Flat car dapat angkut alat berat….

Jenis Gerbong yang satu ini memang unik, kalau dilihat dari namanya “Flat Car” maka memang sederhana keadaannya….tapi kalau dilihat fungsinya……wah sangat berguna terutama untuk mengangkut barang-barang atau muatan yang memiliki ukuran ekstra besar dan khusus.

Gerbong yang mempunyai spesifikasi geladak yang rata dan tanpa penutup ini memang sudah terlahir sejak dulu kala hingga era modern ini, penggunaannya pun sudah sangat bervariasi mulai dari pengangkut lembaran papan atau batangan kayu hingga mengangkut alat berat sepeti Bulldozer atau excavator.

Pada flat car umumnya hanya terdapat fasilitas untuk mengikat cargo dan fasilitas handle rem, gerbong ini tidak dilengkapi penutup atau pintu2…….sehingga flat car kalau sedang tanpa muatan memang terlihat seperti gerbong yang trondol…..tanpa bangunan atas.

Jenis flat car ini sendiri masih terbagi dengan berbagai ukuran dan jenis khusus, sebagai contoh Bulkhead flatcar, yaitu flatkar yang mempunyai dinding dikedua ujungnya. Bulkhead flatcar antara lain digunakan untuk mengangkut pipa baja ukuran besar, maka bulkhead dikedua ujung gerbong dapat bermanfaat untuk menahan dari gerakan maju ataupun mundur……flat car jenis ini disebut juga “Pulpwood Flat car” karena memang berfungsi untuk membawa pulpwood.

Ada pula flat car yang selain kedua ujungnya terdapat bulkhead, pada kiri dan samping kanannya dipasang stanchion atau penyangga, sehingga kalau memuat pipa panjang dapat ditahan oleh stanchion disamping tersebut.

Sedikit menyinggung siapa yang menarik rangkaian flatcar dan sebagainya tersebut…….MbT memvisualisasikan bahwa rangkaian flat car tersebut ditarik oleh loko Diesel road switcher jenis SDP35……yang modelnya terkenal dibuat oleh pabrikan Atlas dengan detail yang lumayan lengkap.

Flatcar yang ditarik adalah jenis “4  axle 90 Ton GSC Depressed center flatcar”……..gerbong ini memiliki geladak yang dibagian tengah antara roda depan dan belakang rendah, gunanya untuk memudahkan menaikkan muatan contohnya ….MbT membawa CAT Buldozer buatan NORSCOT……Flat car dengan road name Union Pacific tersebut dibuat oleh Walthers dengan material diecast sehingga beratnya cukup mantab melaju di curve 22” mini LO MbT.

Loko Diesel lain yang menarik rangkaian flatcar dipilih oleh MbT yaitu jenis Diesel C30-7 atau jenis Dash……loko ini hampir semua modeller mengenalnya……dengan hidung yang agak pesek namun tenaganya diatas LO luar biasa, loko ini dengan bangga telah dibuat oleh BLI dengan kelas Blue Line……..lengkap dengan sound yang menggelegar dan segudang fitur yang disuguhkan oleh board sound decoder dengan bantuan power decoder buatan Digitrax.

Mungkin pada kesempatan ini MbT tidak banyak mengulas loko Dieselnya…..tapi lihat gerbong yang ditariknya……terlihat sebuah “Pulpwood Flatcar” berwarna coklat dengan road name Union Pacific…..model gerbong ini buatan pabrikan Atlas……..Atlas sangat akurat dalam membuat scale HO dan roda 4 axlenya sangat sempurna meluncur lancar pada kecepatan rendah atau tinggi, Atlas juga memasang coupler jenis Kadee pada produknya tersebut.

Terlihat juga gerbong flatcar yang dibagian tengahnya terdapat dinding memanjan dari depan kebelakang, gerbong ini dinamakan “72′ Centerbeam Flat car”…..ukuran gerbong lumayan panjang sehingga memerlukan curve min 22” untuk bernegosiasi. Gerbong ini sering muat kertas dalam bentuk ball ataupun muatan dalam bentuk crate . “72′ Centerbeam Flat car” ini dibuat oleh pabrikan model Walthers.

Terlihat wajah beberapa loko Diesel jenis C30-7, SDP 35 dan jenis U-30………loko2 tersebut wira-wiri menarik flatcar didaerah pergudangan dan industri pada mini LO MbT, yang selanjutnya melaju di main lain yang memiliki curve minimun 22″ secara lancar.

Loko jenis U-30 dibuat oleh pabrikan Atlas seri Gold dengan dilengkapi QSI sound system, loko tersebut menarik beberapa flatcar berbagai jenis ……..terlihat cukup realistis memadu padankan flatcar dengan loko Diesel ini.

Loko jenis U-30 menarik flat car jenis “81′  4 truck Depressed Center Flat car”….karena muatan sangat berat maka gerbong jenis ini memiliki 4 truck articulated, muatan yang dibawanya adalah Cat Excavator….brand new yang baru keluar dari pabrik siap shipment untuk pesanan Indonesia.

“81′  4 truck Depressed Center Flat car” ini sangat panjang hampir sama panjangnya dengan gerbong penumpang, biasanya memang mengangkat mesin2 extra berat industri seperti Trafo Listrik,  Turbin atau Ketel raksasa untuk pembangkit tenaga listrik, dan karena bagian tengah yang rendah maka rangkaian gerbong ini dapat melewati terowongan atau dibawah jembatan lebih aman, dan aslinya dibuat dengan material khusus baja hightensile strength dengan bobot ringan namun sangat kuat.

Bisa kita bayangkan bagaimana manuver di mini LO MbT….untung “81′  4 truck Depressed Center Flat car” dilengkapi sistim articulated truck sehingga dengan lincah dapat meliuk tanpa hambatan…….sekali lagi yang ini dibuat oleh Walthers Goldline series.

Dilatar belakang terlihat  jenis “4  axle 90 Ton GSC Depressed center flatcar”……..juga buatan Walthers Goldline series…..ternyata pabrikan Walthers ini cukup lengkap memproduksi jenis2 gerbong yang unik seperti ini, dan Walthers menempatkan pada Goldline series nya, mantab!

Kalau yang satu ini merupakan jenis Cushioned Load flatcar, merupakan flatcar yang juga dilengkapi dengan sistim bantalan konon memiliki travel hingga 20″….seolah sebagai shockbraker aktif. Muatan jenis kayu memang sangat laku dinegri Amrik sana, gerbong ini dengan road name Union Pacific dan TTX dibuat cukup detail oleh Athearn dan sudah lengkap dengan load nya, MbT mendapatkan disalah satu Hobbyshop di Jakarta……dan ternyata kalau beberapa unit dirangkaikan cukup menawan juga.

Gerbong ini cukup panjang 60′ lebih namun cukup pendek alias ceper……..keren banget dengan warna kuning armour yellow khas Union Pacific, namun jangan lupa gerbong2 flat car trsebut kalau pindah jalur harus liwat TO #5 keatas supaya aman atau kecuali mengganti coupler menjadi jenis yang “long”.

Jenis Bulkhead pembawa pipa juga merupakan produk Athearn….diproduksi tahun 2006, saat ini agak sulit mencari jenis ini, khususnya yang memiliki road name Union Pacific, tahun 2006 produk ini bisa kita dapat juga disalah satu hobby shop di Jakarta………gerbong buatan Athearn memiliki sistim roda yang baik serta coupler yang sesuai dan umumnya memiliki panjang gerbong sekitar skala 1:87 dari 62′.

Sedikit beda dengan yang diproduksi oleh Walthers seri Goldline, walau detail lebih lengkap namun kebanyakan flatcar pruduksi Walthers panjang2 antara 72′ sd 81′ skala 1:87, sehingga para ModelRailroader harus menyiapkan jalur extra panjang dengan cuve min 24″ supaya lebih realistis.

Melihat simpang siur flatcar ukuran panjang sebaiknya disimulasikan pergerakannya menggunakan speed pelan sekitar 15 km/jam sehingga dapat menikmati kelebihan masing2 jenis flatcar  lengkap dengan muatannya tersebut.

Loko yang menarikpun harus dilengkapi dengan sound system, sehingga menimbulkan kesan ramai….apalagi kalau LO nya tidak terllu besar maka mata kita dapat memantau seluruh pergerakan flatca tersebut.

Tak lupa karena flatcar tidak dilengkapi ruangan atau awak kabin, maka MbT menambah caboose jenis Wide vision dengan road name Union Pacific buatan Athearn pada ujung belakang rangkaian flatcar tersebut…….lumayan lucu.

Saran MbT coba miliki beberapa jenis flatcar dan rangkaikan dengan gerbong yang lain pasti juga akan menarik, pabrikan yang membuat flatcar yang detail adalah Walthers, Intermountain, Athearn dan Atlas.

6 Responses to Flat car dapat angkut alat berat….

  1. oki kurniawan says:

    Pak Mukti koleksinya memang mantab…

  2. sugeng is says:

    Advisor bagi penggemar kereta model …. tambah mantab koleksinya ya pak… salam

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks p’Sugeng atss komenya, saya sekedar membagi informasi mudah2 an ada manfaatnya dan supaya para model railroader makin semangat, salam

  3. Selo says:

    semakin panjang aje nih rangkaian blog ini.

    artikel si hidung merah baru muncul, rupanya ada saudaranya ya, hehe….

    salut!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: