Empat serangkai SD70ACe UP Heritage…

Mendengar kata SD70ACe UP Heritage……langsung terbayang oleh para ModelRailroader loko berwarna-warni cemerlang dengan logo serta warna khas tiap perusahaan antara lain seperti CNW, DRGW, SP, KATY, MOPAC dan WP……loko2 tersebut wira wiri di mini LO MbT dan sebagai wakil CNW, DRGW, SP dan KATY akan berjalan consist menjadi 4Serangkai SD70ACe UP Heritage

Empat serangkai SD70ACe UP Heritage tersebut akan disimulasikan untuk bergabung consist setelah beberapa kali langsir dengan menarik rangkaian gerbongnya dan ditambah dua loko SD70 ACe yang bergabung sehingga merupakan rangkaian yang cukup panjang meliuk di mini LO MbT, operasional consist memang sangat menarik dan mengasyikkan untuk dipandang dan kalau kita mendengar soundnya……meraung mantab.

Dimulai dengan si Merah Katy…….yang ini merupakan seri heritage UP dengan nomor loko #1988 yang merupakan tahun bergabungnya perusahaan kereta api MKT ke Union Pacific…..Warna Merah membara dengan grafis Merah tua pada moncongnya lengkap dengan bintang warna Putih merupakan warna yang sangat menarik perhatian.

Pada lambung samping terlihat grafis Merah tua berupa strip yang menimbulkan kesan bahwa loko berjalan cepat……dan pada bagian samping lambung ini tertulis slogan “The Katy” warna putih ditulis dengan genit dan cukup jelas yang merupakan nama kecil MKT…….sehingga loko ini lebih mudah diingat dengan panggilan the Katy.

Dikombinasikan dengan warna Silver pada bagian truck/boogie roda serta tanki BBM nya yang terletak dibagian bawah deck, warna Silver ini sangat serasi dipadukan dengan warna Merah diatasnya.

The Katy yang tertulis pada loko Diesel SD70ACe merupakan loko yang modelnya dibuat dengan teliti dan detail oleh pabrikan terkenal MTH………seri loko SD70ACe ini merupakan generasi pertama loko Diesel yang dibuat oleh MTH dengan bahan body non metal, namun ternyata MTH dapat menyuguhkan produksinya secara sempurna dan tentunya dengan menggunakan tooling yang modern…

Pada mini LO MbT terlihat si Katy menarik rangkaian gerbong warna putih dengan report mark ARMN dan logo Union Pacific Shiled, gerbong ini merupakan jenis gerbong reefer…….artinya gerbong ini dilengkapi dengan peralatan pendingin berupa kompressor……….gerbong ini telah diproduksi massal oleh pabrik gerbong terkenal Amrik Trinity dan modelnya juga telah dibuat sebanyak 24 road numbers yang berbeda/unik oleh pabrik kereta model terkenal Intermountain…….mujur MbT telah mengkoleksinya sejumlah 12 road numbers karena saat ini sudah sulit untuk mencari produk seperti ini karena di Intermountain nya juga sudah sold out!

Peserta kedua adalah heritage series dengan warna Hitam strip orange tua dan orange muda………siapa lagi kalau tidak si Southern Pacific seri UP haritage…..warna Hitam dengan kombinasi grafis strip berwarna Orange tersebut dibuat sangat artistik disekujur tubuhnya yang kekar Diesel SD70ACe

Loko SP seri UP Heritage ini terlihat lebih gagah dibanding warna aslinya ……..grafis strip memanjang tersebut memang menimbulkan loko berjalan kencang…..dibagian depan terpampang logo SP heritage dan pada bagian lambung kiri kanan terlihat tegas nama Southern Pacific yang sangat legendaris seolah tak mau dihilangkan dari sejarah yang telah diukirnya selama ini…….Southern Pacific merger dengan Union Pacific pada tahun 1996 dan hal ini ditandai dengan nomor loko #1996 yang terpampang disamping berurutan dengan huruf UP yang menandakan ini road number UP.

Dengan percaya diri SP UP heritage passing dengan si Katy merah……peserta consist kedua ini membawa rangkaian gerbong jenis reefer juga….namun rangkaian yang ditariknya berwarna kuning segar menandakan gerbong ini berisikan fresh fruit (barangkali) yang akan digabungkan dengan rangkaian gerbong si Katy yang sudah lebih dulu menunggu diarea yard mini Lo MbT.

Terpampang jelas disamping setiap gerbong reefer warna kuning tersebut logo UP Shield dengan diikuti huruf UPFE (Union Pacific Fruit Express) menandakan bahwa cargo didalamnya memerlukan sarana angkut yang cepat……maklum kalau isinya jeruk maka harus segera dideliver ke customer sebelum jeruknya terlalu mateng nantinya……mungkin kalau bawanya tidak secara Express pasti jeruk tiba ditempat tujuan sudah tidak fresh lagi.

Gerbong jenis reefer buatan Intermountain ini memiliki detail yang luar biasa, bahan plastik ABS dikombinasikan dengan beberapa detail seperti anak tangga samping, sliding door asesories juga terlihat lengkap, hand brake wheel pada bagian belakan gerbong serta……see through panel disamping tempat lokasi kompresor pendingin merupakan daya tarik tersendiri. Pada bagian bawah gerbong juga lengkap dengan peralatan berupa tanki hidrolik untuk rem lengkap dengan pipa2nya……alhasil harus extra hati2 kalau memegang gerbong ini.

Warna kuning armour Yellow khas UP dan logo UP Shield besar terpampang pada sisi kiri-kanan gerbong dengan huruf UPFE terlihat sangat jelas hasil dari kualitas printing yang sempurna. Dibagian samping tertulis juga kepanjangan dari UPFE – Union Pacific Fruit Express…… Gerbong2 ini ditarik oleh SP UP Heritage SD70ACe bersama gerbong2 lain yang berwarna Orange.

Gerbong dengan jenis yang sama yaitu Reefer box car 62″ berwarna Orange merupakan milik armada Southern Pacific yang sudah bergabung dengan Union Pacific……gerbong ini juga buatan Intermountain yang memiliki detail yang sama persis dengan gerbong UPFE.

Yang membedakan hanyalah warna Orange yang ngejreng dan terlihat pula road name yang berbeda yaitu PFE…kepanjangannya adalah Pacific Fruit Express. Disamping kiri dan kanan terpampang jelas huruf PFE dengan diatasnya terlihat logo kedua perusahaan UP dan SP. Memang kedua perusahaan ini sudah menjalin kerjasama sejak lama…..kita dapat perhatikan pada era 60 an pun Reefer box car 40′ sudah menggunakan warna Orange dan mengusung dua perusahaan UP dan SP.

Terlihat sangat serasi saat dipadu padankan menjadi satu rangkaian yang ditarik oleh SP UP Heritage SD70ACe  …….rangkaian ini meliuk indah di mini LO MbT…..coupler jenis Kadee yang lumayan panjang membantu bermanuver di curve 22″

Rangkaian reefer box car warna Kuning dan orange ini berpapasan dengan rangkaian Reefer box car warna putih yang ditarik oleh si Katy dan selanjutnya setelah langsir rangkaian yang ditarik SP UP Heritage SD70ACe ini bergabung menjadi rangkaian yang cukup panjang……dan akan ditarik oleh consist Empat  serangkai SD70ACe Heritage.

Selanjutnya si Katy yang berwarna merah menyala itu sudah melepas rangkaian gerbong putihnya yang akan ditarik secara consist, si Katy berjalan sendirian layak pragawati jalan diatas catwalk.

MbT akan memposisikan Katy sebagai lead loco didepan, warna merah dan simbol Bintang di hidungnya terlihat sangat pantas kalau menempati posisi didepan. Katy dengan memiliki road number #1988 maka address yang digunakan dipilih #88 supaya memudahkan untuk mengingat. Berhubung mini LO MbT tidak terlalu panjang maka loko ini berjalan tak perlu ngebut….dengan speed 40 yang setara dengan skala speed 40 mile/hr tsb si Katy sudah terlihat maju dengan gagahnya.

Kehebatan elektronic Protosound 3.0 membuat suara deruman mesin Diesel Electro Motive Division dari General Electric dengan total horse power 4,300 Hp yang dihasilkan melalui konfigurasi mesin V16 sangat memukau.

Katy dengan warna merah dilengkapi grafis yang sempurna tersebut memang sangat menggoda mata…ditambah lagi warna Silver dibagian truck membuat warna loko ini sangat matching ……….Katy mulai bergabung dengan SP UP Heritage SD70ACe untuk consist …..

Satu lagi yang merupakan andalan produk MTH yaitu sistim digitan uncouplernya, pada operasi ini sangatlah bermanfaat…..dimulai dengan mengaktifkan fungsi F8 saat melepas rangkaian gerbong UP warna putih secara remote kemudian saat menggabungkan dengan loko lain sistim coupler ini sangat mantab…….khusus saat bergabung cupler cukup sedikit diadu sudah nyambung.

Katy sudah bergabung dengan loko UP SP Heritage yang memiliki road number #1996……loko ini menggunakan address #96 sekali lagi untuk memudahkan mengingat……kemudian dengan posisi Katy sebagai loko 1 dan SP sebagai loko 2………maka dengan mengaktifkan fungsi MU pada sistim kontroler Digitrax super Chief kedua loko tersebut sudah berjalan secara consist dengan hanya mengatur melelui knob loko 1 yaitu address #88…… ini merupakan salah satu kelebihan Digitrax yang mempunyai 2 knob kontrol.

Selanjutnya rangkaian ini bergerak menyusuri mini LO MbT dengan suara kedua loko SD70Ace yang sangat merdu…..belum lama menjelajah maka muncul dua loko UP Heritage yang lain yaitu dari UP CNW dan UP  DRGW

Kedua loko UP Heritage ini rupanya juga iri untuk ingin bergabung bersama Katy dan UP SP Heritage……loko UP CNW Heritage type SD70ACe juga merupakan produk MTH yang laris manis, dengan spesifikasi yang sama persis loko ini akan dengan mudah dapat diconsist bersama.

CNW merger dengan UP pada sekitar tahun 1995 maka untuk mengenang tahun tersebut dijadikanlah sebagai road numbernya yaitu #1995. Warna Hijau – Kuning khas Chicago & North Western tidak ditinggalkan saat merger, sehingga setiap insan penggemar modelrailroad secara cepat dapat mengenali loko tersebut yang pada hidung dan body sampingnya juga terpampang logo legendaris C&NW.

Loko yang terakhir adalah hasil merger DRGW dengan UP yang terjadi pada tahun 1989, Denver Rio Grande Western juga sebelunya merupakan perusahaan kereta api raksasa yang telah berpengalaman menyusuri daerah pegunungan dan sungai Rio Grande……alhasil loko yang dibuat untuk mengenang perusahaan DRGW dilabur dengan grafis yang sangat indah yaitu motif Gunung serta warna perusahaan DRGW Kuning-Hitam-Abu2 serta silver….

Tahun merger juga dijadikan road number loko ini yaitu UP #1989……siapa yang tidak akan terpukai dengan grafis ini….terlihat gagah dan macho, loko ini juga ambil bagian dalam acara consist berempat serangkai SD70ACe.

Selanjutnya sebagai anggauta consist maka dengan mudah controller Digitrax Super Chief telah meng add nya dengan menggunakan fasilitas fungsi MU…….dan saat ini si Merah Katy sudah memiliki tiga buah loko SD70ACe  yang sama sebagai anggauta consist.

MbT dengan mudah hanya menjalankan satu knob saja yaitu address 88 sudah dapat menjalankan Empat serangkai SD70ACe UP Heritage di mini LO…….dan suara yang terdengar yaitu suara 4 x suara deruman Diesel 4,300Hp, bayangkan saja alangkah merdunya suara symphony yang terdengar. Perlu diingat bahwa apabila kita menjalankan loko secara consist seperti ini dan kita mengaktifkan bunyi horn nya maka yang berbunyi hanya horn loko lead yang ada didepan, hal ini sama seperti prototypenya. Beda kalau kita melalukan consist secara sederhana yaitu menjalankan empat loko dengan address yang sama …misal address 88 seluruhnya maka apabila kita mengaktifkan horn terdengarlah keempat horn berbunyi bersama, hal ini tidak sesuai prototype.

Prosesi penggabungan/consist keempat loko tersebut berjalan seru, karena kedua loko CNW dan DRGW datang belakangan maka si Katy Merah tidak ingin berada dibelakang loko tersebut maka alhasil si Merah Katy melepaskan diri lebih dulu dengan digital uncoupler F8, selanjutnya kedua loko CNW dan DRGW datang langsir bergabung dengan rangkaian UP SP, kemudian si Merah Katy bergabung lagi sehingga posisi tetap  berada didepan.

Prosesi terakhir adalah menjemput dan menggandeng rangkaian gerbong reefer putih yang sebelumnya ditinggalkan oleh si Merah Katy…..dengan sedikit langsir maka lengkap sudah Empat serangkai SD70ACe UP Heritage berjalan consist menarik rangkaian belasan gerbong reefer. Empat serangkai SD70ACe UP Heritage yang terdiri dari Katy – DRGW – CNW – SP merupakan produk dari pabrikan kondang MTH dan seluruh rangkaian gerbong reefer UP – SPFE dan UP ARMN merupakan produk Intermountain yang telah membuat reefer car secara detail.

Rangkaian ini menyusuri mini LO MbT dengan curve 22″ Roco dengan controller produk Digitrax Super Chief, operasi consist memang sangat menarik apabila dijalankan dengan controller yang mumpuni, diharapkan kontroller memiliki power 3-5 Amp untuk dapat mengoperasikan 4 loko DCC lengkap dengan sound.

…..semua produk diatas merupakan produk yang layak untuk dijadikan koleksi

4 Responses to Empat serangkai SD70ACe UP Heritage…

  1. maba says:

    mantab banegt koleksi om MbT ini, benar-benar salut…

    ke asyikan baca railroad models di blog om MbT, membuat penasaran dan search di google. ternyata banyak juga ya pabrikan railroad models…. dan KatoUSA memiliki tingkat presisi yang tinggi.
    usut punya usut, ada juga lho kereta api model buatan Indonesia, keretanyapun yg beroperasi di Indonesia. (kalau tidak salah lokomotif yg biasa digunakan di kereta jenis Argo) lebih detail lagi ternyata itu buatan General Electric LI dan INKA. cekidot…
    http://keretamodel.wordpress.com/
    hmmm sangat menarik hobby ini…
    ya mudah2an nanti bisa mengikuti om MbT koleksi railroad models.
    Amiin

    salam

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks again Maba, kalau kita diskusi mengenai kereta api model memang tidak ada habisnya……dan sangat beragam jenisnya, untuk hal ini maka MbT mencoba fokus hanya di railroad Amrik dengan armada Union Pacific dan untuk kereta model juga terbagi dengan beberapa skala, MbT khusus mengkoleksi skala HO 1:87, selain itu sistim kontrolnya juga dipilih Digital dengan DC model, karena ada juga yang AC ataupun Analog. Kalau ingin melihat lebih jauh di dunia maya coba juga ke situs salah satu majalah kamod, http://www.modelrailroader.com ……dan yang lebih penting bahwa hobby kamod ini hobby jangka panjang……ada yang bilang never ending project

  2. maba says:

    thanks om MbT atas linknya, langsung di cek. hehehe
    benar kata om MbT kamod memang hobby jangka panjang yang membutuhkan ketelitian, kesabaran dan kreativitas. detailnya kamod sampai penempatan layout memang benar benar menjadikan kebanggaan tersendiri sepertinya….
    krn penasaran kereta sebenarnya seperti apa(krn di Indonesia kurang populer dgn kereta barang), saya cari di youtube, wah gilee beneer kereta2 Union Pacific panjang banget…15 menit lebih nunggu di perlintasan…yg menarik lg yg pake loko steam engine, mantap….kokoh sangat…hehehe
    penasaran dgn kamod loko uap, izin nyimak ke loko uap dulu om…
    hehehe

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks Maba atas komen dan waktunya mengunjungi blog saya, hobby kamod memang harus serius dan dijiwai serta perlu mengetahui history dari kamod tsb secara specific.
      Maju terus Maba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: