Busyeet…..UP SD90Mac tarik TRINCool Reefers 64 ft

Memang terkejut dan kaget kalau melihat SD90Mac menarik rangkaian TRINCool Reefers 64’….apalagi kalau rangkaian ini merupakan produk teranyar dari pabrikan kereta model “Exactrail”……..kata2 Busyeet memang berarti terkejut karena baik loko SD90MAC dan TRINCool Reefers 64′ merupakan produk unggulan dari pabrikan kereta model KATO dan Exactrail.

SD90MAC dengan road name Union Pacific merupakan produk KATO yang sangat populer pada tahun 2004-2005, SD90MAC merupakan loko Diesel keluaran EMD yang terpanjang dengan konfigurasi roda C-C, KATO mengeluarkan produk ini dengan kualitas yang mantab, MbT telah membandingkan dengan produk2 lain diatas LO…..dan ternyata SD90MAC produk KATO ini tidak kalah bahkan khusus untuk motornya boleh dianggap paling jempol dikelasnya.

SD90MAC mempunyai sejarah yang cukup panjang…..dan yang menarik loko jenis ini diproduksi oleh General Motor Electro Motive Division (EMD) hanya diserahkan untuk dua perusahaan kereta api yaitu Union Pacific dan Canadian Pacific……..dan  SD90MAC ini mulai diproduksi dan beroperasi pada tahun 1995

Single Diesel terpanjang ini merupakan kelanjutan double Diesel Engine sebelumnya seri DD, seri SD90 memiliki power yang…busyet gede banget yaitu 6,250hp yang dihasilkan dari mesin 16 cylinder….tenaga ini menggerakkan motor AC dengan traksi yang mantab……loko ini dilengkapi radiator pendingin horizontal yang panjang dan lebar ( hampir selebar bodynya )…..sehingga dengan mudah orang dapat mengenali secara phisik sosok SD90MAC ini.

Konon kabinnya dilengkapi dengan sistim peredam yang baik, pintu cabin terletak didepan hidungnya tepat diposisi samping double head lamp yang berjajar vertikal di hidungnya…..loko ini dapat lari hingga 128 km/jam dan beratnya ditimbang mencapai 190 ton…..busyeet

Bicara soal modelnya………busyeet dah yang mampu buat cuma pabrikan dari Jepun KATO. KATO telah membuat dengan cukup sempurna dikala itu tahun 2004 – 2005, dengan body plastic ABS yang kuat serta. Railing serta detail lain seperti horn, antena dan hand rail yang terbuat dari plastik masih belum terpasang…….hal ini merupakan pekerjaan modeler untuk dengan teliti memasangnya. Warna kuning khas UP armour Yellow kombinasi abu2 harbour mist grey dan strip warna merah grafis petir sangat pas dilihat……ditambah tulisan jelas UNION PACIFIC lengkap dengan UP shield dibagian hidungnya.

Detail loko ini cukup lengkap, dapat kita lihat bersama hasil dari pembesaran melalui lensa Micro 60mm……mulai dari berbagai tulisan di body, plakard hingga nomor lambung #8242, UP shield di moncong depan terlihat crispy……jendela kaca samping yang tertutup rapi, wiper, pegangan tangan, antenna GPS, grill ruang mesin dibagian belakang, fantilasi diatas radiator….semuanya terlihat rapi.

Soal motonya yang buatan Jepun sudah tidak diragukan lagi mutunya dan ini sudah diakui oleh para modeler. Lampu besar dihidung gaya double bersusun vertical, dua buah ditch light dan lampu belakang merupakan lampu modern warna nyala putih bright……lampu2 ini sangat focus tidak pecah saat menyala.

Karena KATO pada tahun 2005 hanya mengeluarkan versi analog dengan DCC ready 8 pin connector maka MbT serta merta tinggal tancap dengan decoder keluaran Digitrax type DZ125 untuk mengkontrol power dan lampu, alhasil loko SD90MAC buatan KATO ini berjalan dengan gagah dan mantap di mini LO MbT disemua kecepatan yang dipilih.

SD90MAC terlihat menarik beberapa rangkaian gerbong jenis reefer car dengan mantab tanpa ada perubahan kecepatan, bunyi motor sangat halus sehingga tidak mengganggu sound Loko yang dipasang belakangan, sound decoder beserta speakernya dipilih dari produk MRC drop sound decoder.

Karena mungkin banyak para modeler yang menginginkan model loko SD90MAC ini dilengkapi dengan DCC sound maka beberapa waktu lalu KATO USA mengeluarkan versi COBO DCC/Sound equiped keluaran Digitrax, versi ini diproduksi secara terbatas di USA……karena di Jepunnya sendiri tidak mengeluarkan yang versi sound ini.

Setelah MbT melengkapi detail pada loko produk KATO tersebut termasuk snow plow…..dan mulailah diluncurkan di mini LO Mbt……..busyeet keren banget…….ternyata loko produk lawas ini memiliki daya tarik tersendiri lantaran bodynya yang panjang. MbT sempat mengkoleksi 2 unit yang berbeda……salah satunya dibagian lambung samping terdapat semboyan UP Building America dengan bendera 50 bintang berkibar dahsyat serta tulisan “we will deliver”

Perhatikan detailnya lumayan lengkap, walau semua terbuat dari plastik namun KATO membuatnya dengan serius…..traksi motornya sangat mantab yang kalau diperhatikan dan dibandingkan dengan loko type lain seperti SD70 atau SD60 maka jarak antara as roda milik SD90MAC ini lebih panjang…..dan KATO walau delay time dibuat standar kita tetap dapat menikmati bahwa SD90 ini kalau berhenti masih ada sisa power sehingga tidak terlihat kesan berhenti mendadak seperti loko produk lain.

Selanjutnya……busyeet SD90MAC menarik gerbong Greenvile double door box car 60′ milik Union Pacific warna kuning dan TRINCool 64′ warna Putih UP – ARMN keduanya produk Exactrail kelas Platinum….rangkaian ini meliuk indah karena paduan warna yang serasi antara kuning dan putih. Coupler belakang Loko SD90MAC KATO ini termasuk ukuran medium dan MbT telah mengganti dengan type EZ long center….hal ini untuk memudahkan bermanuver di curve 22″ saat menarik gerbong2 panjang.

Sepintas terlihat dengan jelas kehebatan detail dari gerbong Greenville double door box car 60′ milik Union Pacific warna kuning produksi merk kondang Exactrail seri Platinum yang hanya diproduksi 3 road number berbeda. Detail disuguhkan sesuai dengan prototype mulai dari warna dan letering, slogan yang berupa UP route map merupakan andalan Union Pacific Railroad yang dengan mantab terpampang pada sisi samping setiap gebong lengkap dengan semboyan “Automated railway” berdampingan dengan UP.

Gerbong buatan pabrik Greenville ini merupakan gerbong yang populer dengan dilengkapi sistim suspensi yang lembut serta dibagian cargo deck memiliki sistim bantalan sehingga muatan tidak terlalu terguncang atau terbanting. Pintu gerbong cukup lebar dengan sistim double door plug sehingga disiapkan untuk mengangkut cargo ukuran besar.

Kenapa SD90MAC ini sangat cocok menarik kedua jenis gerbong tersebut karena kedua jenis gerbong Greenville double door box car 60′ milik Union Pacific warna kuning dan TRINCool 64′ warna Putih UP – ARMN memiliki fisik yang sangat panjang dan lumayan tinggi sehingga imbanglah dilihat dimata ……..TRINCool 64′ warna Putih UP – ARMN ini yang berjumlah hingga 1500 unit wira wiri mengangkut buah2 an, sayur2 an serta minuman yang memerlukan pendinginan saat transportasi.

MbT telah mencoba SD90MAC untuk menarik rangkaian gerbong beberapa belas di lintasan panjang……busyet ternyata SD90MAC buatan KATO ini mantab sekali dengan bodynya yang cukup berat sanggup melibas curve tajam 22″ dan elevasi 3 persen tanpa masalah

Tepat dibelakang gerbong Greenville UP warna kuning terlihat berbaris gerbong warna putih yang memiliki ukuran lebih panjang………siapa lagi kalau bukan  TRINCool 64′ warna Putih UP – ARMN yang menghebohkan itu. Gerbong ini adalah jenis Reefer Box car ukuran panjang 64′ dengan dilengkapi disetiap gerbongnya fasilitas compressor pendingin. Kompresor pendingin ini digerakkan dengan mesing Diesel kecil yang dikopel ke kompressor, sehingga disetiap gerbong juga difasilitasi dengan tanki bahan bakar Diesel. Posisi tanki ditempatkan dibawah platform.

Bicara detail dari gerbong keluaran Exactrail ini…..busyeet bukan main….belum pernah ada gerbong jenis reefer yang dibuat sedetail ini. Exactrail memang tidak main-main…..dalam kurun waktu 2 tahun belakangan ini sudah menggebrak dengan produk2 yang aduhai…..selain jenis gerbong yang berbeda juga detail yang mengagumkan.

Detail  TRINCool 64′ warna Putih UP – ARMN dapat dilihat khas yaitu posisi independent kompresor yang menempel pada dinding bulkhead belakang dibagian atas. Karena kompresor digerakkan oleh motor Diesel maka terlihat jelas detail knalpot keatas dan tanki bahan bakar Diesel dibagian bawah….konon  bahwa prototype sistim pendingin ini dilengkapi dengan GPS yang dimonitor dari kantor pusat UP…termasuk mengkontrol suhu/temperatur dari Reefers ini.

Railing belakang termasuk untaian rantai yang terpasang pada railing terlihat sangat detail dalam pembuatannya. Platform nya pun dibuat oleh Exactrail dengan teknologi laser sehingga sangat halus hasilnya. Tangga naik samping juga dibuat sesuai prototype, terdapat dua type anak tangga, dibedakan ada yang langsung menempel pada body dan yang satu lagi dilengkapi dengan posisi agak masuk kedalam sehingga sepatu pekerja dapat menginjak secara aman…….hal ini disebutkan dengan istilah phase 1 dan phase 3.

Exactrail tidak tanggung-tanggung karena masing2 phase diproduksi dengan jumlah 24 road  number yang berbeda……..sehingga para model railroader dapat memilih dan mengkoleksi dengan jumlah yang cukup banyak.

Warna putih yang mencolok sangat indah dilihat diantara warna kuning UP yang selalu dominan, MbT sangat menggemari produk ini karena memiliki fisik yang kokoh, besar dan detail yang aduhai. Body-Mounted Kadee #58 Couplers juga merupakan standar produk kebanggan Exactrail ini.

Jenis reefer car ini prototypenya telah dibuat oleh Trinity Rail sejak tahun 1995 dengan unggulan menambah kapasitas muat, kapasitas gerbong ini ekuifalen dengan daya muat empat trailer truck ukuran 53′, dan armadanya adalah pesanan UP yang dioperasikan dengan reporting mark ARMN…………..dengan adanya gerbong ini yang telah diproduksi hingga 1500 unit maka ratusan trailer truck yang beroperasi dijalan raya sudah dapat dikurangi setiap harinya sehingga dampaknya adalah positif mengurangi polusi udara.

ARMN reporting marks merupakan kerjasama dari American Refrigerator Transit yang terkenal sudah lama mengoperasikan jasa dibidang  refrigerator car line dengan perusahaan Missouri Pacific dan Wabash Railroads….dan saat ini manajemen operasinya ditangani oleh Union Pacific (UP).

Karena rangkaian yang ditarik merupakan primadona bulan ini maka SD90MAC terlihat sangat pede menggandeng rangkaian  Greenvile UP 60′ dan TRINCool 64′ warna Putih UP – ARMN , MbT mencoba menjalankan rangkaian ini dengan kecepatan 80% di mini LO…..hasilnya rangkaian berlari kencang tanpa hambatan, wheel dari  TRINCool 64′ UP – ARMN terlihat terpasang pada boogi truck berwarna biru ExactRail’s exclusive ASF 100-Ton Ride Control Trucks….roda metal CNC Fine-Scale 36″  dengan warna chrome mengkilap ini menggelinding halus lancar.

Gerbong ini memang unik……selain memiliki jumlah 24 road number secara unik, perlengkapan secara detailpun juga unik terutama dengan adanya independent compressor.

Rangkaian gerbong ini lumayan tinggi….sama dengan ukuran tinggi Hi-cube box car, terlihat melewati kolong highway pass di mini LO MbT…..MbT yakin kalau para model railroader mengkoleksi jenis gerbong diatas…pasti penasaran inging mengkoleksi lebih dari enam unit……busyeet

Karena gerbong tersebut merupakan jenis gerbong era Modern maka perlu disesuaikan pula dengan nuansa sekeliling track yang juga sesuai……namun hal ini bukan masalah karena gerbong Greenville double door box car 60′ milik Union Pacific warna kuning dan TRINCool 64′ warna Putih UP – ARMN yang pasti merupakan kolektor item yang layak dan tetap harus diburu.

Secara keseluruhan loko diesel SD90MAC dan gerbong ExactRail jenis TRINCool 64′ merupakan item yang perlu dikoleksi, untuk loko Diesel masih terdapat dipasaran Hobby shop di USA sedangkan produk Exactrail yang sudah mulai disaingi oleh produk BMLA sudah dapat dibeli di hobby shop di Jakarta.

Jangan lupa bahwa gerbong2 panjang seperti jenis tersebut diatas tidak dapat dioperasikan di track dengan curve lebih kecil dari 22″, perlu digandeng ke loko menggunakan coupler yang panjang pada loko supaya dapat bermanuver lebih lincah saat di TO.

Sampaii jumpa lagi…..

4 Responses to Busyeet…..UP SD90Mac tarik TRINCool Reefers 64 ft

  1. maba says:

    iseng-iseng ngisi waktu kosong, baca blognya om MbT . Hooby RailRoad Models membuka wawasan baru, hobby seperti ini memang melatih ketelitian dan kesabaran. Asyik sekali ya….
    Salut buat Om MbT, benar2 menguasai dari detai model sampai barang aslinya (sampai teori permesinan segala, hehehe).
    Hebat euy…..
    mudah2an dari penggemar2 kereta api model ini bisa memajukan kereta api Indonesia
    Majung Terus om MbT dan Perkeretaapian Indonesia….

    lanjut baca postingan lainnya dulu, hehehe

    salam

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks Maba atas komentarnya, pada umumnya hobby ini dimulai karena nostalgia, antara lain saat masih anak2 sdh sering lihat atau naik KA, atau memang pernah melihat kereta api model namun waktu dulu belum dapat memilikinya, atau pernah juga saat tinggal disalah satu negara dan selalu menggunakan moda Transportasi KA……dari sini lah terpicunya. Banyak baca dAn hobby photograpyhy juga sangat memacu hobby ini, …….berminat? Semoga sdh mulai terkena racunnya….hiks!

  2. maba says:

    iya nih om MbT, sepertinya sudah mulai terkena racunnya….hiks
    hehe
    ya mudah2an kedepan diberi rejeki berlebih agar bisa memulai proyek jangka ini. hehe
    apabila saya cek di berbagai situs, hobby ini cukup menguras kocek, apalagi buat anak muda yg penghasilan masih kesana kemari. hehe
    tapi dengan membaca informasi2 seperti blog ini adalah langkah awal yang positif dalam menambah pengetahuan, walaupun saat ini belum memiliki satupun (hehehe).
    blog ini cukup merepresentasikan, gaya bahasanya enak dan mudah dimengerti.
    terus lanjutkan om MbT. ditunggu post berikutnya,
    izin nyimak postingan lawas dulu…
    hehehe

    • muktiwibowo9 says:

      Hallo Maba, sesuatu itu harus dimulai dari awal dulu, dan dari yang sederhana dulu.

      Banyak para model railroader sudah mulai sejak masa anak2/remaja…kalau saya justru memulai baru 6 tahun lalu yang mana saat itu baru memungkinkan.

      So kalau Maba mulai saat ini sudah berminat, artinya jauh lebih awal dari saya memulainya, dan yang penting mulai dari minat dulu, dilanjutkan dengan membaca, kemudian melihat-lihat, seterusnya sdh dapat memiliki dulu itemnya tanpa harus punya LO dan akhirnya bisa punya LO dan berkembang terus.

      Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: