Steam UP #9000 – 4-12-2 rigid!

 

Loko steam memang sangat menarik untuk dijadikan koleksi, MbT mencoba mengulas salah satu produk pabrikan model railroad terkenal  yang membuat dengan teliti, detail , lengkap dan terbuat dari Die Cast. Produk ini sudah dilengkapi dengan sistim decoder DCC plus sound dan life Smoke……loko steam 9000 series milik UP dengan road number #9000 konfigurasi 4-12-2 rigid!

Loko steam 9000 series adalah loko steam yang sangat dibanggakan oleh armada Union Pacific pada era tahun 30an sebelum lahirnya Challenger dan si bongsor Big Boy. Loko seri 9000 ini terkenal dengan sebutan loko 4-12-2 dikarenakan konfigurasi rodanya terdiri dari 4 roda 2 axle didepan sebagai pilot, kemudian 12 roda 6 axle ditengah sebagai penggerak utama dan 2 roda dibelakang sebagai pengikut saja.

Konfigurasi 4-12-2 ini merupakan asli type nya Union Pacific karena hanya perusahaan ini saja yang memilikinya….dan Union Pacific memiliki sejumlah 88 unit yang dibuat oleh pabrik lokomotof terkenal ALCO (Amirican Locomotove Company) pada rentang waktu dari 1926 – 1930.

Loko 4-12-2 ini memiliki 3 buah silinder dan panjang keseluruhan mencapai 31.27 m dan dilengkapi dengan tender pembawa batu bara hingga 19 ton lebih sebagai bahan bakar , loko ini menghasilkan daya yang cukup besar sehingga dapat menarik puluhan gerbong class 40 feet….

Loko seri 9000 ini dibuat dan digunakan untuk meningkatkan kecepatan jelajah armada kereta barang didaerah landai Amerika Utara. Loko seri 9000 ini dibuat sebanyak 88 unit dengan road number mulai #9000 hingga #9087…..dan menurut cerita sejarahnya yang juga ditulis di wikipedia bahwa jenis loko uap ini tergolong sukses.

Namun konon sistim permesinannya yang memiliki banyak gear dan beberapa cylinder cukup rumit dalam pemeliharaannya dan pada tahun 1934 – 1940 sejumlah delapan loko dari 15 loko pertama diadakan modifikasi pada sistim torak permesinannya supaya lebih mudah dalam pemeliharaannya, antara lain engkol tengah pada pada cylinder kedua dibuat eksentrik mencontoh sistim engkol yang diterapkan cyl ketiga pada loko Baldwin                            4-10-2 ..demikian yang diinfokan oleh para khalayak dari dunia perkeretaapian disana.

Seluruh mekanisme engkol disamping kiri dan kanan tersebut dengan sempurna ditampilkan dan dibuat oleh pabrikan model kereta MTH dengan sempurna, termasuk sistim body yang rigid/kaku terpanjang didunia dibuat sesuai dengan prototypenya, sehingga kalau membelok di track curve maka bagian steam cylinder atau bagian atas dari loko ini tertinggal gerakannya.

Mekanisme pergerakan cylinder dan engkol didepan pun dibuat oleh MTH dengan sangat menarik, sehingga model railroad ini membuat para penggemar selalu memperhatikan gerakan seluruh sistim mekanis yang ada termasuk keenam pasang roda penggerak yang tidak ditemukan pada loko lain……alhasil kalau mengoperasikan model loko ini lebih baik perlahan-lahan supaya gerakan engkolnya dapat diperhatikan.

Modelnya selain memiliki power yang cukup besar menarik belasan gerbong secara mantab, motornya pun sangat halus dan stabil saat jalan perlahan didaerah industri. Selain hal itu loko ini dilengkapi sistim lighting yang lengkap pula, head lamp terletak diatas depan tengah, diapit dikiri kanan dengan marker light depan. Dibagian belakang yaitu pada tendernya terdapat marker light warna merah dua ditengah dan dua dibelakang, dan dibagian belakang terdapat lampu bantu yang cukup terang saat loko bergerak mundur. Light pada cabin juga cukup terang dan menyala bersama marker light dengan mengaktifkan F5.

Simulasinya MbT mencoba menarik gerbong pendingin pembawa buah2an milik armada gabungan Union Pacific dan Southern Pacific yang sangan terkenal yaitu PFE double herald. Dikarenakan bobot loko yang terbuat dari die cast cukup berat maka menarik beberapa belas gerbong tidak ada artinya bagi loko steam langsiran MTH ini.

Gerbong PFE warna orange memang harus berjalan cepat untuk mengejar kesegaran isinya…….maklum isinya buah jeruk dan anggur….mmm segar betul dengan sistim pendingin menggunakan es balok. Model Gerbong ini banyak dibuat oleh pabrikan model railroad dan MbT memilih buatan Intermountain yang memiliki detail dan tulisan serta logo yang crispy. Couple Kadee dan bobot gerbong yang mantab melaju lancar diatas roda metal polish RP-25.

Electronic board yang dicangkokkan MTH memiliki segudang fungsi….antara lain lebih dari 30 jenis suara yang direkam secara digital, selain PFA juga terdengar suara ayam/sapi/kuda dan sapi…….konon saja para modeller sering berulang-ulang menekan F19 untuk mendengarkannya.

Suara horn dan bell disesuaikan dengan prototypenya…….dan yang paling menarik adalah life Smoke yang berhembus sinkron dengan gerakan torak kereta…sangat fantastis, dan saat berhenti smoke berhembus bebas seperti prototypenya, MTH memberikan 1 tube smoke oil….so MbT harus menghemat karena smoke fluid agak riskan kalau dipesan lewat pos, pasti dilarang!

MbT mujur mendapatkan loko steam 4-12-2 dengan road number pertama yaitu #9000, saat beroperasi di mini LO MbT loko steam ini didampingi beberapa switcher era yang NW2 lebih baru….

Saat pertama keluar dari box tendernya belum dipasang coupler, dan yang unik coupler yang menghubungkan tender dengan loko merupakan coupler yang juga menghubungkan sinyal elektronik sehingga tanpa dihubungkan kedua unit tersebut tidak dapat aktif.

Detail pada bagian loko sangat lengkap termasuk pipa air, pipa steam, safety valve, horn dan wishtle bahkan plakat dari pabrikan , tulisan mengenai peringatan dan working pressure tercetak sangat halus……pada bagian masinis cab nya juga terlihat instrumen backhead dan dua figure masinis + stokeman lengkap dengan baju berwarna bertengger tenang terlihat jelas ekspresi wajahnya saat cab light menyala….

Detail pada tender pun tidak kalah lengkap, tender terbuat dari die cast yang melaju diatas 6 axle roda tersebut dilengkapi detail railing/pagar terbuat dari brass, batu bara juga terkesan realistis  walau bongkahannya agak besar, marker light 4 buah merupakan daya tarik tersendiri karena menyala merah saat aktif F5…tulisan Union Pacific warna silver dan #9000 dibagian belakang dibuat sangat presisi dan nyata didinding plat tender yang penuh dengan sistim sambungan keling.

Memang model loko 4-12-2 ini betul-betul rigid artinya body dan tuck yang menopang 12 roda 6 axle tersebut merupakan satu bagian yang utuh sehingga kalau menikung harus siap2 supaya tidak anjlog……….nah disinilah kelebihan MTH karena loko rigid tersebut dapat bernegosiasi di curve 18″ tanpa anjlog.

Namun sistim ini karena tuntutan kemampuan tarik harus lebih besar dan akan digunakan untk daerah berbukit, maka para engineer UP dan ALCO dituntut terus mengembangkan……dan akhirnya harus membuat diameter roda yang lebih besar, karena sistim satu truck tersebut sulit untuk bermanuver maka dibagi menjadi dua bagian kelompok roda 6 dan 6…..lahirlah the Challenger!

Apabila model railroader gemar mengkoleksi barisan armada Union Pacific maka loko steam 3 silinder dengan konfigurasi roda 4-12-2 ini tidak boleh dilupakan karena memiliki sejarah dan bentuk yang menarik, serta model ini dibuat oleh pabrikan MTH yang mempunyai reputasi top markotop.

MTH melansir pada tahun 2009 lalu dengan beberapa # number, saat ini masih ada beberapa dipasaran dan saya yakin akhir tahun ini sudah mulai hilang dari peredaran ….bergegas untuk mendapatkannya adalah solusi yang terbaik!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: