Switcher operation……memang mengasyikkan

…..kali ini MbT ingin berbagi cerita…ternyata Switcher operation di mini LO memang mengasyikan, pertama dipilih jenis switcher yang layak beroperasi didaerah industri atau loko switcher yang lebih besar yaitu road switcher….untuk jenis switcher ini dipilih jenis loko EMD type SW7 keluaran BLI Paragon2, juga jenis road switcher EMD type SD24 keluaran Atlas Gold series……dan tak kalah pula tampil Fairbanks Morse loko yang bentuknya sederhana kotak2 namun lucu.
 
Switching operation ini adalah praktek memindahkan rangkaian gerbong dari satu jalur ke jalur yang lain, atau menarik rangkaian pendek gerbong didaerah industri untuk nantinya akan ditarik oleh loko lain pada jalur main lain.


 
Alhasil switcher operation hanya maju mundur jarak pendek…..turn out ki ka……sebentar rem sebentar klakson……sedikit gas kemudian mundur…..bunyi bell bunyi percakapan masinis….dst …semua pergerakkan hanya di area panjang 2m sehingga seluruh switcher operation dapat dipantau dengan mata langsung.

Yang dipilih jenis loko yang sudah dilengkapi dengan sound decoder, sehingga switcher operation terdengar seru dan ramai….apalagi diselingi dengan percakapan antar masinis dan station serta bunyi rem yang selalu berdenyit saat loko akan berhenti.


 
Keistimewa loko SW7 Paragon2 ternyata mempunyai kelebihan EMF dan sound yang telah disesuaikan dengan switching operation….contohnya saat mulai menarik beberapa gerbong dan melaju….maka derum Diesel memperdengarkan seolah suara yang berat menarik beban diawal tarikan….selanjutnya sound Diesel terdengar naik turun seperti kekurangan tenaga…hingga akhirnya loko melaju normal dengan suara Diesel yang nyaring!

Semua ini dioperasikan sempurna dengan menggunakan alat kontrol throttle Digitrax DT402 yang dilengkapi dengan 2 tombol pengaturan 2 loko secara bersamaan dan memiliki 28 fungsi! Dua jempol untuk Paragon2 dan Digitrax Super Chief

Detail loko jenis switcher memang tidak terlalu rumit, tapi beberapa pabrikan terkenal membuatnya dengan sangat teliti termasuk lighting system dan warna loko yang sangat disesuaikan dengan prototype nya.

Detail loko pada switcher sangat menarik termasuk figure, bell, railing, anak tangga, wiper jendela, horn, cerobong asap yang semuanya merupakan daya tarik tersendiri.

Pada simulasi switching operation MbT memindahkan rangkaian gerbong boxcar dan reefer yang dipindahkan oleh switcher SW7 dari jalur ke 4 masuk ke jalur utama (main line) yang kemudian ditangkap oleh road switcher jenis Fairbanks Morse yang sangat terkenal itu selanjutnya rangkaian gerbong dibawa kelokasi lain setelah pada rangkaian buntut ditempelkan caboose jenis cupola.

Sementara pada jalur 1 juga melintas di arah berlawanan rangkaian tanker car yang ditarik oleh road switcher tersohor SD24 high nose, berhubung dijalur 2 tersebut sedang menanti sebuah switcher lain jenis SW7 yang menarik sebuah caboose untuk rangkaian jalur 2, maka si Faibank and Morse melewati jalur siding sebentar…..sehingga rangkaian gerbong terlihat meliuk melalui turn out #4 dengan indahnya.

Switching operation ini beroperasi didaerah industri yang merupakan nuansa utama mini LO MbT, industri tepung gandum dan pergudangan merupakan daerah yang asyik untuk dijadikan background sebuah switching operation.

Selanjutnya rangkaian kereta melaju dengan ditarik road switcher melewati area pertambangan batu-bara dan pedesaan serta daerah tambang pemecah batu berputar mengelilingi mini LO MbT dengan sound mantab yang dihasilkan oleh loko SD24 high nose produksi Atlas Gold series.

Rangkaian kereta selalu melalui viaduck yang juga merupakan ciri khas mini LO MbT……viaduct dapat juga dijadikan batas nuansa dari industri ke pertambangan dan dari daerah Industri ke small town….sekaligus diatas viaduct dapat menampilkan berbagai jenis kendaraan roda 4 sesuai era yang merupakan daya tarik tersendiri.

Rangkaian kereta akan selalu melewati dan melintas country road yang didaerah itu selalu siap railfan lengkap  dengan cameranya untuk mengabadikan kereta sedang lewat. Loko selalu berjalan perlahan didaerah ini karena memang mendekati daerah country road track station.

Atlas master series memang merupakan brand menengah yang selalu mengeluarkan produknya dalam 3 varian, pertama adalah Silver series DCC ready yang dilengkapi soket 8 pin untuk decoder, kemudian Silver series DCC equiped yang merupakan loko yang sudah siap beroperasi di LO digital dan yang merupakan varian paling atas adalah Atlas Gold series karena sudah dilengkapi sound decoder yang cukup ciamik dengan suara yang cukup lengkap dan membahana.

Ternyata dengan hanya menggunakan lahan yang relatif tidak besar dapat mengembangkan hobby Model Railroading dengan asyik, yaitu mengoperasikan loko jenis switcher ditambah dengan beberapa gerbong ukuran 40′.

Loko dan gerbong dapat dipilih dari beberapa era sesuai kegemaran.

Karena pengoperasian swicher ini relatif berjalan lambat maka kita dapat dengan puas menyaksikan pergerakan loko dan gerbong dengan teliti serta memiliki kesempatan untuk memperhatikan detail yang dimiliki loko maupun gerbong2 nya……contohnya kita dapat melihat wajah masinis yang sedang stress dan dengan jelas dapat melihat detail yang dimiliki reefer box ataupun box car.

Gerbong produk Intermountain dan Trix merupakan gerbong yang memiliki detail lumayan serta warna yang sangat menarik, tulisan dan logo juga tercetak sangat crispy.

Pada umumnya setiap pehobby memiliki beberapa jenis switcher ukuran kecil lengkap dengan beberapa gerbong seperti jenis diatas untuk dapat dioperasikan di LO yang terbatas……swiching operation dapat juga dipilih jenis era modern yang menampilkan box car sd 60′ atau tanki sd 33k gallon bahkan dapat juga berupa kereta penumpang dsb

…….switcher operation memang mengasyikkan.

Catatan : untuk dapat melihat detail memang harus menggunakan lensa makro…

2 Responses to Switcher operation……memang mengasyikkan

  1. subchan says:

    Sepertinya semakin asyik kalo switchernya buatan MTH, yg ada digital couplernya. proses langsiran akan semakin mantap. Wkwkwkkkkkk
    Ditunggu penampakan switcher MTH di blog MBT.

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks bung Subhan, namun sayang MTH belum mengeluarkan jenis switcher

      MTH dalam waktu dekat masih akan mengeluarkan loko penarik kereta jenis penumpang yaitu setelah sukses dengan SD70, Veranda, Little Joe dan Big Boy maka akan menyusul jenis FA, Alco PA dan Bi Polar electric train (yang ini antik banget dah)

      Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: