All Grey……but still UP

Model Loko steam memang merupakan jenis loko yang sangat menarik untuk dijadikan koleksi, apalagi kalau kolektor mendapatkan jenis loko yang legendaris seperti Big Boy, Challenger, Mikado dan lain sebagainya…….hal ini dikarenakan detail yang sangat unik dengan pernak-perniknya. Selain itu model loko steam yang tergolong mempunyai jenis yang baik memang mengeluarkan smoke secara life dan keluar sesuai gerakan torak rodanya yang merupakan kelebihan dari model loko steam.

Salah satu jenis loko yang melegenda adalah the Challenger, loko steam buatan pabrik ALCO (American Locomotive Company) ini memiliki konfigurasi roda 4-6-6-4 dan merupakan loko dengan articulate komposisi pertama hasil pengembangan kepala Teknik perusahaan perkereta apian raksasa UNION PACIFIC dan diproduksi sekitar tahun 4o an…dan kali ini bedanya warna yang dilaburkan adalah all Grey and white stripe.

Challenger merupakan pilihan loko steam yang tampil di mini LO MbT , hampir seluruh penggemar kereta api model Amrik yang serius pasti mengkoleksi jenis ini……..yang menarik dari Challenger #3983  adalah karena berwarna abu2 dan ternyata sangat cocok kalau dipadu padankan dengan gerbong penumpang jenis Heavy Weight milik UP yang juga berwarna abu2

Awalnya Challenger dibuat untuk mengantisipasi beban yang sangat berat yaitu puluhan gerbong barang yang harus ditarik melewati dan menanjak diperbukitan Wasatch di Utah dan daerah barat Wyoming , dengan diciptakannya Challenger yang mempunyai kemampuan daya tarik tinggi dengan konfigurasi rodanya 4-6-6-4 dapat dengan mudah bermanuver di tikungan yang tajam….ini berkat sistim konfigurasi roda articulate.

Challenger mempunyai panjang total dengan tender 40m lebih dan berat hingga 567 ton dan bayangkan saja pada saat itu sebuah loko steam dapat lari dengan kecepatan hingg 130km per jam, …….sehingga tidak salah kalau akhirnya digunakan juga untuk menarik gerbong penumpang.

Model dari Challenger ini sudah banyak dibuat oleh pabrikan2 kereta model terkenal, namun yang terakhir kali muncul adalah produk yang patut diacungi jempol yaitu Challenger buatan pabrik MTH yang secara detail telah memproduksinya di Korea…..

Challenger yang satu ini ternyata bukan saja mantab di bodynya yang terbuat dari die cast namun detail perniknya sangat lengkap mulai dari bell, lampu, pipa2, cabin, jendela dan juga figur masinisnya….ini merupakan keseriusan MTH untuk menyuguhkan yang terbaik.

MTH memproduksi beberapa road number dan MbT mujur mendapatkan salah satunya dengan warna abu2 # 3983, perlu diingat setiap pabrikan ini meluncurkan produknya secara cepat selalu sold out disemua hobby shop di Amrik sana dalam waktu hanya beberapa bulan saja…..dan tidak ada 2nd round produksinya

Beberapa detail termasuk plakat dan tulisan dibuat sangat halus sehingga tidak terbaca kalau tidak dengan kaca pembesar atau saat difoto menggunakan lensa Macro. Bagian detail seperti railing, hand grap dan pipa2 terbuat dari metal, juga tender nya pun terbuat dari die cast sehingga loko Challenger ini memiliki berat yang mantab lumayan sehingga pada LO pun dapat menarik puluhan gerbong.

Detail dibawah dek dapat dilihat roda dengan jari2 nya, batang torak dan piranti lain yang semuanya terbuat dari metal dan bergerak sesuai prototype nya. Loko ini dilengkapi dengan 4 cylinder yang juga dibuat sangat detail sesuai dengan prototypenya.

Hal yang makin menambah nilai yaitu dengan dilengkapinya electronic board sound decoder Proto Sound 3.0 yang menghasilkan berbagai suara secara lengkap, mulai dari Horn, Bell, bunyi steam, bunyi brake yang berdenyit, suara masinis memasukkan coal dengan scop, suara buangan steam yang semuanya dapat diatur dengan kontrol digital. Gerakan torak rodanya pun sinkron dengan suara yang dihasilkan oleh ProtoSound 3.0.

Belum selesai soal sound……pada salah satu fungsinya para modeller dimanjakan dengan suara komunikasi antara masinis dengan pihak tower, juga suara penumpang saat naik gerbong yang disapa oleh kondektur dan komando saat loko akan jalan…….semua itu hanya dapat diaktifkan denga alat kontrol yang memiliki 28 fungsi….apabila tidak ya tentunya hanya terbatas pada fungsi2 tertentu.

Kata Challenger memang sangat populer berkaitan dengan rangkaian kereta penumpang, namun ’40 an beberapa gerbong jenis Double door box telah dicat warna abu-abu dengan tulisan The Challenger sekaligus menjadi billboard berjalan…..dibuat sekitar July 1940 dan wira-wiri didaerah Portland.

Jangan lupa bahwa Challenger produk MTH ini sudah dilengkapi dengan life Smoke yang sinkron dengan gerakan torak rodanya, ini berkat elektronic system ProtoSmoke yang mulai populer dikalanga para penggemar kereta api model sejagat.

Soal lighting system Challenger dilengkapi lampu utama didepan, kemudian number board yang juga menyala sehingga # number dapat dengan jelas terbaca. Selain itu Challenger buatan MTH ini dilengkapi marker light warna merah pada bagian belakang tender serta cabin light yang dapat dikontrol melalui F5, dengan keberadaan cabin light maka wajah masinis dapat terlihat dengan jelas.

Pada kesempatan ini Challenger tidak tampil tampil sendiri, dia ditemani pendahulunya yang juga berwarna abu2 yaitu jenis Northern 4-8-4, loko ini memang agak jarang dikoleksi pehobby lantaran fisiknya tidak terlalu besar, namun kalau kita melihat sejarahnya…..wah bukan main…..Union Pacific telah mengoperasikannya dengan baik untuk menarik gerbong penumpang dan bahkan konfigurasi roda yang 4-8-4 menjadi salah satu ide untuk pengembangan menjadi 4-8-8-4 milik Big Boy.

Kata Northern diberikan karena awalnya loko jenis 4-8-4 ini dimiliki oleh Northern Pacific Railway, loko ini selain dibuat oleh pabrik ALCO juga dibuat oleh pabrik Baldwin, dan Union Pacific mengoperasikan sebanyak 45 unit…..salah satunya yang berwarna abu2 saat ini tampil di mini LO MbT.

Northern 4-8-4 ini dilengkapi smoke deflector dibagian depannya yang khusus milik UP bentuknya menyerupai kuping gajah……I like it…..dibagian depan juga terlihat markir light warna merah yang umumnya sangat jarang dipasang dijenis loko yang lain……..konon loko jenis ini sangat laku dan beredar diseluruh dunia.

Dengan bangga Northern bersanding dismping Challenger, kualitas produk Genesis ini cukup baik dengan detail yang lumayan lengkap, body terbuat dari plastik ABS namun dibuat dengan warna abu2 doft sehingga tidak kentara kalau materialnya non metal. Memang ukurannya lebih pendek dan lebih rendah dibanding Challenger tapi masih terlihat gagah.

Performa produk Genesis ini tidak kalah kalau dibanding Challenger hanya saja saat beroperasi di curve 22″ Northern terlihat melambat dibandingkan Challenger dikarenakan roda yang  axle nya kurang lincah bermanuver……berdasarkan ini pula teknisi Union Pacific terus mengembangkan sehingga menemukan konfigurasi articulated wheel 4-6-6-4 Challenger dan 4-8-8-4 Big Boy.

Gerbong yang ditarik adalah gerbong penumpang jenis Heavy weight Pullman yang memiliki 6 axle roda, gerbong penumpang ini sangat terkenal dan berjaya pada era keemasan Railroading di negri paman Obama sana. Beberapa jenis gerbong mulai dari ACF 70′ Heavyweight baggage car, coach, dinner car dan Pullman Heavyweight Solarium observation car yang terletak paling buntut terlihat mantab.

Detail gerbong buatan Walthers cukup lengkap, mulai tulisan yang crispy, tangga, jendela, pegangan tangan serta detail bagian bawah telah dibuat oleh Walthers dengan lengkap, Wlthers saat ini merupakan pabrikan gerbong yang memproduksi dengan varian lengkap, terakhir Wlthers dengan bangga telah memproduksi seri UP City Streamliner yang cukup menghebohkan

Gerbong yang berwarna abu2 khas Union Pacific memang sangat matching dengan loko Challenger ataupun Northern, gerbong tersebut out of the box belum dilengkapi dengan lighting, alhasil MbT harus menambahkan Light Kit keluaran Walther yang khusus diproduksi untuk gerbong ini, warna lampu yang kemerahan sangat cocok dan mengingatkan era cowboy.

Sound system Northern yang dicangkokan oleh Genesis memang mengeluarkan suara yang lebih keras dibandingkan dengansuara yang dimiliki Challenger, namun suara Challenger jauh lebih bulat dan merdu…….memang harga tidak bisa dibohongi, juga soal lampunya Northern memiliki lampu yang bersinar lebih terang namun menurut MbT lebih realistis lampu yang dimiliki Challenger.

Sangat mengasyikkan mengoperasikan loko steam dengan sound yang lengkap, bunyi desis dan gerakan torak serta asap yang mengepul merupakan daya tarik tersendiri, dan saat malam hari volume suara dapat diatur lebih kecil sehingga tidak mengganggu tetangga….

Khusus untuk MTH yang rodanya dilengkapi traction tyre maka loko Challenger ini dengan mudah dapat menarik gerbong sebanyak 8 gerbong penumpang tanpa halangan…..sayang gerbong penumpang hanya dapat beroperasi di curve 24″.

Pada simulasi operasi setelah langsir maka Challenger dan Northern masing2 mengambil jalur utama dengan arah trafik sebelah kanan…..dan selama operasi Challenger yang memang sudah dilengkapi dengan smoke sanggup membuat aroma diseluruh sudut ruangan, MTH  telah menyediakan 1 tube smoke fluid didalam box nya.

MTH memang merupakan pabrikan kereta model yang sudah siap masuk kekelas Premium, dengan menggunakan Korea sebagai basis produksi ternyata telah dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan mutu produk Loko Steam.

Kalau kita lihat dari mulai box luar berwarna hitam dengan tulisan Orange menunjukkan kelas mewah belum lagi busa dibagian dalam sangat rapi dan aman untuk melindungi loko produknya tersebut.

Tanpa komentar lagi kalau memang ingin mengkoleksi kereta jenis Steam maka pilihan MTH tidak akan salah

2 Responses to All Grey……but still UP

  1. maba says:

    lagi, benar benar blog ini menyajikan sangat detail..

    yang menarik yaitu yg di desain untuk mentarik melewati dan menanjak diperbukitan..hmm mantap..
    pas liat Challenger di youtube larinya kenceng bgt, pergerakan torak roda dan aungan horn nya mantabs….
    mau nanya ni om MbT, konfigurasi roda pada umumnya apa saja ya? dan pengaruhnya kemana ya?
    Ok sekian dulu, sudah banyak pengetahuan dri baca blog om MbT ini….
    terima kasih banyak..

  2. Nurul Aziz says:

    sumpah tuh loko challanger bikin para kolektor kepincut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: