UP Gas Turbine METAL……tarik box car dengan mantab!

Kalau bicara soal loko Gas Turbine maka kita selalu ingat “Veranda”…..namun yang satu ini adalah predecessor nya sebuah sosok Gas Turbine Electric (GTEL) keluaran pabrik raksasa GE….dan modelnya dibuat di Korea oleh MTH…..terbuat dari Metal (die cast)

Dimulai dengan prototype Gas Turbine Electric milik Union Pacific pada tahun 1948 dengan nomor lambung #50 yang dibuat oleh pabrikan raksasa General Electric  dan produk ini dipasarkan bersama Alco-GE hingga tahun1953.

Loko ini digunakan untuk menarik rangkaian gerbong barang jarak jauh dan Union Pacific meng klaim dapat menarik rangkaian gerbong bertambah 10%

Kita ketahui bahwa setelah Union Pacific melakukan beberapa kali uji coba dan penelitian maka memang GE GTEL ini sangat haus bahan bakar , namun tidak bermasalah untuk pihak UP karena bahan bakar yang digunakan harganya tetap lebih muran jika dibandingkan minyak Diesel.

Yang menjadi kerepotan adalah saat cuaca dingin  maka bahan bakar tersebut perlu dipanaskan didalam tanki, sehingga tanki bahan bakarnya dilengkapi dengan heeting coil, juga belakangan padanFuel tender  dilengkapi pula dengan heeting coil.

Sistim pemanas yang terdapat pada tanki bahan bakar dan fuel tank akan memanaskan bahan bakar hingga 93 derajat Celcius.

Detail Gas Turbine GE GTEL #59 sudah tidak perlu diragukan lagi karena pihak MTH sudah mempunyai cetak biru dari pabrikan  Alco dan telah membayar royalti yang besar kepada UP  sehingga MTH pasti berusaha keras untuk membuat modelnya sedetail mungkin, dan hasilnya sebuah produksi “generasi modern ” demikian disebutkannya, yang sangat sarat dengan fiture electronic dan saat ini digemari dan diburu para model railroader.

Model dari GE GTEL ini memiliki beberapa jenis sesuai generasinya dan terakhir adalah jenis Veranda.

Model loko GE TEL ini telah dibuat oleh beberapa pabrik kereta model terkenal , dibuat detail lengkap dengan tender bahan bakar. Pertama model dikeluarkan oleh  pabrikan Athearn dengan bahan body terbuat dari plastik ABS,  kemudian dibuat oleh MTH dengan body terbuat dari material die cast, warna kuning armour yellow  dan strip merah kombinasi atap warna abu2 harbour mist grey merupakan ciri khas Union Pacific yang hurufnya dicetak krispi pada samping kiri dan kanan serta pada tender bahan bakarnya.

Loko GE GTEL ini mempunyai konfigurasi roda B-B-B-B yang digerakkan dengan tenaga gas Turbine, artinya Gas Turbin menggerakkan Alternator yang kemudian diteruskan ke masing2  motor.

Model GE TEL keluaran MTH ini dilengkapi dengan 4 motor yang bergerak harmonis dengan electronic system yang dikeluarkan dengan label Proto 3.0.

Dengan dikombinasikannya  dengan empat set sistim penggerak masing2  empat roda disetiap kelompok hal ini membuat tenaga yang stabil saat melewati tikungan…..dan memang  seperti disebutkan terdahulu prototype  loko GE GTEL ini khusus dibuat untuk mampu menarik beban hingga  beribu  ton kereta barang atau penumpang menaiki tanjakan dengan elevasi di pegunungan….demikian juga pada model trainnya mempunyai daya tarik yang besar .

Para Model Railroader yang serius pasti mengkoleksi seri loko Gas Turbine yang legendaris ini,  MbT menampilkan modelnya yang merupakan loko kedua yaitu dengan menggunakan nomor #59, sebelumnya MbT pernah menampilkan GE GTEL keluaran dari pabrikan Athearn dengan #54.

MbT memvisualisasikan Gas Turbine GE GTEL #59 ini untuk menarik rangkaian gerbong barang yaitu beberapa gerbong jenis box car yang terdiri dari berbagai jenis box car keluaran pabrik model Athearn dengan road name UNION PACIFIC.

FMC double door box car merupakan gerbong barang yang populer pada era tersebut, box car ini dilabur warna kuning khas UP yang mencolok dan lengkap dengan logo UP shield terpampang pada sisi gerbong. Terkadang box car juga ditambah beberapa slogan UP yang sangat populer termasuk gambar map route UP. Selain itu flat car dengan memuat trailer container  juga menambah daya tarik tersendiri, trailer container ini berwarna putih dengan logo UP shield ……..ini juga merupakan produk Athearn dengan harga yang sangat fair.

Loko GE GTEL buatan MTH ini merupakan loko DC/DCC sound dengan sudah dilengkapi sistim sound decoder terbaru buatan Proto Sound 3…….dan yang menarik adalah telah dilengkapi Proto Smoke sehingga  unggulan GE GTEL ini selain memiliki segudang sound dan digital uncoupler, loko ini dilengkapi dengan smoke generator yang merupakan unggulan yang ditonjolkan…..

Khusus untuk digital remote uncoupler …..MbT menilai kurang berfungsi maksimal khususnya yang bagian belakang, hal ini karena coupler belakang terhubung pada Fuel Tender, sehingga kalau diaktifkan maka tender akan terlepas, padahal tender masih terhubung dengan adanya kabel untuk backup lighting dibagian belakang.

Gas Turbine GE GTEL #59 yang merupakan pilihan MbT ini memiliki warna truck Silver dan tentu saja body warna kuning Armour Yellow sangat menarik walau tidak terlalu menjadi daya tarik khusus, pabrikan MTH setiap merilis loko UP warna Kuning memang agak redup kesan bekas ……. katanya justru membuat  lebih realistis mulai dari warna body, ukuran dan detailnya….ini menandakan keseriusan pabrikan untuk membuat produknya tampil beda. Huruf  Union Pacific pada tanki BBM sebagai tender  menggunakan huruf yang besar lain kalau kita lihat pada Fuel Tender milik Veranda …Union Pacific dicetak dengan ukuran huruf lebih kecil.

Performa “Gas Turbine GE GTEL #59” MTH ini pun tidak perlu diragukan lagi, dengan dicangkokkannya DCC Sound decoder produk  Proto 3.0 ini merupakan gebrakan MTH, suara /soundnya sangat lengkap untuk dimainkan dengan kontroler 29 fungsi, lightingnyapun cukup terang termasuk backup light di tender dan number board, smoke stack sudah siap mengepulkan asp dari hasil tetesan smoke liquid yang sudah tersedia dalam box…..dan yang penting adalah dapat melaju untuk menarik belasan gerbong didaerah elevasi sd 2% serta artikulasi rodanya sangat membantu untuk bernegosiasi pada jalur curve 18″ dengan mantab. Selebihnya memang harus dicoba sendiri……loko ini cukup layak dijadikan koleksi……METAL loko c/w smoke man!

One Response to UP Gas Turbine METAL……tarik box car dengan mantab!

  1. sugeng is says:

    Waaaah… koleksinya makin top aja Pak Mukti…. kapan2 boleh berkunjung ya pak … salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: