Merilis ulang Big Boy…..

 

Sekali lagi tidak bosan untuk merilis ulang ulasan mengenai lokomotif Uap terbesar yang dikenal dengan panggilan “Big Boy” . Sejarah telah mencatat beberapa kehebatan loko uap Big Boy ini yang memang namanya sangat spektakuler, fenomenal dan bombastis.

Dimulai pada tahun 1941, Alco Locomotive Works membuat loko uap terbesar dalam sejarah kehidupan manusia Big Boy yang dibuat sebanyak 25 unit. Rupanya pembuatan Big Boy ini memiliki alasan kuat karena Union Pacific terus mengembangkan jalurnya dan khusus didaera pegunungan Wasatch , perbukitan Sherman Hill harus dibuat jalur dengan elevasi kenaikan 1.55% …….. untuk membawa muatan jumlah besar melewati jalur tersebut perlu dibantu oleh loko yang mendorong dari belakang dengan istilah Helper loko…..dan ini ternyata menambah biaya yang tidak kecil….

Untuk mengatasi hal tersebut maka pada jam 6 sore tanggal 5 September, 1941 sebuah loko Uap kelas 4000 dengan nama Big Boy #4000 yang memiliki tenaga yang besar, telah diserahkan di Omaha dan beroperasi didaerah Shermann Hill.

Big Boy adalah satu-satunya loko steam yang mempunyai konfigurasi roda 4-8-8-4 yang dikombinasikan dengan dua set sistim penggerak masing2 delapan roda disetiap kelompok hal ini membuat tenaga yang stabil saat melewati tikungan…..dan memang Big Boy ini khusus dibuat untuk mampu menarik beban hingga 3,300 ton kereta barang menaiki tanjakan dengan elevasi 1,14% di pegunungan Wasatch daerah Utah dan belakangan memang dituntut loko memiliki kecepatan rata2 hingga 100km per jam…..dan sampai akhir karirnya pada tahun ’50 an Big Boy masih mampu menarik rangkaian hingga 3,300t tanpa bantuan loko helper…….ini menyimpulkan selain hebatnya Big Boy juga  Union Pacific memiliki team pemeliharaan yang handal.

 Ke 25 Big Boys tersebut menggunakan bahan bakar batubara yang mempunyai kalori rendah dan ditambang dari tambang batubara di Wyoming yang dimiliki oleh group Union Pacific ………belakangan satu BigBoy dengan #4005 dikonversi dengan menggunakan bahan bakar oil namun ternyata tidak berhasil seperti eksperimen sebelumnya yang ditrapkan pada loko seri Challenger , sehingga segera dikembalikan lagi dengan menggunakan batubara.

….setelah perang dunia II terjadi krisis dengan meningkatnya biaya buruh dan harga batubara serta munculnya lokomotif yang lebih efisien dengan sistim Motor Diesel…..sehingga armada Big Boy yang malang melintang menarik rangkaian gerbong barang mengakhiri debutnya pada tanggal 21 Juli 1959…….memang masih ditinggal kan 4 unit BigBoy yang masih dapat beroperasi didaerah Green River, Wyoming hingga 1962….setelah itu digantikan oleh loko Diesel dan Gas Turbine. (disadur dari wikipedia)

Para Model Railroader yang serius pasti mengkoleksi loko steam yang legendaris ini, MbT mencoba menampilkan modelnya yang merupakan loko kedua yaitu dengan menggunakan nomor kepala #4001. Tidak mudah untuk mendapatkan road number ini kalau tidak preorder beberapa bulan sebelumnya.  Model Big Boy memang banyak diproduksi oleh pabrikan kondang model railroad namun yang satu ini dengan #4001 keluar dengan kondisi weathered hanya diproduksi oleh pabrikan Athearn kelas Genesis.

MbT memvisualisasikan Big Boy #4001 ini untuk menarik rangkaian gerbong barang yaitu beberapa gerbong jenis box car 40 feet , gerbong ini diproduksi oleh pabrikan kereta model lain namun tetap dengan road name UNION PACIFIC.

Loko Big Boy buatan Genesis ini merupakan loko DC/DCC sound dengan sudah dilengkapi sistim sound decoder terbaru buatan SoundTraxx Tsunami menggantikan sound decoder QSI Quantum yang biasanya digunakan pada Big Boy Genesis buatan tahun 2004 sebelumnya. Sehingga  unggulan Big Boy versi baru ini selain memiliki laburan body Weathered dari pabrik maka   SoundTraxx Tsunami juga merupakan unggulan yang ditonjolkan.

Kalau untuk MbT yang menarik justru dengan road number #4001 karena termasuk nomor yang lebih tua dibandingkan Big Boy yang pernah dikeluarkan sepert #4005 juga keluaran Genesis tahun 2004, terdapat juga BigBoy dengan beberapa road number yang lain seperti #4004, #4007, #4011, #4013, #4014, #4019 dan juga #4023.

Tampilan Weathered yang tidak terlalu berat merupakan daya tarik khusus, pabrikan Genesis telah membuatnya sangat realistis mulai dari body, cylinder, torak, roda dan detail yang lain semuanya tidak lepas dari sentuha weathered….ini menandakan keseriusan pabrikan untuk membuat produknya tampil beda. Huruf Union Pacific dan road number 4001 masih tampak terbaca jelas…

Bicara detail?…sudah tidak perlu diragukan lagi karena pihak Genesis sudah mempunyai cetak biru dari pabrikan Alco dan telah membayar royalti yang besar kepada UP  sehingga Genesis pasti berusaha keras untuk membuat modelnya sedetail mungkin, dan hasilnya sebuah “maha karya” demikian disebutkannya, yang sangat digemari dan diburu para model railroader. Detail sangat lengkap dan kalau kita bandingkan dengan produk lain yang harganya 2x lipat atau lebih maka Genesis ini tidak kalah lengkap detailnya.

Performa Genesis BigBoy ini pun tidak perlu diragukan lagi, dengan dicangkokkannya DCC Sound decoder produk SoundTraxx Tsunami ini merupakan gebrakan Genesis, suara /soundnya sangat lengkap untuk dimainkan dengan kontroler 29 fungsi, lightingnyapun cukup terang termasuk backup light di tender dan number board, double smoke stack sudah siap menerima drop in smoke unit Seuthe #9 atau #10….dan yang penting adalah salah satu pasang rodanya dilengkapi traction tyre sehingga cukup laju untuk menarik belasan gerbong didaerah elevasi sd 2% serta artikulasi rodanya sangat membantu untuk bernegosiasi pada jalur curve 18″ dengan mantab. Selebihnya memang harus dicoba sendiri……loko ini cukup layak dijadikan koleksi

3 Responses to Merilis ulang Big Boy…..

  1. maba says:

    Mumpung masih dlm suasana lebaran 1432H, minal aidin wal faidzin ya Om MbT, mohon maaf lahir dan batin.🙂
    ‘Big Boy is The biggest, the strongest, the grandest American steam locomotive’ by pantrex
    bener-bener mantap ni…
    apalagi kalau bisa liat kepulan asap yang keluar diatasnya…wuiihh..guagaahhe pol rek…
    hehehe

  2. s2k26 says:

    nggak ada rencana menambahi koleksinya dengan Allegheny 2-6-6-6
    karena pada kenyataannya Allegheny merupakan lok uap yang lebih kuat dibandingkan big boy

    • muktiwibowo9 says:

      Allegheny 2-6-6-6 merupakan loko uap legendaris, MbT saat ini sengaja membatasi dengan koleksi dari loko milik UP namun tidak menutup kesempatan dikemudian hari dapat mengkoleksi seperti CapForward dan juga allegheny
      Thanks atas komen nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: