Gondola…..merupakan open-top-car

Gondola adalah merupakan bagian dari jenis freight car, uniknya Gondola mempunyai bentuk sederhana seperti bak terbuka…dan memang Gondola juga disebut open-top-car.

Yang perlu diingat bahwa sistim muat pada Gondola yaitu dengan menumpahkan atau drop-end dari atas, dan sistim muat seperti ini sangat efektif untuk muatan2 tertentu yang tidak dapat dimuat pada gerbong jenis lain seperti Box Car, Containers atau Hopper

Gondola sudah dibuat dan diciptakan sejak jaman dahulu kala mulai dengan menggunakan material kayu hingga terakhir dibuat dari bahan baja yang welded secara keseluruhan dan termasuk Gondola modern yang dilengkapi hydrolic system dan juga shock absorber.

Rangkaian Gondola sering ditarik oleh beberapa loko secara consist….dan pada mini LO MbT terlihat rangkaian Gondola meluncur ditarik oleh loko Diesel SD40-2 dan SD 38-2…..untuk jarak yang cukup jauh umumnya rangkaian Gondola digabungkan dengan rangkaian freight car lain dan ditarik oleh loko Diesel yang lebih besar.

Beberapa pabrikan Gondola berlomba untuk selalu membuat gerbong Gondola lebih efisien …….contohnya seperti ACF (American Car and Foundry) mengutamakan dengan kemampuan muat hingga 70ton, Gondola ini mempunyai dinding samping (sideboard) yang seluruhnya welded, ketinggian sideboard hanya disesuaikan apabila mengangkut muatan curah seperti pasir, batu split atau scrap (besi bekas) hingga 70ton dan fungsi sideboard dapat menahan supaya muatan tidak tumpah…type ini sudah dibuat tahun 50 an.

Begitu sederhananya Gondola maka tidak banyak peralatan yang terdapat pada gerbong ini…..yang terlihat hanya tuas handel rem (brake wheel) yang bekerja secara manual……tentu saja untuk era modern sistim pengereman sudah dilengkapi dengan fasilitas rem hydrolic.

Kalau dilihat dari panjangnya maka Gondola memiliki beberapa ukuran mulai dari panjang 40′, 53′, 60′ hingga ada yang 65’…..tentu saja ukuran panjang Gondola sangat bermanfaat untuk jenis muatannya. Selain dari ukuran panjang…Gondola juga mempunyai beberapa nama sesuai fungsinta seperti bathub Gondola yang menyerupai bak mandi….jenis ini banyak digunakan untuk mengangkut BatuBara/coal Gondola.

Warna yang sering dijumpai pada Gondola adalah warna2 gelap seperti red brown atau warna hitam…..pada beberapa foto disini terlihat replica Gondola dari beberapa jenis…..dan ternyata rangkaian Gondola tidak kalah hebohnya dengan rangkaian gerbong barang yang lain…..hal ini karena ditampilkan dan dibuat sangat serius oleh setip pabrikan kereta model terkenal seperti pabrikan Athearn, Atlas, Walthers dan juga Exactrail

Pada mini LO MbT terlihat Gondola-gondola produk pabrikan tersebut, dan Gondola sejak jaman/era dulu sampai dengan sekarang masih digunakan oleh perusahaan kereta api raksasa di negeri paman Obama sana.

Bintang yang baru saja liwat adalah mill Gondola panjang 65’…….bukan main panjangnya bahkan kalau mau liwat di LO harus diatur jalurnya supaya selalu melewati curve yang 22″. Mill Gondola 65′ ini merupakan produk pabrikan Athearn…..dan MbT menampilkan Gondola dengan road name UP ini sengaja tanpa load karena dapat terlihat pada ujung dindingnya dilengkapi sistim engsel yang dapat dibuka kedalam…..untuk kebutuhan apabila muatannya memiliki panjang yang lebih.

Gondola dengan panjang 65′ ini dimiliki oleh Union Pacific sudah sejak 1950an dan masih digunakan sampai dengan saat ini……Gondola jenis ini memang telah mengalami perbaikan dan peningkatan kapasitas sehingga mampu mengangkut khususnya wood chip hingga 100tons…….

Sesuai sejarah mill Gondola telah dibuat sejak tahun 1940 oleh pabrik gerbong General America….dan digunakan untuk membawa perlengkapan pabrik baja yang terkadang memiliki ukuran yang panjang2….tepatnya Gondola ini memiliki panjang 65’6″…..bisa dibayangkan bahwa panjangnya hampir 20m…..

Union Pacific mengoperasikan berbagai jenis Gondola dan beberapa jenis yang populer memang telah dibuat modelnya dan memang sangat menarik untuk dilihat diatas LO…..Gondola memiliki history sendiri yang cukup panjang mulai era sebelum PD1 sd era modern saat ini dan hampir seluruh perusahaan perkereta apian memiliki jenis ini.

Rangkaian Gondola terkadang bersama dengan box car atau jenis gerbong yang lain……dan Gondola memang merupakan gerbong yang khusus untuk memuat muatan yang pengisiannya harus melalui bagian atas yang terbuka…..alhasil karena terkenalnya maka Gondola merupakan salah satu pilihan koleksi para Model Railroader…..dan saat ini modelnyapun telah dibuat dengan sangat serius.

Kalau kita lihat detailnya dimana jenis mill Gondola 65’6″ produk Athearn Ready to Roll ini mengekspresikan Gondola era sebelum perang dunia 2 ditandai dengan sistim konstruksinya yang masih menggunakan keling (belum menggunakan sistim las)…..detail lain terlihat brake system masih menggunakan manual dengan menggunakan wheel disetiap Gondola.

Athearn dengan sangat hati2 menempatkan ujung dinding yang dapat dibuka dan disetiap box nya diberi peringatan cara memegangnya jangan menekan dindingsamping karena dapat patah kalau ujung dinding sedang terbuka…..rodanya menggunakan metal wheel RP25 yang sangat halus dan mulus saat menggelinding di track.

Wuiisss…kalau yang ini Gondola UP warna Kuning armour Yellow warna yang sangat terkenal itu, yang satu ini merupakan produk teranyar dari pabrikan kereta model terkenal.

Pabrik gerbong terkenal di Amrik Gunderson telah memproduksi Gondola ini pada tahun 1965, gondola yang memiliki kapasitas muat 2,420 cu ft diproduksi sebanyak 900 unit atas order dari perusahaan perkereta apian Southern Pacific…..yang digunakan hilir mudik di Amrik Utara ini memiliki konstruksi yang sangat kokoh dan mempunyai dinding samping dengan konstruksi khusus…..dan diharapkan Gondola ini dapat beroperasi lebih dari 30 tahun.

Pada saat SP merger dengan UP maka beberapa gondola yang masih tersisa diberi laburan kuning UP dan diadakan perbaikan sehingga masih layak digunakan.

Walaupun Gondola kuning UP ini buatan tahun 65 namun setelah mendapat sentuhan perbaikan maka terlihat sebagai Gondola modern…….plus disimulasikan ditarik oleh loko switcher moder MP15AC secara consist….terlihat matching and cool man!

Pabrikan kereta model yang memproduksi gondola ini mengklaim bahwa baru pertama kali dibuat di skala HO, nomor nya saja baru dibuat sebanya 3 road #’s…..

Pada era tahun 90an banyak ditemui gondola dengan ukuran panjang hingga 53′ dan jenis ini mempunyai kapasitas muat hingga 2743 cubic feet……gondola ini pada awalnya hanya memiliki kapasitas Gross Rail Loading (GRL) 263,000 lbs kemudian ditingkatkan menjadi kapasitas  286,000 lbs dengan menambah tinggi sideboard dari 5′ menjadi 5’6″  sehingga kapasitas menjadi 2,743 cubic foot ………ini semua dilakukan pabrikan Gondola American Industrial Railcar yang mendesain dan memproduksi sejumlah 6,700 unit mulai tahun 1995 hingga 1999.

Pada kesempatan ini MbT mendapatkan modelnya buatan Atlas Master Line dan Walthers Gold Line, kedua pabrikan kereta model ini membuat sangat detail termasuk letering disisi samping Gondola…..dan tentu saja road name nya Union Pacific, pada produk buatan Atlas UP terlihat lengkap dengan logo UP shieldnya dan dinding samping diperkuat dengan 14 tiang.

Baik produk Atlas maupun Walthers dilengkapi metal wheel yang sangat lancar berputar tanpa hambatan di track code 83 dan keduanya dipasang coupler Kadee #78 yang sangat akurat tingginya, detail lain yang sangat menonjol yaitu komponen rem, etched platform, tangga naik, hand graps dan brake rod yang terbuat dari metal juga detail air hose yang nyata terlihat sangat menarik.

Sedikit melongok saat ramainya industri pabrik kertas di Amrik membutuhkan bahan baku berupa serpihan kayu….tentu saja perlu angkutan serpihan kayu dari saw mill, maka dibuatlah jenis Gondola khusus yaitu Wood Chip Gondola…..jenis gondola ini memiliki tinggi dinding yang berbeda dan jauh lebih tinggi dari jenis Gondola standar yang lain…..hal ini untuk dapat menampung muatan lebih banyak karena kita ketahui massa jenis kayu sangat kecil.

Mujur MbT masih kebagian produk terakhir dari Walthers Gold Line dengan harga promo alias discount yang cukup besar dari salah satu toko kereta model……Wood Chip gondola ini hadir dengan road name Western Pacific, Milwaukee dan Northern Pacific….tampil kokoh-besar-tinggi dan detail.

Walthers Gold line memasang metal wheel type RP 25 dengan coupler PROTO-Max Metal Knuckle Couplers yang sangat akurat. dan Wood Mill gondola ini sangat lancar melaju di curve 22″ track mini LO MbT ……..suaranya sangat halus menandakan Walthers sangat serius menangani produk yang satu ini.

Terlihat rangkaian Gondola lalu lalang dengan ditarik oleh road switcher SD40-2……loko  Diesel type ini memang menjadi kuda kerja yang belum ada tandingannya….bahkan sebuah film seperti “Unstopable” menjadikan bintang di film tersebut…….

Walthers wood chip Gondola berpapasan dengan Atlas master line Thrall 2,743 dan  gondola jenis lain merupakan pemandangan yang mempunyai daya tarik tersendiri…..tentunya melewati daerah industri. Dilatar belakang terlihat jenis lain dari Thrall 3,564 yang mempunyai ukuran yang panjang sekali sehingga sangat menantang untuk dijadikan koleksi….dan karena rangkaian Gondola memerlukan pengawasan dari pihak cargo owner maka MbT menempatkan Caboose dibuntut rangkaiannya.

Nah ini dia Thrall 3,564 yang merupakan jenis baru dari keluarga Thrall Gondola…dibuat tahun 95an sampai sekarang …..karena kebutuhan daya angkut yang meningkat maka kapasitas Gondola dibuat lebih besar otomatis lebih panjang dan mempunyai sideboard lebih tinggi……panjangnya saja mencapai 65′.

Konon kapasitas angkut mencapai 100ton dengan berbagai jenis muatan lebih berat, beberapa Gondola juga dibuat khusus seperti wood chip Gondola dan juga coal carrier Gondola keduanya memiliki sideboard yang tinggi……ada juga yang menyebut Open top car.

Modelnya dengan sangat meyakinkan dibuat oleh pabrikan Exactrail……MbT memilih road name yang sangat terkenal dan armadanya banyak yaitu TTX RailGon, produk ini dilengkapi dengan coupler mantab Kadee #58 dan metal wheelset 36″ hasil CNC dan kalau kita lihat truck/boogi nya maka terlihat jenis equalized ASF 100 ton Ride Control trucks yang merupakan kebanggaan produk Exactrail…..detailnya mmmm jangan ditanya lagi bisa dilihat dari fotonya.

Kalau yang satu ini tidak ada hubungannya dengan Gondola….ini cuma penyedap saja supaya lebih mak nyuss….truck Ford jadul dengan trailer logo Saos Tomat Del Monte…….siapa minat Del Monte satu truck….hiks ini buatan mini metal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: