C&NW SD70Ace juga punya digital uncoupler…..ceklik cling!

Setelah UP mengakuisisi C&NW maka loko UP menarik gerbong C&NW dimana-mana dan reporting mark beberapa gerbong mencantumkan logo UP dan tulisan C&NW…….beda dengan lokonya….yang satu ini agak terbalik yaitu Union Pacific dengan bangga justru secara khusus mengkelir loko barunya GE SD70Ace dengan warna khas C&NW kuning dengan two tone warna hijau tua gaya petir lengkap dengan logo C&NW yang terkenal itu (konon warna ini mulai dipakai C&NW sejak 1939).

Loko SD70Ace C&NW ini merupakan seri heritage Union Pacific dan pada loko yang berwarna khas C&NW ini diberi lambang UP shield di lambung kiri kanan dan ditambahkan tulisan motto “PROUD HERITAGE POWERFUL FUTURE” disamping motto BUILDING AMERICA…..yang lebih menarik lagi adalah road numbernya yaitu UP 1995 yang merupakan tahun merger dengan Union Pacific….dan ini merupakan loko kelima dari UP yang diberiwarna dengan warna ex perusahaan yang diakuisisi dari perusahaan lainnya…

Loko ini secara resmi telah keluar dari pabriknya di Northlake,IL dan terpal penutupnya dibuka pada 15 Juli 2006….info dari salah satu website pada kesempatan itu merupakan kesempatan pertama untuk membuat foto dari loko tersebut yang kemudian loko tersebut langsung beroperasi dan tidak pernah lagi secara resmi majang untuk difoto……kalau mau beli fotonya harganya 9 dollar…

Di mini Layout MbT dengan santai loko tersebut mondar mandir dan bebas difoto (yang ini adalah modelnya)….memang setelah loko ini diluncurkan karena sangat menarik beberapa pabrikan model railroad membuat modelnya semirip mungkin dengan skala O – HO dan bahkan yang N.

Sebagai contoh MbT memfoto modelnya yang dibuat oleh pabrikan MTH, dan memang pabrikan ini meupakan pabrik model railroad yang pertama melansirnya, disusul oleh Athearn yang masih dalam proses dan KATO dengan skala N nya juga sudah beredar.

MTH telah memproduksi jenis loko SD70Ace ini sekaligus merupakan langkah awal MTH memproduksi jenis loko Diesel yang memiliki detail yang sangat aduhai dan dilengkapi dengan ProtoSound 3.0 dan Proto coupler (digital uncoupler)…..hasilnya memang tidak diragukan lagi alias mantab! pakai tanda seru.

Mulai dari warnanya yang sangat mirip dengan prototypenya serta tulisan dan logo yang dicetak crispy seperti krupuk, loko HO ini memiliki detail yang sangat lengkap yang belum pernah diproduksi oleh pabrikan sekelas yang lain. Detail anak tangga yang dilengkapi anti slip, railing samping yang terbuat dari metal serta hand grip adalah merupakan detail yang dapat dijadikan patokan kualitas produk loko ini.

Dibagian depan terlihat railing dan rantai pengaman, serta sepasang ditchlight diatas deck serta MU hose yang sudah terpasang secara detail, snow plow merupakan bagian yang dapat dilepas ….karena khawatir lepas/hilang MbT sengaja belum memasangnya…..kan di melayu gak ada snow jadi sah saja.

Pintu kabin dibagian depan lengkap dengan pegangan tangan dan engselnya, logo C&NW didepan yang gagah merupakan detail yang sempurna. Kaca cabin pun dilengkapi wiper serta lis kedap air alumunium yang nyata jelas dan dibagian jendela samping dipasang pelindung sinar matahari.

Pada foto diatas dibagian truck samping secara detail terlihat sistim pipa dan brake cylinder dan satu lagi MTH menonjolkan detail shock absorber yang sangat jelas terlihat dibagian samping dekat roda depan dan belakang….

Kabin loko ini telah siap dengan dua figur masinis yang mengoperasikan loko SD70Ace ini wira-wiri di mini LO MbT, dibagian kepala selain terdapat headlight yang menyala terang lengkap dengan dim sesuai rule 17 dan akan redup saat loko berhenti juga numberboard yang dilengkapi lampu sehingga #1995 terlihat dengan jelas.

Dibagian atap loko ini sudah dilengkapi antenna GPS, horn terbuat dari brass serta fan grill yang see through dibagian atap belakang loko sehingga dengan jelas terlihat fan blade nya. Dibagian belakang dipasang double back up lighting yang menyala terang saat loko berjalan mundur serta tangga/hand grip yang sangat detail……dibagian samping pun MTH menyuguhkan detail see through grill dan pintu maintenance yang terlihat detail handelnya¬†diantara logo dan motto UP-Building America dan terletak dibawah air intake compressor yang melebar kesamping seperti sayap.

Loncat sedikit ke gerbong yang ditariknya, MbT sengaja memadu padankan dengan gerbong khusus FMC covered hopper 4700cub ft dengan panjang 54′ yang memiliki road name C&NW dengan warna hijau tua yang memiliki logo C&NW warna keemasan dan beberapa gerbong berwarna kuning dengan logo ball and bar khas warna asli C&NW yang mentereng terpampang disamping setiap gerbong.

Gerbong ini merupakan jenis Rib side keluaran ACF yang cukup panjang memuat muatan jenis curah, MbT memilih gerbong produk Athearn yang memang dikeluarkan hampir bersamaan dengan keluarnya produk loko tersebut. Mujur MbT mendapatkan 8 gerbong warna hijau tua dengan road # yang unik/berbeda dan 3 gerbong warna kuning dengan road # yang berbeda pula…..yah supaya mendekati prototype lah.

Detail gerbong buatan Athearn ini sangat hebat kalau dibandingkan dengan harganya, mulai dari logo yang crispy serta tulisan/placard yang dibuat sangat halus sehingga MbT harus pakai kaca pembesar kalau membacanya atau cukup dibaca melalui lensa macro…..brake wheel, anak tangga bawah dan juga tangga keatasnya dibuat lebih halus dari produk Athearn sebelumnya sesuai dengan running board diatas yang terbuat dari metal nuansa stailess steel dengan potongan laser yang sangat halus.

Coupler dilengkapi dengan Kadee coupler yang cukup panjang sehingga memudahkan untuk bermanuver di TO #4 tanpa terganggu stabilitasnya, couplerpun terpasang dengan tinggi yang akurat.

mmmmm buntut rangkaian kereta ini tergandeng caboose wideside yang memilik jendela samping yang melebar keluar sehingga petugas didalam dapat melihat rangkaian gerbong didepannya dari samping. C&NW memampang logonya serta reporting mark CNW dan tidak lupa kibaran bendera kombinasi 50 bintang dan strip merah putih terpampang disampingnya……ditambah motto PULLING TOGETHER yang bersahabat.

Caboose ini juga diproduksi oleh pabrikan Athearn dengan jumlah yang tidak terlalu banyak …..lebih dari 3 bulan hunting jenis ini. Semua sistim roda gerbong dan caboose jenis RP-25 terbuat dari polished metal menggelinding sangat lancar dan halus diatas mini LO MbT.

Detail caboose ini lumayan bagus dilengkapi dengan tangga keatas, railing dan wheel brake, cerobong exhaust yang MbT belum pasti apakah cerobong toilet atau pantry juga dibuat cukup detail, seta jendela samping lengkap dengan kacanya yang merupakan daya tarik khusus.

Secara mantab loko SD70ACe buatan MTH ini menarik rangkaian gerbong dengan sangat halus karena dilengkapi fitur EMF serta motor yang halus. Pernah diulas sebelumnya bahwa Proto Sound 3.0 memiliki fitur yang cukup banyak sehingga harus dioperasikan dengan kontroler yang menyediakan 29 fungsi termasuk fungsi lampu.

Lighting yang terpasang selain headlamp dikepala, ditchllight pun dapat dikontrol berfungsi secara otomatis nyala atau dimatikan…..yang pasti saat horn dihidupkan maka ditchlight aktif berkedip. Lampu kabin juga dapat dikontrol nyala dan mati bersamaan dengan lampu pada road #board diatas. Digital uncoupler saat ini sudah merupakan fitur standar bagi loko Diesel MTH (pernah dibahas sebelumnya).

Sehingga secara keseluruhan MbT merekomendasikan produk loko ini selain sistim elektronik dan powernya, detail dan warnanya sangat memikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: