Loko hitam strip Orange hasil merger UP-SP

Southern Pacific dan Union Pacific merupakan perusahaan perkereta apian raksasa yang malang melintang melayani jalur kereta penumpang dan barang didaerah Amerika Utara….namun tanpa disangka dan dinyana dengan beralasan faktor ekonomi maka pada tahun 1996 bergabunglah kedua perusahaan raksasa tersebut dengan UP sebagai Induknya.

Untuk mengenang peristiwa tersebut, pihak Union Pacific saat memesan loko Diesel seri SD70Ace secara khusus memesan agar beberapa loko Dieselnya dilabur dengan warna2 perusahaan kereta api yang sudah merger dengan UP, antara lain yaitu Southern Pacific.

Untuk yang satu ini Union Pacific membuat desain dengan sangat indahnya yaitu loko Diesel berwarna hitam legam dengan memberikan strip dari depan kebelakan  dengan warna yang mencolok yaitu orange tua dan orange muda dengan warna putih sebagai pemisahnya. Hal ini mengingatkan dengan warna legendaris yang digunakan Southern Pacific pada rangkaian kereta penumpang “Daylight” yang tersohor saat itu.

Dibagian depan loko ini masih terpampang logo lingkaran Southern Pacific diatas strip orange, nomor lambungnyapun sangat khusus yaitu # UP 1996 yang merupakan tahun merger kedua perusahaan tersebut.

Pada lambung samping tertulis motto Proud Heritage dan Powerful Future yang didampingi logo UP Shield lengkap dengan semboyan Building America…….SOUTHERN PACIFIC tertulis dengan sangat tegas disamping walaupun demikian loko ini sangat terlihat UP nya…………pewarnaan loko seperti ini tidak lain hanya untuk mengenang saat merger yang merupakan sejarah bagi mereka.

UP juga mewarnai loko SD70Ac yang lain dengan warna khas perusahaan yang telah diakuisisi seperti Denver and Rio Grande, MKT theKaty, Chicago and North Western juga Western Pacific.

Membicarakan modelnya lebih menarik lagi, bayangkan saja loko Diesel baru SD70Ace Southern Pacific heritage series yang telah lama dinantikan para model railroader …….telah dipasarkan dan didistribusikan kepada para dealer diseluruh dunia oleh pabrikan model tersohor MTH. Pabrik ini telah memproduksi dengan sangat detail dan akurat, dimulai dari warna body yang sangat mirip dengan aslinya, serta gabungan mekanisme serta elektronik yang sangat menunjang kemampuan operasionalnya.

MbT mujur bahwa preorder yang telah dilakukan sejak 6 bulan lalu telah landing dengan selamat……alhasil gak sabar lagi langsung ditest…..dan hasilnya memang sesuai dengan prediksi yaitu mantab maju lancar.

Performance SD70ACe buatan MTH sudah merupakan standar loko Diesel kelas menengah atas, loko ini memiliki body terbuat dari ABS plastic, dengan warna serta printing letter yang presisi menarik dan rapi. Detai dari body beberapa terbuat dari bahan brass yang merupakan khas produk MTH termasuk railing, horn, fan grill, sun visor dan wiper.

Seluruh grill merupakan bagian yang menjadi unggulan lantaran see through….hal ini secara tidak langsung membantu pula sirkulasi udara dan pendinginan motor, bahkan fan grill diatap memiliki detail yang bombastis , spektakuler karena fan blade dapat berputar ( free running ).

Kisi-kisi udara, handle pembuka bukaan samping, jendela dan pintu2 serta hand grip dibuat sangat teliti dan detail sehingga merupakan sasaran jepretan lensa kamera makro yang sangat menarik. Hand brake wheel, railing dan anak tanga juga dibuat akurat dan memiliki skala yang baik sehingga apabila modeller menempatkan figur didaerah tersebut akan sangat sesuai dan menarik.

Sedikit dibagian bawah dek terlihat tangki bahan-bakar yang memanjang kebelakang dengan memiliki detail termasuk lobang pengisian, lobang pipa duga dan pipa udara. Diatas tanki terlihat tabung udara kompressor tidur rata seperti guling dilengkapi dengan detail pipa-pipa.

Loko produk MTH ini telah dilengkapi dengan sistim lampu yang sesuai dengan prototype, headlamp terletak tepat ditengan dahi loko, double light tersebut dilengkapi dengan detail visor dibagian bawah supaya tidak silau mengganggu masinis, ditchlight merupakan kelengkapan lampu yang sudah standar di Amerika untuk menunjang Operasi keselamatan yang kalau dikombinasikan menyala dengan headlight maka terlihat segitiga titik lampu.

Ditchlight dapat diatur menyela/mati atau osilasi saat horn diaktifkan, selain itu number board nya pun dilengkapi lampu yang menyala dengan mengaktifkan salah satu fungsi dan bersamaan pula menyalakan lampu kabin. Untuk lampu belakang akan otomatis menyala saat loko bergerak arah mundur…….lampu-lampu tersebut menyala warna putih terang dan sangat focus.

Untuk sound board decoder, MTH telah sukses dengan mengaplikasikan sound Proto 3.0 yang terintegasi pula dengan digital uncoupler yang sudah menjadi standar loko-loko produksi MTH.

Sound yang dihasilkan melalui double speaker yang terletak pada tanki dan menghadap kebawah menghasilkan nada digital yang sangat menarik. Variasi sound sangat lengkap dan masing2 bunyi secara individual dapat diset sesuai keinginan, volume suara sendiri memiliki 8 tingkatan volume.

Sebagai ciri khas MTH seluruh aktivasi sound dan lighting harus dimulai dengan mengaktifkan terlebih dahulu fungsi F3, kalau tidak maka loko akan berjalan tanpa suara dan lighting……seperti kereta hantu……serammm!!

MbT telah menguji pula kemampuan motor dari produk ini, hasilnya memang mantab, motor bekerja sangat halus baik suara maupun gerakannya, sehingga knop kontrol cukup diputar step demi step sudah terlihat gerakan yang melaju maju lancar.

Kemampuan tarik loko ini memang powerful sesuai dengan motto “Powerful Future”, pernah ditest untuk menarik gerbong puluhan unit…..loko ini dengan gagah masih dapat bergerak secara mantab. Karena dilengkapi dengan sistim EMF maka loko ini dapat berjalan secara perlahan didaerah industri…..dan jangan lupa loko ini mempunyai bobot yang cukup berat sehingga menambah traksi gerakannya.

Simulasi diatas mini LO MbT telah dicoba dengan menggandeng rangkaian gerbong reefer type 57′ berwarna orange, sehingga terlihat sangat mecing……gerbong2 tersebut dipilih dari produksi pabrikan InterMountain yang juga telah memproduksi gerbong secara detail, termasuk see through grill pada ruang compressor nya, grap rail dan anak tangga juga dibuat secara detail dan akurat, roda RP25 juga dibuat sangat presisi yang menggelinding sangat halus seolah tanpa gesekan.

Secara keseluruhan memang saat ini MTH merupakan pabrikan unggulan dengan saingan terdekatnya adalah Paragon2 dan Athearn Genesis……..jujur MbT masih memilih MTH sebagai andalan armada UP nya.

6 Responses to Loko hitam strip Orange hasil merger UP-SP

  1. Oki Kurniawan says:

    Loko nya mantab sekali P.Mukti….,Setelah Katy dan Southeren Pacific tampil, Di Tunggu Pak, penayangan UP heritage Western Pacific, Missouri Pacific, Rio Grande, dan Chicago North Western….!

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks bung Oki, untuk yang C&NW sudah pernah saya tampilkan sebelumnya…….unt yang DRGW masih dalam wish list, namun kalau yang WP dan MP MbT kurang minat.

      Next posting akan saya coba consist UP-KATY-C&NW-SP

      Salam

      • Oki Kurniawan says:

        Oo iya….C&NW sudah tayang…., consist nya pasti keren…, cuma bisa ngiler aja nih hehehehe….

  2. Mas Eko says:

    Salam kenal Bung Mbt.
    Menurut saya loco seri MTH ini ini top abis, performance mesin selevel produk kato, plus fitur coupler digital, membuat produk ini punya ranking paling tinggi dengan loko lain harga sebanding. Sayangnya programming-nya cuma bisa ops mode.
    Yg bikin saya penasaran, kalo saya dilihat2, MTH SD70Ace yg seri SP ini lebih terlihat mantab & realistis dari seri UP kuning.
    Saya punya yg seri kuning (#8444) terlihat lebih “cungkring”, karena kesan underframenya kosong jika dilihat dari samping. Apa betul untuk seri SP ini punya chasis lebih tebal dan truck tempat roda nya beda dengan yg seri UP kuning ato ada perbedaan lain? Tolong diliatin & dibandingin ya Bung Mbt dgn si Katy ato UP 8321, secara Bung Mbt punya seri lengkap.
    Trims banyak
    Eko

    • muktiwibowo9 says:

      Salam kenal juga untuk mas Eko di Aussie,

      Senang tambah kolega se hobby. Ulasan mas Eko mengenai kelebihan SD70 MTH itu benar dan satu hal lagi yang penting adalah bobot bodynya lebih berat dibanding KATO.

      Pertanyaan mas Eko mengenai bagian bawah loko tsb, setelah saya amati sebenarnya konstruksinya sama, namun bagian bawah deck kedua loko tersebut memiliki warna yang berbeda (UP kuning bawah abu2 dan SP bagian bawahnya berwarna silver sesuai asli)

      Sementara itu dulu mas

      Thks sudah mengunjungi blog saya

      Salam Mukti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: