproduksi loko ini pada rentang waktu antara Juni 1961 – Juni 1962……dan loko ini hanya dipesan oleh perusahaan kondang New York Central Railroad dengan jumlah armada 25 unit dan Southern Pacific Company memesan sejumlah 10 unit sehingga loco Alco RS 32 ini hanya diproduksi sebanyak 35 unit.

Alco RS 32 memiliki kemampuan yang lumayan dengan Diesel berkapasitas 2,000 HP dan konfigurasi roda B-B… Dengan jumlah unit yang tidak banyak maka populasi loko ini pun termasuk jarang terlihat….namun tidak disangka bahwa sd saat ini ada perusahaan privat yang memilik loko jenis ini dan memelihara dengan baik. Yaitu perusahaan   Delaware-Lackawanna Railroad yang memiliki loko RS32 dengan nomor #2035 yang beroperasi didaerah Diamond Branch in Scranton, Pennsylvania sebagai switcher. Locomotive ini sebelumnya milik  NYC dengan nomor #8035

Nah si Scooby Doo yang moncongnya merah dengan road name Southern Pacific ini rupanya memiliki daya pikat tersendiri bagi pabrikan kereta model alias Kamod, salah satunya adalah BLI yang telah memproduksi melengkapi jajaran Blue Line nya.

Karena kelas Blue Line maka out of the box loko ini sudah dilengkapi dengan fasilitas DC sound…sehingga MbT harus bersiap untuk mencangkokkan decoder Digitrax…..hasilnya huh sangat memuaskan, decoder dapat mengkontrol power secara smooth, mengkontrol lighting secara akurat serta mengkontrol sound decoder yang memiliki lebih dari 28 fungsi.

Alco RS 32 melenggang pada mini layout MbT dengan santai…..dan tiba2 ditemani si hidung merah yang lain yaitu dari jenis loko yang lebih besar yaitu jenis AC6000 loko produk pabrikan GE, loko ini tergolong raksasa yang memiliki tenaga hingga 6250hp artinya tiga kalinya RS32…

Memang bukan tandingannya kalau kita sandingkan antara AC6,000 dengan RS32….namun yang menarik adalah keduanya adalah si Bloody nose milik perusahaan Southern Pacific…….loko dilabur warna hitam muda alias abu2 tua…hidung berwarna merah darah…..memang warna tersebut terlihat garang dan sedikit horor.

Kedua produk BLI kelas Blue line tersebut saling bersautan horn dilintasan mini LO MbT …dan saling demo nada doppler dari horn masing2…….perlu dicatat bahwa blue line memiliki keistimewaan tersendiri dalam hal soud system antara lain apabila sound Diesel dalam keadaan Mute..namun fungsi horn dan bell masih jalan aktif seperti normal…..sehingga kalau kedua loko tersebut berjalan silent dan tiba2 horn diaktifkan maka orang tidurpun bisa bangun.

Bicara soal lighting….BLI termasuk ahlinya, dengan harga yang relative tidak mahal lighting loko2 tersebut cukup  lengkap seperti head lamp yang sangat terang. Lampu kabin nya pun dapat dikontrol dengan salah satu fungsi F5, demikian pula utuk lampu ditchlight yang aktif kedap-kedip saat horn dibunyikan.

Untuk Alco RS32 memiliki lampu warna nyala warm sedangkan untuk loko jenis AC6000 memiki warna nyala bright white sesuai dengan era masing2 loko tersebut.

Gerbong yang ditarik oleh kedua loko tersebut juga merupakan milik armada Southern Pacific……terlihat disana rangkaibong tersan jenis gondola dan juga Beer car….gerbong yang dilengkapi bentalan peredam untuk melindungi muatan dari benturan akibat goncangan.

Gerbong2 tersebut dibuat oleh pabrikan kamod terkenal …..siapa lagi kalau bukan buatan Exactrail. Pabrikan Exactrail telah memproduksi gerbong tersebut dengan berbagai road name terkenal dengan ketelitian detail yang tidak perlu diragukan lagi, bahkan metal wheel nya dibuat dan dipolis sehingga terlihat mengkilap…..yang pasti tahan karat.

Kedua loko tersebut memang cocok untuk menarik rangkaian kereta barang, MbT yang mensimulasikan bahwa RS32 menarik jenis box car dan AC6000 menarik rangkaian beberapa gerbong gondola alias bak terbuka.

Rangkaian gerbong yang tidak terlalu panjang tersebut memiliki warna yang menarik……yang pasti bukan warna kuning UP…..namun warna orange dan warna coklat yang dilaburkan pada gerbong2 tersebut sangat menawan.

Detail gerbong yang sangat lengkap memang andalan dari pabrikan kamod Exactrail, memang yang meluncur dijalur mini LO MbT tersebut termasuk kelas Platinum

Warna Orange segar…..merupakan warna pilihan armada Southern Pacific khusus untuk gerbong Reefer membawa buah jeruk…..PFE kepanjangan dari Pacific Fruit Express merupakan huruf yang terpampang jelas dibadan gerbong yang merupakan reporting code selain diatasnya tertera logo simpel bulat SP.

Kalau kita perhatikan…logo SP dan tulisan Southern Pacific sangat beragam dan jenis font hurufnya pun berbeda, ada yang kecil-besar-tegak ataupun Italic. Logo SP yang kecilpun juga beberapa macam…..kita lihat ada yang bergambar jalur kereta dan juga ada yang terdiri dari huruf SP.

Terlihat rangkaian loko dan gerbong Southern Pacific meliuk berpapasan di mini LO MbT, kedua loko jenis RS32 dan AC6000 sangat lincah menelusuri track dengan curve 22″ dan 24″ ……gerbongnyapun lancar membututi kedua loko tersebut tanpa masalah……padahal produk Exactrail terkenal dengan gerbong yang extra panjang…..ya ini lantaran sudah dilengkapi dengan coupler yang sesuai.

Loko dan gerbong bekerja sama dengan kompak….tidak pernah mengalami derail…..makin panjang rangkaian gerbongnya maka makin terlihat mantap laju kedua loko tersebut.

Terbukti bahwa loko produk BLI dengan kelas Blue Line merupakan produk yang sangat memuaskan, khas dengan sound DC out of the box……memang kita harus siap dengan mencangkokkan sebuah decoder sekelas Digitrax…..namun harga yang ditawarkan sangat imbang dengan hasilnya….tuuuuutt..tuuut…tuuuut…

Saat ini sudah lumayan sulit untuk memburu produk2 tersebut, bahkan boleh dikatakan cukup langka, pada awalnya banyak yang meremehkan…tapi sekarang bisa menyesal kalau pusing untuk mencari produk ini….

Secara keseluruhan produk BLI Blue Line untuk loko jenis RS32 dan AC6000 merupakan item yang patut dijadikan koleksi….apalagi dengan laburan armada Southern Pacific…dijamin mantab lah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: