Ethanol tank 30K penunjang industri Fuel Ethanol

Di negerinya paman Sam, industri minyak Ethanol merupakan industri minyak yang cukup maju dan besar didunia, minyak Ethanol terbuat dari bahan tumbuh2an makanan yang disebut juga dengan istilah bio ethanol fuel…….salah satunya Corn Ethanol merupakan minyak Ethanol yang bahan bakunya nya berasal dari biji jagung, khususnya Jagung Kuning.

Tentu saja dengan populernya industri minyak Ethanol yang digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor maka tidak salah lagi kalau model area Industri minyak Ethanol ini juga merupakan suasana industri di sekitar jalur kereta api. Sistim distribusi minyak Ethanol ke seluruh pelosok Amerika dilakukan dengan transportasi kereta Api.

Memang kalau kita ketahui proses pembuatan minyak Ethanol Jagung ini tidak sederhana…….mulai dari panen dikebun jagung – jagung diproses hingga menghasilkan biji jagung – biji jagung selanjutnya diangkut dengan corn closed hopper – gerbong jenis hopper yang penuh berisi biji jagung ditarik loko dibawa ke pabrik pemrosesan – dengan melalui proses fermentasi maka dihasilkan syrop jagung yang kemudian dengan diolah bersama bio kimia lain dengan melalui berbagai proses lagi maka akan menghasilkan minyak Ethanol – sejumlah 119 juta kg  biji jagung giling /tahun akan menghasilkan 40 juta galon minyak Ethanol / tahun (Data didapat free melalui internet salah satu situs ilmu pengetahuan untuk proses konvensional di Amerika)

Area industri tersebut sedikit terlihat di mini LO MbT ………dengan merombak salah satu sudut LO dengan menambahkan beberapa structure nuansa industri Ethanol Factory…….seluruh struktur diwakili oleh produk pilihan MbT yaitu North America Ethanol buatan Walthers Cornerstone.

Termasuk disana fasilitas Cooling tower, Water storage tank, Maintenance shed, Corn Unloading Storage shed, Corn storage silo, Processing Center dan juga Fermentation Tank …..semua awalnya masih dalam bentuk kit sehingga perlu merakit lebih dulu..

Selanjutnya setelah menjadi produk minyak Ethanol maka dari pabrik pengolahan disalurkan atau dikirim melalui / menggunakan sarana kereta api dengan gerbong khusus tanki Ethanol – minyak Ethanol kemudian ditimbun dibeberapa tangki timbun – selanjutnya didistribusikan kepada agen2 dengan menggunakan sistim trucking ke pompa2 pengecar bahan bakar khusus Ethanol – selanjutnya dibeli oleh konsumen.

Gerbong tanki Ethanol dan gerbong jenis hopper pembawa biji jagung banyak berkeliaran di area industri pabrik Ethanol Fuel……modelnya dimulai dengan ethanol tank kapasitas 30K gallon….pada LO MbT menampilkan ethanol tank buatan pabrikan model Athearn, detailnya sangat menawan mulai dari railing diatas, anak tangga disamping dan beberapa detail dari bukaan/openings untuk pengisian dari atas serta katup2 dibagian bawah tanki.

Ethanol tanks tersebut milik beberapa perusahaan pengangkut ethanol fuel antara lain milik Chief Ethanol Fuel.Inc yang menggunakan logo kepala Indian (Indian Chief)…..gerbong ini dibuat paket tiga gerbong dalam satu pak yang MbT dapatkan disalah satu hobby shop di Jakarta…..harganya cukup bagus, selain itu ada beberapa gerbong dengan mengusung logo Eco Energy for the cleaner world….dll

Khusus untuk Ethanol Tank dengan logo segitiga gambar Jagung merupakan armada milik North America Ethanol…..gerbong ini aslinya dibuat oleh pabrik gerbong ternama di Amrik Trinity…dan modelnya dibuat dengan sangat detail oleh Walthers seri Gold Line…..kapasitas tepatnya 30,145 gallon. Warna hitam dengan disain gambar jagung serta tulisan yang crispy memang membuat daya tarik tersendiri……konon gerbong ini sudah dilengkapi dengan alat/handle pembuka katup bawah yang dapat dioperasikan dari samping, sehingga operator tidak perlu masuk kekolong gerbong saat buka dan tutup.

Dikarenakan minyak Ethanol ini merupakan liquid khusus maka jenis pengangkutnya yaitu tanki2 dibuat khusus pula….hingga dibuatlah oleh pabrik industri gerbong khusus yaitu Ethanol tank contohnya buatan Trinity atau ACF (American Car and Foundry) yang memiliki kapasitas angkut hingga 30,000 gallon……….kereta model nya pun juga sudah dibuat oleh pabrikan2 kamod terkenal amerika Athearn ataupun Walthers.

Ethanol tank berbentuk cilyndrical panjang dengan dilengkapi hatches dibagian atas tanki dan juga outlet valve dibagian bawah tanko. Pada bagian depan dan belakang terdapat platform serta wheel brake dan pada bagian samping terdapat anak tangga untuk naik keatas tanki……dan pabrikan model train telah membuatnya sangat detail termasuk rigging dan perpipaan dibawah tanki….seperti yang disebutkan diatas

 

Memang pada tahun 2000 hingg 2005 produksi ethanol telah meningkat hingga 3 kali lipat, sehingga industri/pabrikan yang khusus membuat gerbong tanki Trinity Industries memproduksi tanki hingga 50,000 unit ethanol tank baru dengan kapasitas tanki dapat mengangkut 30,145 gallon. Keistimewaan tanki2 ini yaitu dibuat lebih pandek dan mempunyai light weight yang lebih ringan dibanding gerbong tanki produksi sebelumnya, sehingga loko dapat menarik rangkaian gerbong lebih banyak.

Termasuk Industri dan refinery juga mulai bertebaran diseluruh penjuru Amerika bagian utara…….pada kesempatan ini MbT mencoba mengaktualisasikan sebagian kawasan industri Ethanol yang diwakili oleh pabrik North American Ethanol…..walaupun kelihatannya nama pabrik ini hanya fiksi saja.

Berkaitan dengan tampilnya gerbong Ethanol tank 30K ini yang mempunyai jarak sumbu antara roda depan dan belakang cukup panjang….terpaksa gerbong2 ini hanya dapat melalui jalur yang memiliki curve 22″………saat ini MbT terpaksa harus merencanakan untuk mengganti semua curve menjadi lebih besar minimum 24″ supaya dapat menampung gerbong tanki sejenis ataupun yang lebih panjang.

Selain gerbong Ethanol tank, gerbong hopper yang membawa biji jagung juga memiliki ukuran yang lumayan panjang…hopper ini juga dibuat oleh pabrik Trinity……gerbong ini juga berfungsi mengangkut dried distillers grain (DDG) yang merupakan hasil sampingan yang dapat dijual untuk makanan ternak…….dan karena berat jenis komoditi ini sangat ringan maka hopper yang ada terasa kurang besar….maka dibuatlah hopper yang lebih besar hingga 6300 cu ft lebih.

Hopper yang wira wiri di mini LO MbT tersebut adalah buatan pabrikan Walthers Gold line series…….selain Walthers pabrikan kamod yang sudah memproduksi adalah Atlas…….hopper ini panjang banget dan dindingnya lumayan lebih tinggi……..Walthers membuat dengan mengusung beberapa road name antara lain untuk North American Ethanol berwarna abu2 dan hijau serta road name ADM.

Detail dari Ethanol tank car yang disuguhkan oleh pabrikan pembuat model seperti Athearn ataupun Walthers menunjukkan keseriusan untuk membuat model railroader dan ini memang ditunjang oleh new tooling yang makin canggih, sehingga saat ini para penggemar kereta model dapat menikmati kualitas dengan detail yang aduhai.

Selain mesin high ekstrusi yang presisi juga fasilitas cuting yang menggunakan sistim laser sudah dipakai disetiap pembuatan komponen detail yang tidak mungkin hanya dengan menggunakan alat cuting biasa.

Sistim printing pun juga sudah sangat maju, terlihat dari hasil printing yang crispy tegas dan tidak terlihat ketebalan catnya serta sudah dapat menggunakan warna dengan jumlah warna tak terhingga…..bayangkan saja sekian banyak tulisan, termasuk placard di Ethanol tank tersebut dapat dibaca dengan jelas dibawah kaca pembesar…..artinya menandakan betapa halus dan presisinya sistim printing yang diterapkan…..

Selain logo dan nama perusahaan operator yang terpampang di body tanki Ethanol, juga terlihat nomor gerbong yang tertera disisi gerbong, depan dan belakang serta dibagian atas gerbong untuk memudahkan pemantauan dari atas melalui Helikopter.

Detail lain meliputi coupler yang sudah dilengkapi dengan Kadee coupler dan untuk tanki Ethanol produksi Athearn dilengkapi coupler yang memiliki penahan untuk tidak dapat terbuka saat gerakan keatas dan kebawah, coupler2 ini mempunyai panjang yang cukup (medium) sehingga memudahkan bernegosiasi pada curve 22″

Roda gerbong terbuat dari metal warna hitam mengkilap dengan jenis RP25 dan as yang berisolasi dan dapat berjalan mulus di track code 83 serta turnout #5 tanpa masalah ditarik dengan gagah oleh loko Diesel SD40-2 Union Pacific buatan BLI Ble line.

Secara keseluruhan Ethanol tank 30K merupakan item yang menarik untuk dijadikan koleksi, detail yang sudah lengkap dan sempurna menambah keinginan untuk mengkoleksi beberapa unit…..ditambah beberapa unit hopper yang panjang2….. MbT merekomendasikan produk Walthers , Athearn dan Atlas………..khusus buatan Athearn dapat dibeli i lokal hobby shop.

Ethanol tank cocok untuk era modern……

2 Responses to Ethanol tank 30K penunjang industri Fuel Ethanol

  1. yudo says:

    Satu lagi ulasan yang komprehensif dari oom Mukti. Sugoi!
    Sangat-sangat membantu memahami dunia kereta.

    Benar sekali oom Mukti, Walthers sampai mengeluarkan peta kompleks pemrosesan etanol secara lengkap (terdiri dari 7 kit) berikut hopper, tank car & switcher-nya.

    Saya tertarik dg tank car ini juga karena detilnya & hitam…he…he…he…

    “…mempunyai jarak sumbu antara roda depan dan belakang cukup panjang….terpaksa gerbong2 ini hanya dapat melalui jalur yang memiliki curve 22″…

    Wah, begitu ya oom? Saya menjalankan di curve 18” (msh pakai track starter set), pantas saja waktu itu terdengar decitan saat lewat curve. Akhirnya saya longgarkan sedikit truck-nya jadi lebih fleksibel gerakannya. Saat ini sudah tidak terdengar lagi decitan & lancar.

    SD70? ^_^ jangan lupa si KATY ya oom ^_^!

    • muktiwibowo9 says:

      Thank bung Yudo atas comment yang diberikan, hobby model railroader memang ga ada habisnya…kita membahas gerbongnya saja sangat beragam…..memang sebaiknya kita harus focus kesalah satu era , road name , jenis ataupun sistimnya

      Kreatifitas juga harus berkembang bersama akal2an supaya selalu maju lancar

      Maju terus n salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: