Motif gunung di UP-Rio Grande SD70Ac

Semua mata menatap tanpa kedip ketika loko Jenis SD70ACe keluaran pabrik terkenal EMD meluncurkan loko Diesel dengan warna cat yang sangat unik dan kereeen habis, yaitu dalam rangka mengingat merger antara UP – SP dengan Rio Grande.

Laburan cat loko tersebut menggambarkan panorama pegunungan yang merupakan daerah yang selalu dijelajahi atau merupakan route kebanggaan  Denver and Rio Grande Western….warna dasar kuning khas DRGW dengan warna pegunungan hitam merupakan paduan warna yang sangat kontras…….bagian atap loko dan bagian atas hidung loko diberi warna abu2….jadilah suatu kombinasi yang sangat menarik.

Prototype loko ini memiliki daya yang sangat besar yaitu Diesel EMD dengan traction horse power 4,300 HP, panjang loko mencapai +/- 25m dengan berat hingga 200tons dan dapat menempuh kecepatan 70mph…bukan main

Konon grafis tersebut diberikan melambangkan pria dan wanita….yang selalu bepergian dengan melalui perjalanan yang cukup melelahkan…..dimulai dari DRGW dibeli SP pada 1988 dan kemudian SP merger dengan UP pada tahun 1996…sedangkan loko ini diberi nomor samping UP 1989.

Seri UP heritage ini merupakan deretan loko Diesel type SD70Ace milik UP yang memang diberi warna/cat untuk mengenang beberapa perusahaan KA raksasa di Amrik yang merger dengan UP termasuk Katty, CNW, SP, MP dan Western Pacific.

…dan yang paling hebat adalah model nya telah dibuat oleh pabrikan model railroad terkenal MTH dan Athearn juga KATO versi N scale nya…..pada kesempatan ini Masinis bin Taro mujur mendapatkan model produk MTH yang sangat kondang tersebut. MTH membuat dengan warna yang sangat mirip dengan prototypenya.

MTH SD70ACe seri DRGW ini melaju di mini LO MbT secara consist dengan posisi dibelakang loko UP SD 70Ace warna kuning Armour Yellow lengkap dengan bendera Amrik yang berkibar…….kedua loko ini berjalan sangat kompak mengitari mini LO MbT dengan menarik beberapa belas gerbong tanpa ada aral melintang.

MbT merangkaikan dengan menarik kombinasi gerbong Insulated box car PC&F  62′ pembawa beer berwarna orange Rio Grande the Action road juga Insulated box car UP PC&F 62′ warna kuning lengkap dengan UP shield keluaran pabrik model yang baru muncul 2 tahun lalu ExactRail seri Platinum……selain itu juga menarik beberapa gerbong tank 30K gallons khusus pembawa Ethanol produk pabrik model lawas terkemuka Walthers juga seri Platinum……kedua pruduk ini menyuguhkan detail yang sangat mengagumkan.

Kembali ke loko Diesel SD70ACE produk MTH……..sudah tidak diragukan lagi dengan electronic produk ProtoSound 3.o lengkap digital remote uncoupler merupakan sound system yang patut diacungkan jempol, suara yang menggelegar dikeluarkan dari dua speaker yang terletak ditanki bawah……..khas MTH sound dan lighting akan berfungsi setelah mengaktifkan fungsi F3 terlebih dulu.

Suara khas komunikasi radio antara masinis dan station merupakan andalan MTH disetiap produknya……sound level dapat diatur 8 posisi cukup keras terdengar di kuping ………serta suara deruman mesin Diesel  16 cilynder yang gemuruh terdengar sesuai besar throttle putaran mesin dan menghasilkan speed scale 1 mph.

Klakson dan bell terdengar sangat keras dan jernih…..digabung dengan ditchlight yang berkedip saat horn difungsikan merupakan standar keselamatan railroad di USA termasuk peraturan head lamp yang akan meredup saat loko berhenti.

Karena berat loko yang lumayan juga menambah traksi sehingga mampu menarik puluhan gerbong pada track mendatar secara mantab……dan loko buatan MTH ini dapat bernegosiasi dengan mudah pada curve 18″

Kalau kita lihat dibagian bawah deknya maka terlihat warna silver mulai dari depan hingga belakang termasuk warna truck, warna perpipaan, warna hydraulic brake system dan juga warna seluruh tangki bahan bakarnya….hal ini beda dengan warna loko UP yang serba abu2……….dengan dilabur warna silver maka loko ini terlihat lebih mewah.

Memang pada ulasan saat ini MbT lebih menfokuskan pada warna Grafis Rio Grande ditambah grafis Gunung2 yang sangat spektakuler………..warna2 tersebut sangat netral sehingga apabila dikombinasikan dengan warna gerbong hampir semua warna cocok…mulai dari warna orange, Kuning, Biru, Hijau, abu2, Putih apalagi Hitam…..semuanya cocok.

Pada bagian samping tetap terpampang logo UP shield dengan semboyannya building America serta road # yang dilengkapi huruf UP didepan angka 1989…..road # inipun dengan jelas terlihat juga pada number board yang menyala saat lighting diaktifkan.

Pada hidung SD70Ace ini masih terlihat logo Main Line Rio Grande bulat seperti stempel…hal ini merupakan penghormatan dari UP yang sangat berharga bagi pihak Rio Grande railroad maupu para penggemarnya…….dan dengan berakhirnya era Rio Grande maka makin banyak para penggemar kereta model mengejar colector item ini.

MTH memproduksi loko Diesel ini dengan material plastik ABS yang sangat berkualitas dengan detail dan railing dari brass. Semua detail sudah terpasang rapi kecuali snow plow warna kuning yang masih harus dipasang. Box nya pun walau sederhana namun cukup aman karena seluruh bagian loko terlindung styrofoam berkualitas.

Pabrikan MTH memang sangat peka dalam berbisnis kereta model, sebagai contoh begitu prototype loko Diesel ini diproduksi oleh EMD tahun 2006 an dan meluncur sekitar tahun 2007……..tidak terlalu lama langsung MTH memproduksi modern tooling nya…..dan pada tahun 2008 sudah digembor-gemborkan……pada tahun 2009 produksi batch pertama sudah dikirim dari Korea ke Amrik untuk dipasang decoder sound nya…..

….dan sejak itu para hobby shop sudah membuka preorder untuk seluruh type, MbT mujur mendapatkan batch yang pertama ini……memang seri Rio Grande termasuk belakangan keluarnya bersama SP dibanding kloter sebelumnya  yaitu UP, KATY dan CNW

Lain halnya dengan pabrikan Athearn yang belakangan baru menawarkan produk semacam ini dengan harga yang sama……tentu saja secara bisnis sudah tertinggal dan untuk mendompleng ketenaran MTH yang sudah meloncat lebih dulu tidak lah mudah……sebagai contoh MbT pasti tidak ingin memiliki yang produk Athearn tersebut….kan sudah punya MtH……kondisinya akan lain kalau Athearn menjual dengan separoh harga..

Tidak bosan memandangi loko tersebut melaju dengan halus dengan kecepatan scale 1 MPH ditambah menarik rangkaian gerbong tanki warna hitam cap “Jagung” membawa ethanol ……loko Diesel SD90ACe Rio Grande ini prototypenya menarik segala gerbong mondar-mandir di lajur Amerika Utara bahkan sampai perbatasan Canada katanya……dan juga sering dijumpai consist menarik rangkaian gerbong Batu-bara.

Kalau di mini LO MasinisBinTaro….bebas saja terkadang tarik box car cocok, tarik container car juga cocok, tarik tanki ethanol 30K cocok sekali dicoba tarik gerbong batu-bara UP warna Silver gak kalah kerennya….pokoknya warna loko Rio Grande tersebut memang Top Markotop.

Loko seri UP heritage ini sangat menawan dan layak dijadikan koleksi, baik ditinjau dari kualitas body nya, mutu grafis dan huruf2 yang dibuat sangat crispy seperti krupuk, warna yang akurat, mekanisme yang halus dan electronic decoder board keluaran Proto Sound 3.0 yang belum tertandingi……….para penggemar sebaiknya segera memesan sebelum kehabisan stock.

Jangan salah pesan karena MTH mengeluarkan dua versi, pertama lengkap dengan DCC sound dan remote coupler dan yang satu lagi hanya DCC ready yang harganya jauh lebih ekonomis beda USD100 an.

KEEP ROLLING MAN!

3 Responses to Motif gunung di UP-Rio Grande SD70Ac

  1. subchan says:

    mantapppppp.
    salut nih sama MBT selalu dapet koleksi yg luar biasa….
    ditunggu koleksi-koleksi mantap lainnya.
    (mode racun on)

  2. Do'i says:

    Salam kenal Oom Mukti.
    Maaf, meski sdh bbrp tahun berkunjung ke blog MBT, baru kali ini posting.

    Saya selalu sumringah setiap kali melihat koleksi kamod & LO Oom Mukti, apalagi hasil jepretan kameranya indah niaaan…

    Setiap ulasan yg Oom buat sgt informatif.
    Mudah-mudahan Oom Mukti semakin sering lagi membuat ulasan krn berarti ada koleksi baru yang bisa utk referensi & menyegarkan mata…he…he…he…

    Oom kalau berkenan tolong bimbingannya ya, saya baru terjerumus nih di kamod (baru mulai starter set)
    ^_^!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: