Union Pacific F7…..sederhana tapi perkasa

Hampir semua Model Railroader serius memiliki koleksi loko yang hidungnya mirip seperti Bulldog…..loko tersebut keluaran pabrik beken Electro-Motive Corp. (General Motor’s Electro Motive Division) sering disingkat EMD.

Loko seri F ini lahir tahun 1939 dan terakhir diproduksi tahun 1960……sejarah F series ini sangat panjang dengan mengeluarkan berbagai varian dan yang populer adalah seri F3, FP, FT dan F7 …..saking terkenalnya maka para pabrikan kereta model berlomba-lomba memproduksinya dengan berbagai kelebihan masing2……dan tentunya model2 tersebut menjadi fotogenic dibeberapa majalah …..

Kalau UP F7 tampil di cover majalah top artinya layak untuk dijadikan referensi koleksi, terlihat F7 A-B Union Pacific sebagai freight loco menarik rangkaian beberapa gerbong beragam jenis seperti hopper car, box car, tank car, reefer car ataupun cabboose.

Pada kesempatan ini MbT  dengan sudut yang berbeda ingin mencoba membuat rangkaian serupa……bermodal dengan loko F7A-B  warna kuning Union Pacific serta beberapa gerbong yang diproduksi oleh berbagai pabrikan kereta model……maka jadilah rangkaian kereta barang melaju di mini LO MbT….walaupun tidak persis namun rasanya cukup puas dapat mengkoleksi item yang serupa….

Kerena kepopulerannya dan sering terpampang dimajalah populer…..maka penampilan tersebut sering dapat dijadikan inspirasi untuk para Model Railroader…..termasuk MbT tentunya…

Mulai dari lokonya, loko F7 ini adalah produk dari BLI kelas Blue Line dengan out of the box DC sound ready artinya MbT harus mencangkokkan power decoder…dan dipilih Digitrax DZ 125…..hasilnya mantab maju lancar. Loko F7 A-B merupakan powered loko sehingga kekuatan daya tarik F7 A-B ini cukup besar dan mampu menarik puluhan rangkaian gerbong dielevasi 0 – 1 derajat tanpa ada masalah……

Karena kedua unit A-B merupakan loko yang masing2 dilengkapi dengan sound maka nada yang dikeluarkan bagaikan nada stereo surround sound system……sangat merdu dipadu dengan fitur sound yang lengkap termasuk horn dan bell yang merupakan nada yang paling sering dibunyikan.

Kalau kita perhatikan bentuk /wajah loko jenis F7 ini masih tergolong sangat sederhana, namun bentuk yang menyerupai moncong bulldog ini memang sangat legendaris dan lokonya pun mempunyai kemampuan yang lumayan saat itu dengan mengusung Diesel Engine EMD  (General Motors – Electro Motive  Division) yang masing2 memiliki kekuatan 1500hp.

Konon sesuai literatur jenis F7 ini telah diproduksi oleh pabriknya sejumlah 2,366 untuk A unit dan 1,483 untuk yang B unit pada era February 1949 – December 1953………dan sampai saat ini masih ada beberapa unit yang masih dapat dioperasikan setelah mengalami restorasi dan retrofit………hasilnya sangat menakjubkan.

Diatas track mini LO MbT, rangkaian F7 ini berjalan sangat lancar melalui kombinasi curve 18″ dan 22″ serta berbelok pada turn out #4……….konfigurasi roda BB nya pun yang merupakan power pickup dari loko ini terlihat lincah meliuk-liuk dengan kecepatan 50% throttle Digitrax. Loko F7 A-B ini memiliki coupler yang pendek dan pada antara A dan B terdapat “harmonica” sehingga agak sulit kalau melepas kedua unit tersebut.

Detail lain yang dapat kita perhatikan adalah fan grill berbentuk lingkaran yang terletak diatas atap loko tersebut, bagian bawah dek nya pun terlihat cukup lengkap, termasuk pintu sampin dan tangga naik. Pada bagian jendela kaca depan terpasang dua buah wiper kiri kanan yang sangat detail dan halus merupakan daya tarik tersendiri.

Warna kuning Armour Yellow dan atap kombinasi warna abu2 Harbour mist Grey serta strip warna merah merupakan ciri warna Union Pacifi yang hampir dikenal oleh semua pe hobby kereta model ini……dibagian depan hidung terpampang logo UP shield dengan bentangan sayap berwarna biru, tulisan Union Pacific tertera pada dinding samping kiri dan kanan bersamaan angka yang menunjukan road number loko ini.

Digital sound untuk produk BLI Blue Line ini terkenal memilik speaker yang menghasilkan suara yang keras, pada awalnya loko ini hanya dilengkapi DC sound decoder sehingga untuk mengoperasikan di LO DCC maka perlu dican

MbT merangkaikan F7 ini dengan beberapa belas gerbong barang beraneka ragam jenisnya, hal ini memang disesuaikan dengan prototype saat tahun 1950 dimana rangkaian gerbong masih beraneka ragam. Contohnya dapat kita lihat bahwa F7 ini menarik rangkaian hopper pembawa semen curah gerbong ini diproduksi oleh Atlas, juga terlihat menarik gerbong tanki minyak dan bahan chemical, terlihat pula menarik beberapa gerbong reefer pembawa buah pisang dan jeruk.

Gerbong jenis box car memang merupakan gerbong yang populer saat itu, jenis ini memiliki panjang 40′ dengan single door disamping kiri dan kanan untuk mengangkut aneka muatan……..selain itu flat car juga masih banyak terlihat dengan mengangkut khusus muatan2 yang sulit dimasukan box car.

Detail dari gerbong2 tersebut cukup lumayan, box car merupakan produk TRIX yang sudah tidak diragukan lagi mutunya termasuk presisi knuckle couplernya dan metal wheel nya……..Reefer car merupakan produk saudara tuanya yaitu produk Marklin…….reefer car memiliki label UP dan SP yang merupakan pasangan ideal sejak jaman dulu sebelum kedua perusahaan ini merger.

Gerbong tanki minya merupakan produk dari Athearn dengan road name Union Pacific, sedangkan flat car merupakan produk Bachman yang diproduksi lengkap dengan load besi – pipa – peti kayu, dan tentunya dengan road name Union Pacific pula.

Sistim lampu untuk loko F7A ini cukup royal, mulai dari head lamp yang posisinya tepat dihidungnya terpasang dua Head Lamp atas bawah, number board nya pun memiliki lampu yang menyala terang sehingga sudah terlihat dari kejauhan……belum lagi kokpit lamp yang menyala terang sehingga figur masinis dapat terlihat cukup jelas.

Sistim lampu dapat dikontrol secara digital on/off, namun warna lampu memang masih terlihat merah karena hal ini disesuaikan dengan prototypenya………termasuk saat loko mundur tidak ada lampu penerangannya.

Oh ya…detail lain yang sangat khas adalah jendela bulat disamping dan grill stainless steel memanjang yang terpasang pada loko A dan juga B.

Loko F7 ini makin kita lihat dan nikmati secara detail ternyata tidak membosankan, apalagi kalau pengambilan foto dilakukan secara Macro/close up……wuih ternyata memang arsitek yang membuat tampang Loko ini sangat jempolan, dilihat dari sudut manapun terlihat sexy.

Justru dengan kesederhanaan dan minimalis detail merupakan daya tarik tersendiri, terbukti model loko jenis ini terus diproduksi…..bahkan saat ini mulai banjir untuk tawaran preorder jenis2 serupa seperti F3 Santa Fe dan E8 Union Pacific

Sesuai ulasan diatas ……..MbT sangat puas dengan kinerja F7 AB buatan BLI Blue Line tersebut……..walaupun sederhana namun tenaganya perkasa, terbukti sudah mampu menarik puluhan gerbong di track datar.

Soal detail yang sederhana sudah terobati dengan warna kuning yang akurat, sound yang menggelegar dan traksi yang mantab……….item ini layak dijadikan koleksi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: