Loko Amerika aroma Jepun……

Yang dimaksud dengan loko Amerika mempunyai aroma Jepun, karena loko model dari loko Diesel type SD38-2, loko EMD AC4400, loko C44-9W dan gerbong pembawa container MAXI IV Gunderson 53′ adalah merupakan loko dan gerbong khas Amerika namun dengan kualitas yang bagus dibuat oleh pabrikan KATO Jepun.

Loko SD 38-2 buatan General Electric merupakan loko yang laris manis, karena hampir seluruh perusahaan perkereta apian di Amrik membeli dengan jumlah yang banyak. Loko ini merupakan loko yang tidak terlalu besar dan banyak berfungsi sebagai road switcher.

Modelnya banyak dibuat oleh pabrikan terkenal….dan model ini juga dibuat oleh KATO dari negri Jepun, dengan kualitas yang mantab walau out of the box detail belum lengkap terpasang…..warna harbour mist Grey dan armour Yellow serta strip warna Merah merupakan paduan warna  yang harmonis.

Model Amrik aroma Jepun ini juga sangat sukses karena produk KATO ini menjadi jaminan bahwa loko ini memiliki motor yang aduhai smooth dan bertenaga, sehingga konfigurasi roda C-C dapat terlihat melaju dengan mantab.

Disetiap operasi switching didaerah industri terlihat beberapa engineer atau masinis berdiri pada geladak SD38-2 ini yang memang geladaknya cukup luas dibanding dengan jenis loko lain……lihat saja loko jenis SD38-2 ini memiliki geladak/deck keliling. Loko dengan road name Union Pacific ini mempunyai road #UPY 833 yang merupakan road # khusus hasil penomoran ulang untuk operasi didaerah yard.

Untuk memenuhi hasrat model railroader berkreasi mendekati suasana realistik maka pabrikan figure juga memproduksi beberapa posisi engineer/masinis…….Mbt pun ingin mencoba berdiri mejeng diatas deck SD38-2 KATO

Pada saat switcher SD38-2 menunggu sinyal untuk melaju……rangkaian UP yang terdiri dari consist 3 loko AC4400 dan C44-9W lewat dengan gagahnya menarik intermodal transportation rangkaian double stack Gunderson Maxi IV dengan membawa container 48′ dan 53′ …..

Yang menarik perhatian adalah ketiga loko yang berjalan secara consist tersebut asli sangat terkenal di Amrik bahkan GE telah membuat ratusan unit dan dioperasikan oleh beragam perusahaan terkenal bahkan seri terakhir merupakan jenis  C44-9W yang merupakan loko Diesel dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi serta emisi gas buang yang rendah.

Model loko ini dibuat pula oleh pabrikan Jepun KATO dengan sangat baik terutama kualitas motornya yang powerfull dan halus bahkan suaranya nyaris tidak terdengar….

GE AC4400 merupakan loko Diesel dengan tenaga 4400hp, KATO memproduksi beberapa road # diantaranya #5799 yang memiliki ciri pada lambung kiri dan kanan dipampang bendera Amrik sedang berkibar sebagai moto spirit bangsanya, selain itu ada juga dengan road #5727……

Seluruh loko Diesel buatan KATO ini DCC ready sehingga MbT harus mempersiapkan decoder dan speaker unitnya dan untuk AC4400 ini KATO merekomendasikan penggunaan sound decoder buatan Digitrax, hasilnya lumayan bagus untuk power dan lighting control, untuk suaranya MbT melihat speaker kurang memiliki nada bass, walau secara keseluruhan sudah cukup nyaring kalau 2 loko bersuara bersamaan

Untuk lead loko, MbT menempatkan loko Diesel KATo type C44-9W, untuk jenis ini pabrikan KATO terlihat meningkatkan kualitas dengan sudah memasangkan detail pada loko sejak out of the box……sangat membantu para model railroader. Loko dengan road #9564 adalah jenis C44-9W……dengan mantab menjadi lead/top loko pada consist 3 loko tersebut……hasilnya mantab maju lancar.

Loko type AC4400 dan C44-9W merupakan loko era modern, lighting dibagian depan sudah dilengkapi dengan ditchlight yang terpasang diatas deck dan dapat dikontrol nyala-mati melalui digital controller serta dapat berkedip saat horn diaktifkan….warna lightingnyapun sangat realistis sesuai prototype tidak terlalu putih, double headlamp terpasang tepat dihidung loko dan number boardnya pun dilengkapi penerangan sehingga road# dapat terlihat jelas.

Double stack Gunderson Maxi IV adalah gerbong khusus pengangkut container dan yang satu ini mampu mengangkut double stack hingga panjang 53′ yang merupakan jenis container yang panjang (normal yang sering kita lihat di Betawi panjangnya 40′). Walaupun gerbong Gunderson tersebut juga dapat mengangkut ukuran container yang lebih pendek, dengan instruksi bahwa yang panjang supaya ditumpuk/diletakkan dibagian atas.

Gerbong pengangkut container jenis Double stack Gunderson Maxi IV ini dengan sangat akurat dibuat oleh pabrikan Jepun si KATO, untuk road name MbT memvisualisasikan dengan road name TTX yang mempunyai armada segambreng dinegri paman Obama tersebut. Double stack Gunderson Maxi IV ini ditarik dengan loko consist dengan rangkaian gerbong berjumlah puluhan.

Kalau kita perhatikan cab dari loko C44-9W……ada perbedaan dengan AC4400 yaitu bahwa loko seri C44-9W ini memiliki pintu pilot didepan yang juga dilengkapi dengan jendela, dan ruang depan terlihat lampunya nyala saat lighting loko diaktifkan.

Detail loko ini lumayan menarik termasuk railing dan grab railnya, soal warnanyapun MbT melihat KATO membuat warna sangat sesuai dengan prototypenya (MbT pernah membandingkan dengan foto asli yang pernah dimuat di majalah LOCOMOTIVE beberapa tahun silam

Sedikit tambahan untuk Double stack Gunderson Maxi IV dibuat oleh KATO terbuat dari composit metal dan plastic, sehingga mempunyai bobot yang mantab dan hal ini sangat berpengaruh pada saat lari kencang melibas tikungan curve 22″ mini LO MbT. Gerbong dengan bergandeng sistim artikulasi tiap 3 gerbong sangat stabil dan tanpa melaju mantab tanpa masalah, pabrikan Jepun KATO ini juga memproduksi rodanya dengan sangat presisi bahkan putaran rodanya menurut MbT merupakan yang terbagus dibanding dengan model produk pabrikan lain.

Memang sangat menarik memperhatikan rangkaian consist Diesel UP AC4400/C44-9W dengan mengganding belasan gerbong Double stack Gunderson Maxi IV, meliuk diatas mini LO Mbt……ketiga loko tersebut memiliki sound decoder Digitrax sehingga saat beroperasi menghasilkan suara Diesel 4400hp meraung-raung dengan sesekali terdengar selingan nada Horn khas Digitrax.

Detail model loko buatan negeri Jepun ini lumayan lengkap dari mulai atas sampai bawah, dari depan sampai belakan, namun sayang belum dilengkapi figure masinis…..walau memang KATO telah menjualnya secara terpisah.

Perhatikan juga Double stack Gunderson Maxi IV membawa container warna putih…..terlihat sangat kontras dan menarik, KATO juga memproduksi container 53′ bahkan sudah dilengkapi dengan magnet sehingga para model railroader tidak khawatir akan terjatuh saat menikung. Hal ini membuktikan bahwa Aroma Jepun sangat lengkap.

Perlu dicatat pula bahwa KATO disetiap produknya memasang knuckle coupler mcHenry type yang sangat presisi dan coupler ini terpasang tanpa “jenggot” yang terkadang mengganggu didaerah turnout untuk track code 83.

Sayang copler ini hanya mempunyai ukuran panajang medium size, memang kalau untuk turn out #5 dan curve 22″ tidak bermasalah, tapi jangan dicoba di Turn out yang lebih kecil karena akan mengakibatkan loko atau gerbong jatuh terbalik, antisipasinya yaitu merobah/mengganti dengan coupler yang ukuran long…..hasilnya mantab!

Tiga loko consist dengan konfigurasi 2 maju dan 1 berjalan mundur, rangkaian gerbong Double stack Gunderson Maxi IV dengan membawa container dan loko yard switcher SD38-2 kesemuanya adalah kental mencerminkan Amerika….namun karena kesemuanya dibuat oleh pabrikan kondang KATO maka tidak bisa dipungkiri Aromanya menjadi Jepun alias berbau Teriyaki……

Lihat detailnya yang sangat fungsional dan rapi, mekanikal dan motornya yang sangat handal ditambah serta placard tulisan peringatan yang krispi seperti kripik kentang dan warna yang matching dan menarik, itu semua merupakan kelebihan yang perlu diperhitungkan. MbT sangat menggemari produk2 Jepun ini dan untuk selanjutnya terserah anda.

…..Bye bye

2 Responses to Loko Amerika aroma Jepun……

  1. subchan says:

    mantab pak koleksi katonya.
    saya dah buktikan sendiri motor kato memang sangat halus
    “nyaris tak terdengaar”
    kerapiah detailnya pun top banget.

    • muktiwibowo9 says:

      Thank you bung Subchan, dan KATO memang salah satu pabrikan yang masih memproduksi kereta model diluar China…..yaitu di Jepun, bahkan pabrikan kondang group Marklin yaitu TRIX sdh buka pabrik di China…

      Yang penting kita rolling terus bung!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: