UP GE Dash 8 menarik aneka rib hopper

Para penggemar kereta model alias KAMOD pasti masih ingat sosok Dash 8 yang cukup mempesona dan selalu dicari keberadaannya type ini lengkapnya disebut Dash 8 -40 CW, atau ada yang menyebut the wide nosed Dash 8 untuk type versi pengembangannya, hal ini lantaran demi safety.

Loko ini dimiliki oleh UP sejak tahun 1987…..dan diproduksi hingga akhir tahun 1992, loko ini tergolong sangat populer lantaran memiliki tenaga yang ampuh dengan Mesin Diesel berkemampuan 4,000HP. Loko ini diproduksi oleh pabrikan kondang GE dan UP telah membeli hingga 257 unit.

Untuk meningkatkan keselamatan crew nya maka UP bekerjasama dengan pihak GE telah merobah design khusus bagian kabin antara lain sedikit membuat kemiringan dibagian hidungnya untuk mengurangi silau dan juga memindahkan posisi lampu utama dari atas windshiled ke hidung Dash 8 ini….type ini diadopsikan di seri terakhir yaitu produksi GE tahun 1989 dan UP menggunakannya di loko dengan road number #9356-9405 sebanyak 50 unit.

Modelnya hampir diproduksi oleh berbagai pabrikan Kamod…dan yang paling menarik adalah buatan pabrikan Atlas yang telah memproduksi dengan detail lengkap yang aduhai dipandang.

Atlas telah memproduksi dikelas Gold series yang telah lengkap dengan DCC and sound, …..uuh ibarat Ayu Ting Ting saat MbT baru mencoba rolling untuk pertama kalinya….suaranya sangat menggoda dan bersih….menghanyutkan membuat para Kamod berjoget riang untuk mendengarkannya……ini lantaran hasil sound decoder Quantum didalamnya.

Board decoder juga mengatur power yang dapat menghasilkan kontrol terhadap putaran motor yang demikian halusnya sehingga loko dapat bergerak sangat perlahan…….tidak lupa loko ini dilengkapi dengan lampu putih terang maintenance free type.

Mari kita lihat detail produksinya……uuughh lagi, Atlas telah membuat berdasarkan blue print dari prototypenya yang dibeli dari GE dengan harga yang pasti tidak murah,…..hasilnya sangat ciamik, detail lengkap dan diproduksi sangat halus dan hati2 supaya tidak ada bagian yang terliwatkan.

Amati dalam beberapa foto closed up ini…mulai dari bagian kabin, jendela, lampu, wiper, pintu, figure masinis dan hand grip yang merupakan jaminan mutu ditambah warna dasar kuning Armour Yellow dengan lettering warnah merah yang sangat crispy seperti krupuk udang….

Pada kabin kiri dan kanan terlihat angka cukup besar yang merupakan road number dari loko ini yaitu #9167…..konon UP telah memiliki mulai #9100 hingga #9355…..dan pada bagian hidung yang lebar terpampang UP Shield yang legendaris itu, UP shield dengan ukuran lebih kecil juga terpampang dikiri dan kanan kabin…

Detail bagian buritan juga tidak kalah lengkapnya, foot step untuk manjat, railing disamping/depan juga belakang merupakan detail yang sangat halus dan sempurna. Tangga samping, hand rail juga merupakan bagian yang sangat diperhatikan oleh pihak Atlas lengkap dengan beberapa warning placard dan symbol GE yang hanya dapat dilihat dengan kaca pembesar atau dengan kamera lensa makro.

Loko ini memiliki kipas fan radiator yang terletak dibagian atas belakang dengan bentuk yang melebar ke samping…merupakan salah satu ciri khas Dash 8, Diesel engine compartement memiliki grill yang detail dan kalau kita perhatikan terlihat handle pembuka yang digrafir secara halus.

Pada bagian depan dan belakang terlihat pula beberapa hose yang merupakan bagian yang sangat halus dibuat terpisah sebagai detail yang harus berhati-hati menanganinya…terutama saat mengangkat atau mengeluarkan dari box. Pada bagian truck terlihat konfigurasi roda CC dan bagian ini dihiasi dengan se abrek detail termasuk hydraulic pipe/cylinder dan lain sebagainya.

Pada kesmpatan ini loko Dash 8-40CW yang memiliki coupler yang sangat kokoh disimulasikan menarik rangkaian beberapa gerbong jenis hopper. Perlu MbT ceritakan bahwa sengaja Dash 8 ini menarik gerbong dari berbagai road name group UP yang modelnya juga dibuat oleh berbagai pabrikan Kamod terkenal.

Gerbong pertama warna abu2 merupakan type Grain hopper capasitas 4427 cuft yang merupakan gerbong buatan PS, model gerbong ini dibuat oleh pabrik kereta model yang relatif masih baru yaitu Exactrail. Grain hopper buatan Exactrail ini memiliki detail yang sangat bagus dan lengkap serta dibuat berdasarkan blue print yang ada, konstruksi penguat/tulang  gerbong terlihat dibagian luar disetiap sisi samping sehingga diistilahkan Rib Side hopper….type ini memiliki keuntungan bahwa dibagian dalam memiliki permukaan yang licin sehingga mudah untuk membersihkannya.

Perhatikan saja detailnya mulai dari tangga panjat, railing, running board diatas, accessoris hopper dan brake system terlihat sangat halus….serta tulisan road name UNION PACIFIC yang sempurna ditambah placard yang ditulis sangat halus pada bagian lambung gerbong. Grain hopper ini memilik kapasitas muat khusus gandum sebanyak 4427 cuft….produk Exactrail ini merupakan kelas Platinum.

Gerbong selanjutnya juga jenis Rib side hopper juga masih keluaran pabrikan Exactrail…namun merupakan produk kelas Evolution merupakan kelas setingkat dibawah Platinum, perlu MbT informasikan bahwa Exactrail mengeluarkan produknya dengan membagi menjadi 4 tingkatan kelas dari yang terbaik dan termahal yaitu kelas Signature, Platinum, Evolution dan terakhir kelas Express.

Gerbong jenis hopper ini sepintas terlihat memiliki ukuran yang sama, namun kalau kita perhatikan dari type nya yaitu Evan 4780 cu ft maka gerbong ini lebih besar sedikit dibanding yang sebelumnya. Juga detail yang dimiliki gerbong buatan Exactrail kelas Evolution ini tidak banyak memiliki perbedaan kecuali kalau kita perhatikan khususnya pada bagian tangga dan running board maka terlihatlah perbedaan kelasnya.

Peserta selanjutnya adalah jenis hopper yang kalau dilihat dari road name dan gambar pada gerbong maka jelas terlihat gerbong ini diperuntukkan untuk mengangkut “Gula Pasir” alias sugar, perusahaan yang mengoperasikan adalah Union Pacific. Gerbong ini berwarna putih bersih…..lengkapnya adalah jenis PS-2 4750 Hopper Car union pacific Sugar Car.

Model hopper ini dibuat dengan sangat detail oleh pabrikan kereta model Intermountain yang menyaingi produk Exactrail. Dibuat dengan bahan kualitas nomor wahid dan warna yang putih bersih lengkap dengan segala tulisan atribute, placard, logo, road name serta grafis gambar butir Gula Pasir.

Detail hopper ini tidak perlu dikhawatirkan lagi……diawali dengan running board yang see thru, anak tangga yang dibuat sesuai prototype, accessories yang cukup lengkap, rib side yang terlihat kokoh terpampang disamping hopper dan pada bagian bawah terlihat bukaan untuk unloading sebanyak 3 buah menandakan bahwa hopper ini jenis “three bay hopper”.

MbT sangat mempercayai produk Intermountain ini sejak belum populernya Exactrail….dan hingga sekarang produk Intermountain ini tetap unggul kualitasnya. Roda metal polish sangat halus dan hopper ini menggelinding di lay out track dengan mulusnya ditambah coupler metal jenis Kadee

Rib side hopper warna kuning neon ini merupakan hopper milik CNW yang saat ini sudah diakuisisi oleh pihak Union Pacific, selain warna yang aikacing logo CNW merupakan logo yang sangat terkenal hingga saat ini…..konon penggemar CNW atau para railfan masih sangat fanatik mencintainya……Chicago North Western system demikian bunyi dalam logo tersebut.

Model hopper ini dibuat sangat eksklusif oleh pabrikan Kamod kondang Athearn, dan produk ini dimasukkan dikelas ready to roll bukan Genesis namun hasilnya memiliki detail yang aduhai. Perhatikan saja mulai dari running board yang terbuat dari lapisan metal tipis stainless steel yang dibuat dengan mengandalkan lasser cuting….hasilnya sangat memuaskan para kolektor…..sayang Athearn tidak memproduksi terlalu banyak.

Kalau ada kesempatan MbT sangat merekomendasikan item ini untuk dijadikan koleksi, selain jenis hopper yang menarik , mutunya pun sangat ok ditambah nilai plus harga yang terjangkau dibanding dengan produk Exactrail ataupun Intermountain.

Hopper peserta terakhir ini merupakan Ribside hopper yang juga diproduksi oleh pabrikan Exactrail, model/type ribside hopper ini mirip dengan hopper ADM diatas.

Kalau kita perhatikan hopper warna abu-abu ini memiliki logo yang sudah tidak asing lagi untuk kita yaitu Union Pacific shield dan reporting name nya adalah MKT yang merupakan group Missouri Kansas Texas yang telah diakuisisi oleh Union Pacific beberapa belas tahun lalu.

Aneka gerbong jenis Rib side hopper tersebut meliuk di mini LO MbT dengan gagahnya ditarik oleh Dash 8 milik armada populer Union Pacific, rangkaian ribside hopper dengan standar coupler yang terpasang dengan mudah dapat bermanuver di curve 22″ tanpa masalah……..namun untuk meliwati TO…..rangkaian gerbong hopper ini lebih memilih melalui TO #5 keatas.

Raungan Diesel milik Dash 8 ini sangat mengasyikkan dan terdengarpula bunyi horn yang dapat menghasilkan nada doppler. Dash 8 buatan Atlas Master Gold series ini sangat cocok untuk dioperasikan secara consist….MbT saat ini masih berburu didunia maya untuk mendapatkan pasangannya yang sesuai, karena khasnya Dash 8 ini memiliki UP Strip warna kuning…..yang pada umumnya warna merah, sehingga harus sabar untuk mendapatkannya. Yellow stripe yang dimaksud adalah strip yang dibagian bawah body tepat diatas dek.

Untuk warna dibagian boogie dan tanki BBM, loko ini dilabur sesuai prototype yaitu warna abu2. Produk Atlas kalau kita perhatikan selalu memberikan warna sedikit lebih muda jika dibandingkan produk dari pabrikan kamod lain, misalnya warna kuningnya terlihat lebih muda, warna abu2 juga terlihat lebih muda, hal ini pernah dipertanyakan oleh para penggemar dalam salah satu forum….dan ada jawaban mengenai warna yang lebih muda ini sangat cocok kalau diperuntukkan untuk pekerjaan weathering…. 

Tampak Dash 8 dari beberapa sudut pemotretan dan ternyata dari sudut manapun terlihat sexy, ditambah dengan cangkokan sound decoder produk Quantum maka produk serie ini sangat layak untuk dijadikan koleksi.

Ribe side hopper yang merupakan seri PS kepanjangan dari Pullman Standard juga juga jenis Evan (PS dan Evan merupakan pabrik pembuat hopper di Amrik sana) merupakan jenis gerbong yang sangat menarik untuk dijadikan koleksi, dan tidak perlu harus membeli yang harga mahal…..kalau kita teliti dan jeli maka banyak juga produk denga harga lebih ekonomis namun memilik kualitas dan detail yang baik

Sampai jumpa lagi…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: