Loko Diesel SD24 dan rib side box car

Loko Diesel keluaran EMD dengan type SD24 merupakan loko Diesel kelas road switcher yang sangat menarik modelnya. Loko ini dibuat oleh EMD dengan beberapa kelengkapan unik yang menarik perhatian, khususnya dengan menempatkan tabung air compressor diatas atap berbentuk tabung panjang seperti Torpedo….

Penempatan tabung reservoir air compressor diatas lantaran posisi sebelumnya yang terletak dibagian bawah dekat tanki BBM tergusur karena tanki BBM diperbesar untuk menambah kapasitas tanki dan jarak jelajah dari kapasitas awal 1200 gallon menjadi 3000 gallon.

SD24 ini dibuat oleh EMD pada era antara tahun 1958 hungga 1963……dan armada Union Pacific memiliki hingga 75 unit,……konon engineer di UP telah mengadakan modifikasi terhadap SD24 yang awalnya memiliki out put 2400hp ini hingga belakangan memiliki HP hingga 3000HP.

Kita ketahui bahwa model SD24 ini ada yang low nose dan yang high nose…..keduanya keren (khusus untuk yang high nose milik armada  Burlington Northern 6244 pernah ikutan shooting pada salah satu movie tahun 1993),  ….UP sendiri memiliki beberapa unit high nose…..dan konon ada yang terus beroperasi sebagai heavy switcher hingga tahun 1975.

SD24 ini memiliki konfigurasi roda CC yang digerakkan oleh alternator yang terus disempurnakan……sehingga traksi rodanya mampu menarik rangkaian gerbong cukup banyak.

……memang benar bahwa SD24 merupakan salah satu model loko jenis heavy Switcher yang tidak membosankan untuk dipandang dan untuk dijadikan koleksi……dan cukup cantik kalau diabadikan……kalau ga percaya silakan perhatikan detailnya yang lengkap.

Dengan membaca sedikit sejarah SD24 ini maka MbT memutuskan untuk berusaha mengkoleksi item ini……susahnya model SD24 ini sudah dibuat oleh Atlas sejak beberapa tahun lalu, yah….cukup sulitlah untuk mendapatkannya…..tapi berkat kecanggihan sistim komunikasi dan internet maka hanya satu unit yang bisa didapatkan.

SD24 high nose UP #448 ini dibuat oleh Atlas Gold series lengkap dengan DCC/sound, decodernya dibuat oleh pabrikan QSI Quantum yang merupakan jaminan mutu dan suara……MbT mencoba menampilkan kembali kedua jenis loko SD24 ini dan melaju lancar di mini LO MbT dengan menarik rangkaian beberapa belas unit Rib side box car 40′.

Kalau kita amati detailnya, mulai dari warna kuning armor yellow khas UP dipadu dengan abu2 harbour mist grey serta kombinasi strip warna merah……memang ga salah bahwa arsitek eksterior UP telah memilih warna yang sangat sesuai dan mencuri perhatian yang melihat baik loko sesungguhnya ataupun pada modelnya.

Body plastik pilihan produk Atlas ini sangat kokoh dan rapi pembuatannya sehingga saat dioperasikan beserta full soundnya tidak terdengar suara getaran atau suara lain yang mengganggu. Body loko dipasang sederetan asesories yang lengkap termasuk horn, bell, anak tangga, jendela, lobang ventilasi/grill, tabung torpedo air conpressor, tanki bahan bakar, railing/pagar sekeliling loko, wiper jendela masinis serta figur masinis yang sudah siap ditempat…..dll

Dibagian bawah terlihat warna truck dan perlengkapan rem hydroulic berwarna silver yang sesuai aslinya juga dibagian tengah terlihat konstruksi tanki bahan bakar yang cukup besar sanggup menampung hingga 3000 gallon.

Knucle coupler khas Amrik yang terpasang didepan dan belakang berukuran pendek sehingga MbT perlu mengganti dengan yang type long center keluaran Bachman EZ …….hal ini guna untuk memudahkan saat manuver dalam kondisi loko consist.

Loko SD24 high nose ini seperti disebutkan diatas sudah full sound sejak out of the box, sehingga modeller dapat langsung menggelindingkan diatas jalur track…….suaranya cukup keras dengan bunyi klakson yang khas…..hampir menyerupai nada klakson mobil………suara/sound on/off dapat dikontrol secara digital melalui fungsi F8 sehingga kita dapat mengoperasikan secara silent tanpa mengganggu tetangga.

Lighting nyapun mantab sesuai dengan era nya dengan warna agak merah…..number boardnya pun dapat menyala sehingga #448 terlihat dengan jelas……lampu ini dapat dikontrol secara digital

Rangkaian yang terdiri dari loko UP SD24 high nose tersebut meliuk pada jalur utama mini LO MbT dengan curve minimun 18″, rangkaian UP SD24 high nose melaju tanpa hambatan dengan menarik box car UP 40′ produk pabrikan beken Trix, gerbong berwarna merah tua ini memang dibuat oleh Trix dengan sempurna termasuk detail single door yang dapat dibuka, vertical ladder, roof step dan tulisan Union Pacific lengkap dengan semboyannya dicetak dengan teliti dan bagus.

Gerbong buatan Trix ini memang dibuat oleh pabrikan Marklin khusus untuk jalus arus DC, dan karena ini merupakan gerbong armada Amrik maka gerbong ini dilengkapi dengan knucle coupler Kadee yang terpasang pada gerbong dengan sistim snap in……sehingga kalau ingin mengkonversi ke sistim NEM maka dengan mudah tanpa baut dan tools coupler dapat diganti.

Nyelip diantara Trix adalah sebuah truck era tahun 50an dengan logo DelMonte…….ingat saus tomat dan Sardines, model ini dibuat oleh Mini Metals dengan lumayan detail……sengaja MbT menampilkan model ini supaya lebih sedap dan gurih…..warna hijau yang khas serta logo DelMonte brand Quality.

Trix telah memproduksi gerbong ini sebanyak 24 unit dengan road name UNION PACIFIC namun berbeda road number dan semboyan…..sayang harganya masih diatas harga rata2 gerbong yang sejenis.

Untuk kualitas rodanya juga sudah tidak perlu diragukan lagi dengan type RP25 terlihat sangat halus serta menggelinding lancar di track code 83.

Beberapa posisi tampak samping depan dari UP SD24 high nose ini terlihat menarik……apalagi melaju didaerah industri dengan nuansa background country maupun daerah industri yang diperlihatkan melalui backdrop lukisa Amrik produksi Walthers.

Untuk bangunan industri termasuk Grain Elevator, flour mill factory, depot merupakan produk Cornerstone Wlthers……beberapa bangunan perkantoran dipilih dari pabrikan DPM, American classic water tower juga merupakan produk built up dari Cornerstone…..semuanya ini digunakan untuk menambah daya tarik mini LO MbT sehingga saat pengambilan gambar terlihat lebih ramai….

Untuk kendaraan yang terlihat pada mini LO kebanyakan merupakan produk Mini Metals termasuk truck pembawa saus tomat del-Monte, mobil polisi, taxi cab dan beberapa kendaraan lain buatan Athearn….sedangkan alat berat termasuk bulldozer dan excavator adalah buatan Norscot.

Sedikit berbeda dengan saudaranya…..SD24 low nose merupakan varian yang terlebih dahulu dibuat, performance loko Diesel ini juga mantab dengan output horse power mencapai 2400HP. Loko ini banyak digunakan untuk road switcher…..tampangnya sangat legendaris.

MbT mujur dapat mengkoleksi dua unit dari jenis ini dan keduanya adalah merupakan produk dari pabrikan Atlas kelas Silver, yang pertama merupakan silver series DCC ready dengan UP road number #400…alhasil MbT harus mencangkokkan  power decoder yang digunakan supaya loko ini dapat dioperasikan dan dikontrol secara digital….walaupun loko ini secara analog dapat dioperasikan dengan menggunakan address “0” karena MbT menggunakan kontrol unit produk Digitrax yang lumayan ampuh….

Seperti produk SD24 high nose yang telah MbT ulas sebelumnya……SD24 ini memiliki detail yang aduhai dipandang mata dan itu loh tanki udara kompresor diatas atap yang menyerupai bentuk “Torpedo” merupakan icon tersendiri buat jenis SD24……..mengenai performance nya….Atlas merupakan pabrikan yang memproduksi loko dengan menggunakan motor yang berkualitas dan sangat halus putarannya….dan kalau kita menggunakan speed step 128 maka dengan memutar knop throttle satu strip saja maka dengan sangat perlahan loko ini bergerak.

Namun untuk loko SD24 yang kedua Union Pacific #401……..MbT kurang puas lantaran MbT mengejar fasilitas yang ditawarkan yaitu Atlas mengeluarkan kelas Silver dengan telah dilengkapi DCC onboard artinya out of the box loko dengan nomor lambung #401 ini sudah dilengkapi decoder.

Apa yang MbT kecewakan yaitu saat mencoba untuk consist ternyata sangat sulit kedua loko ini kerja bareng……setelah satu persatu MbT coba dan perhatikan……ketemulah kelainannya yaitu bahwa decoder yang telah dipasangkan onboard sejak awal tidak support menggunakan speed step 128…alhasil tidak bisa sinkron dengan loko #400 yang MbT telah melengkapi dengan decoder Digitrax yang memiliki fitur speed step 128.

So….kedua loko tersebut hanya bisa consist kalau loko #400 harus di set ke speed step 28 atau …yah berjalan masing2 sambil mencari gandengan masing2 pula…kesimpulannya kita harus lebih cermat kalau membeli loko2 produk lama (2004 kebawah) karena decoder saat itu banyak yang masih belum memiliki fitur speed step 128.

Pada mini LO MbT…..terlihat SD24 ini menarik beberapa gerbong box car 40′ dengan jenis rib side box car, jenis gerbong rib side maksudnya gerbong ini memiliki konstruksi samping dengan meletakan tambahan penguat dibagian luar box car, sehingga penguat2 tersebut tampak dari luar seperti tulang sapi kurus……dengan demikian sistim penulangan samping yang tampak dari luar ini menjadikan istilah “Rib side box car 40′”…….selain box car rib side juga diterapkan pada gerbong jenis hopper.

Gerbong jenis rib side sebetulnya populer pada era tahun 40an hingga 50an saat musim perang dunia II, untuk mencari model gerbong seperti ini memang agak sulit karena sudah jarang diproduksi lagi.

Mujur salah satu pabrikan terkenal yaitu Intermountain pada tahun 2010 telah melansir ulang produk Rib side box car ini dengan beberapa road name……MbT sempat dapat beberapa unit saja sekedar untuk menambah koleksi sesuai sejarah box car.

Jenis Rib side box car yang meluncur di mini LO MbT adalah dengan road name WABASH warna merah dan MILWAUKEE warna coklat tua…..warna kedua road name Rib side box car ini sangat cocok saat ditarik SD24 dan digabungkan dengan box car yang lain.

Detail dari Rib side box car buatan Intermauntain ini sangat lengkap termasuk wheel brake, roof step, vertical ladder, rigging dibawah, dan juga double doornya dapat dibuka. Roda metal warna hitam dengan type RP 25 dibuat dengan sistim CNC dan menggelinding bebas dengan sangat halus……..Rib side box car ini pun dilengkapi dengan coupler buatan Kadee yang sangat mantab dan terbuat dari metal.

Sebagai pelengkap, terlihat beberapa gerbong reefer box car 40′ (akan diulas tersendiri pada next posting) merupakan produk dari Athearn tahun 2002 dan caboose Union Pacific type wide vision buatan Marklin dan Athearn.

SD24 high nose dan SD24 low nose terlihat meluncur dan saling berpapasan di mini LO MbT dengan sangat gagahnya, SD24 buatan Atlas, box car buatan Trix dan Rib side box car buatan Intermountain merupakan item yang layak dijadikan koleksi khususnya untuk LO era 60an

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: