Rib side hopper ditarik loko2 Diesel UP…..mantab!

Dikalangan penggemar kereta model…siapa yang tidak kenal loko Diesel populer keluaran GE type C44-9W, ES44AC dan Diesel buatan pabrik EMD type SD60 dan SD70Ace…..apalagi kalau yang dibandingkan ini semua menggunakan bendera armada Union Pacific.

Keempat loko Diesel tersebut masing2 dua unit loko secara consist menarik rangkaian gerbong jenis Rib  side hopper PS 4427 cu.ft Grain Hopper dan Evan 4780 cu.ft covered hopper kedua jenis tersebut dengan bangga dibuat oleh pabrik kereta model yang relatif masih baru yaitu Exactrail dengan seri Platinumnya.

Gerbong jenis Rib side ini sangat cocok menjadi pasangan dari loko2 keluaran pabrik raksasa Amrik EMD dan GE yang modelnya hadir di mini LO MbT ini. Gerbong jenis Rib  side hopper PS 4427 cu.ft Grain Hopper dan Evan 4780 cu.ft covered hopper mempunyai konstruksi penulangan samping yang terlihat dari luar.

Kali ini Rib  side hopper PS 4427 cu.ft Grain Hopper dan Evan 4780 cu.ft covered hopper tidak hanya mengusung bendera Union Pacific namun juga beremblem ADM yang merupakan pabrik pengolah gandum…..cocok dengan structure Elevator ADM yang berdiri diatas mini LO MbT dengan warna putih jangkung.

Detail dari gerbong produk Exactrail seri Platinum tersebut merupakan daya tarik tersendiri bagi para model railroader, antara lain running board diatas gerbong yang see through serta detail tangga vertikal dan handle brake yang sempurna dibanding dengan produksi lain.

Kali ini MbT tidak akan banyak mengulas prototypenya tetapi langsung saja ingin mengulas produk modelnya yang ternyata merupakan produk kereta model yang perlu diperhitungkan untuk dijadikan item koleksi…….termasuk MbT akan mengadu model keempat loko tersebut diatas melalui model yang diproduksi oleh pabrikan Kamod terkenal…..KATO, TOWER 55, ATHEARN GENESIS dan MTH…………..hasilnya masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

Dimulai dari produk MTH yang menampilkan model SD70Ace yang lagi populer saat ini…….MTH memang baru pertama kali membuat loko model jenis Diesel berbahan body plastik ABS yang dipusatkan produksinya dinegeri Panda China……lain halnya untuk produk2 MTH sebelumnya yang terkenal memproduksi kereta model dengan body terbuat dari die cast/metal dan memusatkan produksinya dinegara Ginseng Korea.

Body loko Diesel type SD70Ace ini dibuat kokoh dengan bahan pilihan dengan tentunya memiliki desain yang sangat presisi sesuai blue print kereta /loko prototypenya. Jenis Diesel SD70Ace ini memang pertama kali dibuat oleh MTH yang selanjutnya diikuti oleh pabrikan model kereta lainnya.

Gebrakan pertama produk MTH ini dengan mengeluarkan seri beberapa road name yang memang armadanya menggunakan jenis SD70 ini, dan yang menarik adalah road name seri Heritage dengan logo UP hasil akuisisi terhadap armada seperti Missouri Pacific, Southern Pacific, Rio Grande, MKT, C&NW……dan tentu saja beberapa road number dari Union Pacific……….di mini LO MbT terlihat SD70ACe milik armada UP dengan #8321

Untuk laburan warna pada loko……gak disangsikan lagi keren habis walau untuk warna kuning UP sedikit berbeda sedikit redup bila dibanding dengan warna kuning UP buatan KATO , TOWER55 atau ATHEARN…bendera Amerika berkibar jelas disamping kiri dan kanan ditambah semboyan Building America lengkap dengan UP shieldnya.

Detail dari loko ini hampir seluruhnya terbuat dari brass/metal termasuk untuk railing samping, horn, side sun visor, hand grip dan didalam kabin sudah dilengkapi dengan figur masinis……..sedangkan untuk produk yang lainnya buatan KATO, TOWER55 ataupun ATHEARN….mereka masih menggunakan detail berbahan plastik pilihan.

Untuk urusan kekuatan motornya…..mampu menarik puluhan gerbong dielevasi 2 derajat tanpa masalah, motor 5 pole yang dicangkokkan ini cukup halus tidak ada kebisingan dan MTH sudah merancang putaran motor yang sinkron dengan decodernya sehingga menghasilkan speed step 128 yang berskala 1mph setiap klik…….sehingga tidak perlu merubah CV untuk akselerasi dll……cukup mengatur throttle pada kontroler……hal ini memudahkan untuk operasi Multiple Unit (MU) atau consist dengan menggunakan kontrol Digitrax Super Chief.

Bicara soal electronic……loko MTH Diesel SD70 ini dijejali dengan fitur2 canggih berasal dari ProtoSound 3.0 yang dapat diakses hingga 29 fungsi dan saat ini andalannya adalah remote uncoupler digital yang sangat efective didalam LO saat melepas gandengan rangkaian gerbong atau saat remove consist…..top markotop…..sistim ini belum dimiliki oleh model loko buatan pabrik lain KATO,TOWER55 ataupun ATHEARN.

Sound system 16bit merupakan hasil teknologi mutakhir rekaman asli suara loko tersebut….dan setelah diolah secara digital menghasilkan suara yang sangat jernih dan orisinil, suara komunikasi masinis dengan tower station merupakan andalan loko ini dengan 4 macam langkah yang harus diikuti…seraya komunikasi saat loko akan berangkat dari station. Suara Horn dan bell tidak perlu diragukan lagi juga suara2 lain yang sudah merupakan standar MTH.

Lighting?…..huh…terang banget man! …..buat silau kamera saja……ya memang lighting pada loko ini berwarna putih terang dengan mengadop jenis bohlam maintenance free…..jadi ga perlu mikirin lampu putus.

Selain lampu utama depan yang double ,lampu belakang juga memiliki lampu double terang benderang. Selain itu SD70Ace ini dilengkapi ditchlight yang dapat berkedip saat horn difungsikan…hal ini sangat menyerupai prototypenya….sama juga untuk headlight yang juga meredup saat loko berhenti.

Cabin nya pun juga dilengkapi lampu sehingga terlihat wajah figur yang selalu standby disana……..yang paling penting jangan sampai lupa bahwa untuk mengaktifkan dan menonaktifkan sound serta lighting …..semua loko produk MTH telah ditentukan untuk mengaktifkan fungsi F3 terlebih dahulu…..hal ini tidak terdapat di produk lain KATO, TOWER55 ataupun ATHEARN

Loko Kedua yang merupakan consist dengan MTH adalah loko Diesel dari produk TOWER 55 yang diwakili dengan model ES44AC dengan nomor lambung #5471 yang merupakan loko kuda kerja hemat BBM dari armada UP.

Kenapa model loko ini menarik perhatian, karena pabrikan TOWER55 adalah merupakan devisi yang memproduksi loko dengan body plastik ABS dari pabrikan terkenal OMI Overland Model Inc…….MbT sempat mengkoleksi satu unit loko Diesel tersebut…yang ternyata tidak lebih dari dua tahun TOWER55 sudah tidak berproduksi lagi……kalah kuat dengan MTH yang juga mencoba mengembangkan produk loko berbody bahan plastik…….kita tunggu kedepannya.

Bermula dengan nama kesohor OMI maka dari produksinya loko Diesel model ES44AC ini memiliki bentuk yang sangat menarik, prototype nya memang merupakan loko jempolan karena terkenal dengan emisi gas buang yang rendah dan merupakan saingan dari SD70Ace……jadi tentu tidak salah kalau para modeler memburu model loko jenis ini.

Detail loko ini sangat aduhai dengan lekuk2 body samping yang lengkap dibuat seperti prototypenya, warna kuning Armour Yellow khas UP terlihat kuat dengan lambung samping diberi Archigraphia bendera Amerika sedang berkibar dan semboyan Building America….loko bernomor UP #5471 ini dengan gagah menarik rangkaian gerbong Rib  side hopper PS 4427 cu.ft Grain Hopper milik armada Union Pacific buatan pabrik model Exactrail.

Detail dari loko GE type ES44AC buatan TOWER55 ini juga tidak kalah jika dibandingkan loko EMD type SD70Ace buatan MTH, namun beberapa detail masih menggunakan material plastik berkualitas. Dibagian Kabin loko untuk jenis ini belum dilengkapi dengan figur masinis…..berarti belum bisa jalang dong?!…..hiks!

Pada bagian truck terlihat konfigurasi roda CC yang merupakan bagian yang menghasilkan traksi sehingga mampu menarik puluhan gerbong, truck untuk loko buatan TOWER55 ini tidak diberi warna silver seperti buatan MTH…jadi warna tetap abu2 konon aslinya juga demikian….body loko buatan TOWER55 kalau ditimbang ternyata lebih ringan dibanding bobot SD70Ace MTH sehingga traksi yang dihasilkan pun pasti berbeda.

Soal elektronik TOWER55 mempercayakan kepada pabrikan printed board terkenal DIGITRAX dan pada box loko tersebut tertulis gamblang Explorer series UP ES44AC DCC & Sound FX by Digitrax HO scale Made in Korea by Ajin Precision….. walah panjang banget penjelasannya…iya lah supaya pembeli dapat dengan jelas mengetahui isinya…..begitulah kalau pabrikan model kereta yang kondang.

Namun jujur MbT merasa kurang puas mendengarkan bunyi sound nya jika dibandingkan dengan sound yang dihasilkan pesaingnya MTH dengan ProtoSound 3 nya khususnya bunyi horn, pada produk TOWER55 ini terdengar bunyi horn nya agak jauh seolah bunyi horn bukan dari loko tersebut……kelihatan betul rekamannya gitu loh.

Lighting pada loko ES44AC buatan TOWER55 ini juga sangat ketinggalan karena lampunya masih nyala berwarna merah hangat padahal loko ini seharusnya sudah merupakan loko modern yang dilengkapi lampu halogen yang terang dan pada modelnya harus dipasang lampu warna putih seperti yang dipasang pada SD70Ace buatan MTH tersebut, ditchligtnya menyala bagus namun cabin tidak dilengkapi lampu cabin sehingga …..au ah gelap!

Kesimpulan awal loko jenis ES44AC buatan TOWER55 ini menang dari segi penampilan, termasuk warna dan detail, motornya juga lumayan, dari segi Sound nya MbT menilai masih belum berhasil maksimal.

Ketiga dari produk ATHEARN kelas GENESIS dengan loko Diesel type SD60 yang merupakan generasi sebelum SD70Ace, loko Diesel UP dengan nomor #2500 ini berwarna khas UP namun tidak dilengkapi semboyan building America dan tanpa logo bendera Amerika berkibar

Loko #2500 berjalan consist dengan loko KATO  #9564 type C44-9W  menarik rangkaian gerbong type 4780 cu.ft covered hopper dengan road name pabrik tepung gandum ADM dan UP MKT produk Exactrail kelas Evolution.

Diesel prototype buatan pabrik raksasa EMD type SD60 ini modelnya memiliki  body terbuat dari plastik ABS yang sangat berkualitas serta menggunakan tooling yang modern sehingga detail body sangat teliti dan lengkap.

Warna kuning UP armour yellow disajikan Athearn dengan cemerlang sehingga sangat mengundang perhatian, dikombinasikan dengan lightning stripe warna merah yang membatasi kuning dengan warna abu2 harbour mist grey dibagian atas loko. Dimoncong loko terpampang UP wing dan UP shiled yang membentang selebar hidung loko. Nama armada UNION PACIFIC warna merah tertulis dengan tegas dan krispi disisi samping loko selaras dengan nomor loko #2500. Nomor loko ini juga tertera dibagian belakang loko dan pada number board yang dapat dilihat pada malam hari karena menyala

SD60 memang generasi sebelum SD70 dan memiliki body lebih pendek ….namun produk ATHEARN GENESIS ini memiliki detail yang lengkap dan menggoda termasuk bagian railing samping, depan dan belakang yang dibuat sangat halus dan presisi sehingga para modeler harus berhati-hati saat mengangkat loko ini…….pada mini LO terlihat loko keren ini consist bersama loko ES44AC produk KATO asli Jepun.

Snow plow, horn, bell, wiper, sun visor, hand grip serta hydraulic hose dibagian samping truck juga dibuat sangat halus dan teliti…..grill radiator dan mesin dibuat see through sehingga terkesan lebih realistis……sayang pada cabin belum dilengkapi dengan figur masinisnya….dibagian atap terlihat fan grill yang dapat berputar bebas dengan grating stainless steel yang keren

Athearn seri Genesis ini sudah dilengkapi DCC sound onboard produk lawas SounTrax Tsunami yang memiliki kerja elektronik yang mantab sehingga dapat memanjakan para modeler, power decoder mengatur kerja motor termasuk speed step 128.

Lighting termasuk head lamp dan ditchlight juga dikontrol oleh sound decoder dan ditchlight yang diposisikan dibawah deck loko berfungsi berkedip saat horn aktif.

Terakhir produknya KATO pabrikan Jepun yang kondang dengan kualitas motornya yang tidak diragukan lagi, KATO mengusung type C44-9W berwarna kuning UP tanpa ada logo kibaran bendera Amerika dengan road number #9564

Produk KATO sangat terkenal dengan kehalusan putaran motor 5 pole nya….dan memang terbukti, loko produk pabrikan Jepun ini out of the box masih analog, sehingga MbT harus mencangkokkan decoder power produk Digitrax digabung dengan sound decoder yang sudah dilengkapi speaker buatan MRC.

Kedua decoder tersebut menjadikan loko KATO jenis C44-9W menjadi full sound, nada lengkap loko Diesel dapat didengar melalui speaker yang diposisikan dibagian tangki menghadap kebawah. Sound cukup jernih termasuk suara horn, bell, putaran mesin maupun decit rem saat akan berhenti.

Lighting yang dimiliki KATO cukup terang, lebih terang dari produk TOWER55 dan ATHEARN…..lighting yang dimiliki hanya terbatas pada headlamp dan ditchlight saja, saat di consist bersama dengan SD60 produk ATHEARN terlihat kedua loko tersebut cukup kompak.

Detail pada produk KATO yang satu ini tidak seperti biasanya karena semua pernik detail sudah terpasang pada loko sejak out of the box, sebelumnya setiap produk KATO seluruh detailnya belum terpasang sehingga merupakan pekerjaan tangan tersendiri untuk para modeler.

Secara keseluruhan MbT mencoba memberikan nilai dengan urutan mulai teratas dari segi penampilan yaitu MTH, TOWER55, ATHEARN, dan KATO, sedangkan untuk elektronik DCC/sound urutannya adalah MTH, ATHEARN, KATO dan TOWER55

Kalau gerbong jenis Covered Hopper ditinjau dari penampilan dan mutu serta kekuatan terlihat bahwa produk Exactrail sampai saat ini belum ada yang mengungguli…….namun untuk produk sejenis masih dapat dikatakan setara dengan buatan InterMountain

2 Responses to Rib side hopper ditarik loko2 Diesel UP…..mantab!

  1. Yudo says:

    Alo Oom Mukti, waaaah kereeen….
    Sepertinya koleksi gerbong Oom akan beralih ke Exactrail nih…
    BTW Oom, PS 4427 (PS-2CD 4427) ini termasuk tipe rib side box car ya? CMIIW, di situsnya rib side box car berbeda dg photo2 di atas, malahan sama dg ulasan blog Oom Mukti di Maret kemarin. (maklum Oom, saya msh nubie nih)

    Oom Mukti, soal SD70ACe-nya MTH, remote coupler-nya memang keren tapi tinggi coupler tidak sesuai NMRA dan lebih panjang, jadi kalau menarik gerbong dg elevasi tertentu atau curve dg elevasi, bisa tertinggal gerbongnya…^_^! malah lebih tepat dg couple kadee bawaannya

    Ditunggu ya Oom, bahasan Exactrail seri signature (Waffle box car, rib car) & Trinity Trincool Reefer, pasti keren abeis hasil jepretan Oom Mukti…

    • muktiwibowo9 says:

      …Thanks b’Yudo atas komennya

      Memang benar posting yang lalu membahas ribside box car, kalau yang sekarang ini jenis rib side covered hopper……saya sebut demikian supaya membedakan dgn hopper jenis Trinity ataupun produk ACF

      Exactrail mantab namun bukan berarti saya meninggalkan yang lain, masih banyak produk lain yang saya gemari seperti Intermountain, Walthers, Athearn ataupun Atlas tentunya untuk gerbong2 yang berbeda

      Untuk posting berikutnya akan saya tayangkan juga jenis waffle, Trinity reefer dan yang sedang dalam proses pemotretan adalah Ethanol Tank 30K keluaran Athearn dan Walthers…..huh detailnya mantab sekali Bro

      Thks n salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: