UP “Veranda” masih mempesona….

 

Kita ketahui setelah Union Pacific melakukan beberapa kali uji coba dan penelitian maka perusahaan kereta api terbesar di Amrik ini memesan 15 unit “Veranda”  baru yang memiliki otot sebesar 4,500 HP dari pabrik General Electric.  Loko ini memilik panjang hingga 35 feet dengan cabin didepan serta memiliki exterior walkways dari depan kebelakang disamping kiri dan kanan menyerupai beranda maka disebutlah “Veranda”……dan sampai sekarang model UP “Veranda” masih mempesona…

Sejarah telah mencatat dibalik  “kehebatan”  loko ini yaitu memiliki Horse power besar ternyata dicatat pemakaian bahan bakar yang tinggi  dan karena menggunakan tenaga gas turbine maka memiliki tingkat kebisingan yang tinggi.  Namun Veranda memang namanya sangat populer, fenomenal dan bombastis.

Model dari Veranda ini juga lengkap dengan tender bahan bakar telah dibuat oleh MTH dengan material die cast, warna kuning armour yellow  dan strip merah kombinasi atap warna abu2 harbour mist grey merupakan ciri khas Union Pacific yang hurufnya dicetak krispi pada samping kiri dan kanan serta pada tender bahan bakarnya.

 

Veranda yang mempunyai konfigurasi roda 4-4-4-4 yang digerakkan dengan tenaga gas Turbine dan pada kondisi tertentu dapat hanya digerakkan dengan Pony Diesel, memang terlihat panjang dan menarik. 

Model Veranda keluaran MTH ini dilengkapi dengan 4 motor yang bergerak harmonis dengan electronic system yang dikeluarkan dengan label Proto 3.0.

Dengan dikombinasikannya  dengan empat set sistim penggerak masing2  empat roda disetiap kelompok hal ini membuat tenaga yang stabil saat melewati tikungan…..dan memang  Veranda ini khusus dibuat untuk mampu menarik beban hingga  beribu  ton kereta barang atau penumpang menaiki tanjakan dengan elevasi di pegunungan .

Para Model Railroader yang serius pasti mengkoleksi seri loko Gas Turbine yang legendaris ini, MbT menampilkan modelnya yang merupakan loko kedua yaitu dengan menggunakan nomor kepala #63, sebelumnya MbT pernah menampilkan Veranda keluaran dari pabrikan Lionel dengan #66. Tidak mudah untuk mendapatkan road number ini kalau tidak preorder beberapa bulan sebelumnya.  Model Veranda memang sudah mulai diproduksi oleh pabrikan kondang model railroad yang lain seperti oleh pabrikan Athearn kelas Genesis walau dengan material plastic ABS.

MbT memvisualisasikan Veranda #63 ini untuk menarik rangkaian gerbong penumpang yaitu beberapa gerbong jenis bud series yang terdiri dari berbagai jenis gerbong penumpang termasuk Vista dome, gerbong ini diproduksi oleh pabrikan kereta model Walthers  namun tetap dengan road name UNION PACIFIC.

 

Loko Veranda buatan MTH ini merupakan loko DC/DCC sound dengan sudah dilengkapi sistim sound decoder terbaru buatan Proto Sound 3.0  ( kalau produk Lionel menggunakan sound decoder QSI Quantum ).  Juga dilengkapi Proto Smoke sehingga  unggulan Veranda versi baru ini selain memiliki segudang sound dan digital uncoupler, loko ini dilengkapi dengan dua smoke generator yang merupakan unggulan yang ditonjolkan.

MbT  tertarik dengan road number #63 karena termasuk nomor yang lebih tua dibandingkan Veranda yang pernah MbT miliki sebelumnya yaitu #66 keluaran Lionel tahun 2004, selain # tersebut MTH juga mengeluarkan Veranda beberapa road number yang lain seperti #65, #70, #71 dan juga #73.

Tampilan warna kuning yang memang agak redup dibanding Armour Yellow nya produk Lionel tidak terlalu menjadi daya tarik khusus, pabrikan MTH setiap merilis loko UP warna Kuning memang demikian yang katanya telah membuatnya sangat  realistis mulai dari warna body, ukuran dan detailnya….ini menandakan keseriusan pabrikan untuk membuat produknya tampil beda. Huruf Union Pacific pada tanki BBM sebagai tender  menggunakan huruf yang lebih kecil.

 

Bicara detail?…sudah tidak perlu diragukan lagi karena pihak MTH sudah mempunyai cetak biru dari pabrikan  Alco dan telah membayar royalti yang besar kepada UP  sehingga MTH pasti berusaha keras untuk membuat modelnya sedetail mungkin, dan hasilnya sebuah produksi “generasi modern ” demikian disebutkannya, yang sangat sarat dengan fiture electronic dan saat ini digemari dan diburu para model railroader.

Performa “Veranda” MTH ini pun tidak perlu diragukan lagi, dengan dicangkokkannya DCC Sound decoder produk  Proto 3.0 ini merupakan gebrakan MTH, suara /soundnya sangat lengkap untuk dimainkan dengan kontroler 29 fungsi, lightingnyapun cukup terang termasuk backup light di tender dan number board, smoke stack sudah siap mengepulkan asp dari hasil tetesan smoke liquid yang sudah tersedia dalam box…..dan yang penting adalah dapat melaju untuk menarik belasan gerbong didaerah elevasi sd 2% serta artikulasi rodanya sangat membantu untuk bernegosiasi pada jalur curve 18″ dengan mantab. Selebihnya memang harus dicoba sendiri……loko ini cukup layak dijadikan koleksi……c/w smoke man!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: