Diesel Amerika aroma Jerman

Loko Diesel ALCO PA merupakan jenis Diesel yang cukup terkenal didunia perkereta apian, yang umumnya kalau berjalan selalu consist  AA atau AB , loko Diesel ALCO PA ini kalau yang PA dilengkapi cabin unit dan kalau PB yang merupakan booster  tidak dilengkapi cabin unit , dan loko ini banyak digunakan untuk menarik gerbong penumpang.

ALCO PA dibuat di Schenectady, New York  di negeri paman Obama yang merupakan  kerjasama antara pabrikan American Locomotive Company (ALCO) dan  General Electric (GE) pada rentang waktu Juni, 1946  sampai Desember, 1953.

Loko ALCO PA ini mengusung mesin Diesel type 16-cylinder bertenaga 2,000 hp dan disalurkan ke trucks type CC tiga poros…..

Loko jenis ALCO ini dibuat sejumlah 250 unit yang dimiliki oleh beberapa perusahaan perkereta apian era waktu itu termasuk Santa Fe…..Union Pacific. Armada Union Pacific sendiri memiliki delapan unit ALCO PA dan enam unit ALCO PB yang merupakan kelas 600 yang digunakan untuk menarik rangkaian gerbong penumpang dan pada tahun 1955 dikonversi dengan merubah gearbox penggerak untuk penggunaan  menarik rangkaian kereta barang (freight train service) . Pada tahun 1964 akhirnya jenis loko ALCO ini dipensiunkan dan salah satu unitnya masih dipertahankan beroperasi hingga tahun 1968 sebagai lokomotif percobaan.

Model loko jenis ALCO ini kemudian dibuat oleh beberapa pabrikan model railroad seperti BLI, PCM, MARKLIN dan TRIX. Pada kesempatan ini MbT menyajikan ulasan salah satu model railroad yang terkenal yaitu buatan pabrik Jerman TRIX dengan mengeluarkan konfigurasi Double unit Diesel merupakan model railroad dengan loko jenis ALCO PA-PA.

MbT memvisualisasikan ALCO ini untuk menarik rangkaian gerbong barang yaitu beberapa belas gerbong pengangkut bayubara……..kenapa demikian karena secara bersamaan pabrikan MARKLIN/TRIX juga mengeluarkan seri gerbong pengangkut batubara dengan jenis yang tidak diproduksioleh pabrikan kereta model lain……tentu saja dengan road name UNION PACIFIC.

Kalau diperhatikan rangkaian ini setelah berjalan di mini LO MbT terlihat sangat menarik dan indah kombinasi warna ALCO Armour Yellow dan Harbour mist Grey dipadu dengan rangkaian gerbong pengangkut batubara berwarna coklat kemerahan khas keluaran MARKLIN.

Karena yang ditampilkan model coalcar maka MbT menyuguhkan juga tempat loading batubara yang cukup populer didunial model railroad yaitu New River mining yang diwakili oleh bangunan era lama buatan Walthers cornerstone berwarna abu-abu……hal ini untuk menambang suasana rangkaian gerbong batubara supaya lebih nyambung.

Loko buatan TRIX ini merupakan loko DC dengan sudah dilengkapi sistim dual decoder merupakan kelas 600 dengan body dan frame terbuat dari die cast metal. Motornya terpasang dikedua unit dengan dilengkapi DCC-Selectrix decoder untuk mendapatkan sinkron yang harmonis untuk kedua motor tersebut yang menggerakkan keempat poros dimasing-masing loko (2 poros disetiap truck sehingga as yang ditengah dari konfigurasi CC bergerak free)……loko ini juga dapat dioperasikan di LO analog dan memiliki jenis roda khas American RP 25 serta Kadee compatible couple. Kedua loko tersebut terhubung dengan fixed Special close couple.

Loko ALCO ini dilengkapi lampu headlight yang berwarna kuning dan number boardnya pun dapat menyala. Mars headlight yang selalu menyala berkedip juga merupakan standar sesuai dengan prototype.

Namun sayang bahwa produk TRIX ini belum dilengkapi dengan sound decoder, alhasil MbT harus mencangkokkan sendiri sound decoder keluaran MRC type drop in decoder untuk big Diesel dengan speaker yang dapat erpasang pada tempatnya di tengah body yang sudah disediakan……..hasilnya cukup menakjubkan dengan suara yang gemuruh khas suara Diesel ALCO 16-cylinder plus klakson dan bell yang cukup nyaring. Sound Decoder ini memiliki kabel yang cukup dihubungkan ke power pick up salah satu rodanya….amazing.

Membahas soal detail….loko ALCO ini memang tidak terlalu banyak memiliki detail khusus selain grab rail dan horn yang terpisah juga dilengkapi radiator van yang see through dengan detail yang sangat halus khas Marklin. Pada salah satu cabinnya juga sudah dilengkapi dengan figure masinis untuk menandakan bahwa loko ini merupakan loko yang didepan.

Seperti yang disebutkan diatas bahwa gerbong pengangkut batubara juga merupakan produk MARKLIN dengan roda untuk LO AC, sehingga perlu diadakan sedikit konversi yaitu mengganti  seluruh rodanya dengan type DC RP-25 dan juga merubah NEM coupler dengan KADEE type cupler…..mujur bahwa MbT mendapatkannya ini semua free sebagai komplemen….terbayang kalau ganti sendiri satu roda bisa memiliki cost 25rb dan untuk coupler 1pasang 50rb jadi 1 gerbong perlu additional cost 150rb….cape de.

Gerbong pengangkut batubara keluaran Marklin ini memiliki detail yang sangat bagus termasuk detail tangga dan juga sudah dilengkapi dengan load batubara. Huruf atau slogan Union Pacific tertera crispy dan road number yang berbeda (6 road #’s berbeda).

Konversi roda dan coupler telah dilakukan dengan perfek, tinggi coupler dan rolling roda mantab sekali, pernah dicoba first rolling di LO nya TC dengan bermacam elevasi tanjakan dan turunan serta melalui beberapa turn out…hasilnya maju lancar mantab.

Diujung belakang rangkaian gerbong MbT menempatkan sebuah Caboose Union Pacific juga keluaran pabrikan MARKLIN yang sudah dikonversi rodanya dengan roda buatan TRIX dan Kadee coupler (yang satu dibiarkan masih asli NEM)….Caboose merupakan cabin atau gerbong office untuk rangkaian kereta barang pada era tersebut dimana sistim radio komunikasi dan sistin dokumentasi berkas ekspedisi belum terlalu maju.

Secara keseluruhan ternyata aroma Jerman masih cocok untuk untuk beroperasi di LO Amrik, masih ada beberapa produk Marklin/Trix beraroma Amrik seperti seri BigBoy, Mikado dan box car 40’ yang cukup tersohor di kancah model railroad bahkan masih menjadi  perburuan para hobbiis model railroad……so rangkain ini sangat layak untuk dijadikan koleksi.

6 Responses to Diesel Amerika aroma Jerman

  1. selo says:

    hehe… ada-ada aja pak mukti…. tapi betul, ternyata jerman bisa padu dengan amrik…. bravo!

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks p’Selo, maklumlah model railroader kalau juga sebagai blogger harus puter otak terus kalau mau nulis

      Tks n semoga ulasan saya dapat diterima

      Salam
      MbT

  2. deeV79 says:

    wah mantab.. sepertinya ada yang bisa di jadiin referensi ini..
    maklum sayah newbie Pak..😀

    koleksinya mantap pak..

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks bung Dhi, maju terus…silakan saja untuk dijadikan referensi, foto2 yang saya buat dan terpampang di blog ini masih free dapat dicopy…..

  3. ahmad surya says:

    Salut om, koleksi kereta, layout sama pengambilan gambarnya.. Mohon ijin om gambar2 buat jadi screen saver HP.. Maklum anak2 suka sekali : )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: