SD 60 tarik PS 60′ ……

Loko terkenal  SD60 merupakan loko buatan EMD yang muncul sejak tahun  1984, pabrikan EMD pada awalnya memperkenalkan lokonya dengan menggunakan mesin Diesel seri 710. Pada SD 60 ini EMD mempromosikan kekuatan mesin Diselnya yang mencapai 3800 hp, diketahui dari sumber EMD melalui websitenya bahwa  SD60 yang telah menggantikan loko andalan sebelumnya seri SD40 dan SD40-2.

Konon kabarnya secara kuantitas setiap tiga unit SD60 ini dapat menggantikan  empat unit SD40-2………………..dan diawal 1989, Union Pacific lah yang menjadi pelanggan pertamar membeli loko jenis SD60 ini yang mempunyai sebutan “North American Cab” yang merupakan pesanan khusus armada Union Pacific. Terdapat sedikit perbedaan dibandingkan pada  “Conventional cab” , bahwa  versi “North American Cab”  memiliki posisi handbrake dipindah kebelakang yang sebelumnya dibagian depan.

Perusahaan kereta api UP gak tanggung-tanggung langsung memesan sejumlah 85 unit untuk type SD60 dan sejumlah 281 unit untuk type SD60M (hand brake posisi dibelakang), sehingga perusahaan terbesar ini memiliki jumlah armada UP SD60 total mencapai 366 unit.

Bahkan selanjutnya setelah UP merger dengan C&NW  ditahun 1995, maka UP memiliki tambahan loko jenis SD60 ini sejumlah  55 unit lagi type SD60 , total sudah menjadi 421 unit loko SD60. Tentunya setelah SP dan D&RGW yang juga memiliki beberapa SD60 setelah merger ke UP pada tahun 1996 otomatis jumlah armada SD60 milik UP makin bertambah lagi.

Union Pacific dengan armada SD60 nya yang begitu besar maka hampir disemua lini transportasi UP dapat terlihat SD60 yang selalu berjalan beriringan alias consist……..terkadang juga consist dengan loko Dash 8 -40C namun tetap SD60 diposisi depan sebagai lead loko.

Loko SD60 ini menarik bermacam rangkaian gerbong, mulai dari rangkaian gerbong batubara, gerbong container double stack maupun gerbong piggyback.

Order pertama dari SD60 ini armada UP menggunakan nomor pasukan baru seri 6 mulai #6000 sd #6059, kemudia UP menggunakan nomor samping #6060 sd #6084 untuk loko SD60 hasil merger dengan Missouri Pacific dan Western Pacific. Selanjutnya UP menggunakan #6085 sd #6109 untuk loko SD60 yang diterima dari EMD antara Januari-Februari 1989.

Model loko SD60 ini yang cukup populer dan MbT mujur dapat mengkoleksinya adalah produk Athearn kelas Genesis, model loko ini mengambil dari produk loko SD60 yang terakhir karena terlihat kaca depannya 2 buah dan pintu dihidung depan sudah dilengkapi jendela kaca serta terdapat ditchlight dibagian depan bawah model loko ini memiliki nomor #6284…..namun untuk road number generasi awal yaitu #2500 terlihat pintu hidung depan belum dilengkapi dengan jendela pintu.

Model loko SD60 ini dibuat sangat teliti dengan detail yang banyak, termasuk railing, hand grip serta wiper yang dibuat cukup halus…..demikian pula pintu2 yang  engselnya terlihat cukup jelas, kisi2 lobang angin dan lobang radiator disamping, pada bagian atap terlihat detail dari horn, beacon antenna, kipas radiator dan grilnya yang terbuat dari metal. Dibagian bawah yaitu truck mempunyai detail lengkap termasuk brake cilynder, pipa2 hydrolic, serta tanki bahan bakar lengkap dengan tutup tankinya.

MbT memvisualisasikan SD60 menarik PS 60 yang merupakan gerbong barang yang sangat terkenal buatan Pullman, maka gerbong ini pun disebut PS (Pullman Standard) dan memiliki panjan 60′ sehingga dinamakan gerbong PS 60.

Gerbong ini digunakan mengangkat berbagai jenis muatan termasuk muatan yang memilik panjang yang mencapai hampir 60′ yang memerlukan gerbong yang tertutup sebelum dipopulerkannya sistim intermodal menggunakan containers.

Modelnya pun dibuat sangat teliti oleh pabrikan Athern dengan berbagai kelas. Untuk kelas premium yang memiliki detail yang lengkap diproduksi oleh Athearn kelas Genesis, bahkan produk Athearn Genesis ini menawarkan gerbong yang weathered…….sangat romantis dan relistis karena serasa seperti melihat gerbong sebenarnya didepan mata. Athearn Genesis memproduksi PS 60′ ini dengan mengeluarkan beberapa road name antara lain Union Pacific, Western Pacific, Missouri Pacific dan Frisco, semuanya dikemas dalam box mewah dengan bagian samping dan bawah memiliki plastik tembus pandang sehingga sejak didalam box sudah terlihat weathered nya, sayang produk ini sudah discontinue. Sebagai produk lanjutan Athearn mengeluarkan produk PS 60′ dengan kelas Ready to Roll yang memiliki detail yang juga bagus.

MbT mensimulasikan menarik beberapa gerbong PS60 tersebut dengan menggunakan consist loko SD60 dari dua batch yang berbeda, terlihat dari road numbernya #2500 dan #6284 dan jenis pintu hidung depan. Walaupun kalau disesuaikan dengan prototype sedikit ada koreksi yaitu #2500 seharusnya belum dilengkapi ditchliht dan #6284 sudah dilengkapi dengan ditchlight.

Loko SD60 ini aslinya pada pintu dihidung depan tidak dilengkapi dengan jendela pintu, namun setelah diterima pihak UP menambahkan jendela pada pintu hidung depan, termasuk warning beacon diatap cab juga dilepas dan yang penting demi keamanan operasi UP menambahkan ditch lights didepan bawah. Diawal mula SD60 yang merupakan generasi serah terima pertama memiliki 3 buah jendela kaca depan yang belakangan berubah menjadi hanya 2 jendela kaca. Juga handrail samping sedikit mengalami perubahan yang semula rendah menjadi lebih tinggi.

Model SD60 keluaran Athearn Genesis ini telah dilengkapi dengan sound decoder produk Tsunami yang memiliki suara digital yang jernih, akurasi gerak roda yang presisi sehingga loko ini dapata berjalan pelan secara halus walau hanya menggerakkan satu klik putaran tombol controller .

Lighting nya sudah type directional light dengan mengeluarkan cahaya yang sesuai dengan prototype (tidak berwarna bright white). Saat di consist pun dengan MU menggunakan Super Chief dapat berjalan kompak walau coupler harus dignti dengan type long karena alasan manuver di mini LO Mbt, selebihnya semua berjalan sesuai perintah.

Warna armour yellow khas UP dikombinasikan dengan harbour mist grey dan strip merah corak halilintar membuat nuansa yang sangat kontras pada setiap LO. Setelah meliuk di LO dengan menggandeng rangkaian gerbong PS 60 terlihat loko SD60 ini memang sangat gagah.

Tidak fair kalau hanya cerita segi positifnya saja, satu hal yang MbT sesalkan kenapa Genesis tidak melengkapi produknya ini dengan figur masinis dan firemannya…….dan satu hal lagi harusnya pihak Genesis juga meneliti ulang dengan prototype yang banyak diceritakan diberbagai website seperti keberadaan ditchlight dll.

Untuk box pembungkusnya sangat rapi bahkan para modeller merasa kesulitan saat melepas loko dari braket pelindung sebagai alas loko karena pelindung ini dibaut dengan kencang kebagian bawah sekitar tangki loko. Kemudian setelah terlepas MbT harus memasang bagian samping tanki karena merupakan kepingan yang terpisah.

Memang benar kalau dipadu padankan antara loko SD60 produk Athearn Genesis dengan gerbong PS60′ yang juga produk Athearn Genesis, keduanya memiliki detail yang aduhai. Lihat saja sebagai contoh bagian anak tangga digerbong ataupun anak tangga pada loko, keduanya memiliki detail yang sangat halus, juga running board yang see through pada gerbong dan fan grill pada loko keduanya merupakan hasil lasser edge yang perfek.

MbT mujur dapat menemukan gerbong2 Genesis tersebut ….seperti diketahui bahwa Athearn memang sudah tidak melanjutkan lagi produksinya…..mungkin tidak sesuai antara biaya produksi dan harga jualnya, alhasil produk kelas Ready to Roll memiliki downspec alias tanpa running board yang see through serta tanpa weathered. Athearn Genesis saat ini hanya konsentrasi untuk weathered pada jenis loko Big Boy.

Secara keseluruhan MbT merekomendasikan untuk mengkoleksi produk ini walau hanya satu gerbong, pasti memuaskan.

Produk Athearn ini mendapat saingan ketat untuk loko dari BLI Paragon2 dan untuk gerbongnya disaingi oleh Inter Mountain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: