GE AC6000CW bertenaga dan mempesona

General Electric memproduksi Diesel AC 6000 memang membuat armada UP menjadi lebih berotot pada era itu, AC6000 mengusung Diesel dengan tenaga 6,000 HP atau sekitar 4,500kw…konon pembuatan seri AC6000 ini bersaing juga dengan pabrik EMD musuh bebuyutannya dan kedua pabrikan Diesel kondang tidak berhenti bersaing sampai sekarang.

Pada mulanya GE bekerjasama dengan pabrikan Diesel Deutz-MWM  Germany pada 1994, hasilnya adalah Diesel Green Machine 6000hp, namun ketika dioperasikan oleh CSX dan UP ditahun 1995-1995 ternyata masih terdapat beberapa kendala , dan itu terjadi justru pada Diesel nya itu sendiri mengalami vibrasi dikarenakan cyl linernya yang relatif kurang tebal (menurut info yang dikutip dari wikipedia).

Alhasil seluruh AC6000 ditarik dan diperbaiki oleh pabriknya GE, setelah selesai dari uji coba maka AC6000 diluncurkan kembali dengan type AC6000CW. Untuk type ini Union Pacific mengoperasikan puluhan unit dengan road number mulai #7500 – #7579 yang beroperasi rentan waktu hingga 2008

AC6000CW terakhir diproduksi oleh GE pada tahun 2001 dan beberapa masih beroperasi sampai dengan saat ini, UP mengoperasikan didaerah bebatuan dan pegunungan karang di Texas.

AC6000CW seri awal yang dioperasikan oleh UP adalah #7500 – #7509 yang dibuat pada tahun 1995-1996……selain dioperasikan oleh UP dinegara paman Obama, loko seri #7500 ini dioperasikan dengan mantabnya di mini LO MbT…tentunya dengan diconsist dengan generasi berikutnya #7510 dan #7549 yang dibuat pada era akhir 1998 sebanyak 45 unit…..saat ini yang beroperasi dimini LO MbT adalah #7500, #7510, #7511, #7513 dan #7549

Modelnya sangat mengagumkan lantaran merupakan produk yang dihandalkan oleh pabrikan BLI seri Blue Line lengkap dengan DC sound yang menggelegar karena dilengkapi dengan twin speaker yang terpasang didaerah tanki bahanbakar (lihat juga ulasan sebelumnya  AC6000)……belum bosan memainkan fungsi2 sound yang lumayan lengkap, BLI sudah mengeluarkan lagi seri Paragon2 DCC sound yang memiliki fungsi hingga F28 termasuk macros dan suara ayam bekokok dan keramaian stasion. Kedua seri Blue Line dan Paragon2 ini laris manis dengan harga yang sesuai.

Saat ini Paragon 2 sudah memproduksi AC6000CW untuk putaran kedua dengan mengeluarkan road name UP dengan nomor #7500 dan #7501, setelah melalui preorder #7500 inipun berlabuh diJakarta dan beroperasi di mini LO MbT….lihat saja badannya yang besar dan kokoh serta flare radiator dibelakang yang khas.

Loko seri AC6000CW ini tergolong loko era modern, detail pada modelnya cukup lengkap dan kokoh, MbT mensimulasikan dengan menarik rangkaian gerng barang seri boxcar. Gerbong barang yang dipilih adalah dengan road name Union Pacific berbagai type dan digabung dengan road name saudara barunya yang sudah dibeli sejak 1995 yaitu CNW (Chicago and North Western)…yang satu ini padahal pernah sebagai armada kerata api besar didaerah Midwest US dengan memiliki track sepanjang 8,000km….dengan alasan keuangan maka C&NW pindah tangan ke UP.

Logo C&NW saat ini masih dikenang terus dan MbT selalu akan mencoba tetap menggandeng gerbongnya dengan loko UP supaya menjadi kenangan yang indah dan membanggakan…..warna Hijau kombinasi kuning dan terkadang gerbong warna coklat dan abu2 sangat cocok dengan warna Kuning/Abu2nya Union Pacific.

Gerbong C&NW memiliki beberapa warna yang mencolok seperti kuning neon, pada rangkaian ini ditampilkan 3 jenis gerbong CNW yang berbeda warna yaitu coklat, kuning dan kuning neon semuanya box car double door. Rangkaian gerbong tesebut merupakan model yang dibuat pabrikan Athearn dengan detail yang baik dan warna serta huruf tulisan/logo yang akurat.

Athearn seri Ready to Roll pada tahun 2008 dan 2009 telah memproduksi model train dengan beberapa peningkatan kualitas termasuk pada produk loko kelas Ready to Roll. Yang pasti dengan peningkatan kualitas tentu produk Athearn menjadi pilihan para modeller……..selain hal itu saat ini terdapat merk model traim baru seperti ExatRail yang memicu pabrikan senior harus meningkatkan mutu.

Pada mini LO MbT terlihat rangkaian consist 3 loko AC6000CW menarik beberapa gerbong box car, dan sengaja MbT menampilkan pengambilan photography dengan sudut ala “Bird Eye” supaya lebih terlihat lingkaran curve 18″….dan memang photo2 dari atas ini merupakan kenangan kelak karena dalam waktu dekan LO akan dimodifikasi sedikit dari “L” shape menjadi jalur segitiga….

Gerbong barang armada UP dan CNW jenis double door yang ditampilkan dibuat oleh Athearn pada rentan produksi 2005 – 2009, roda dan truck nya memiliki kualitas yang sangat baik, sehingga pada kecepatan throttle 50% masih dapat berlari tanpa derailed alias gak anjlog. Roda metal polished RP-25 dan Kadee coupler saat ini merupakan standar pabrikan kereta model yang baik, serta panjang coupler sudah ditambah sehingga memudahkan manuver pada TO #4.

Rangkaian gerbong melaju pada mini LO MbT dengan nuansa industri melewati under pass Vintage bridge ditambah beberapa structure era 70an yang masih berdiri  sampai saat ini…….memang tidak mudah mengkombinasikan suasana sekeliling termasuk menempatkan jenis kendaraan sepeti mobil, truck, bus dll…..sehingga terkadang terlihat seperti ada mobil antik di LO tersebut……contohnya dengan tampilnya Chevy ’57 BelAir twotone color warna putih/biru. Atau VW combi era tahun 60an lengkap dengan camper tender.

Consist 3 loko AC6000CW produk BLI ini kalau seluruh loko sound nya diaktifkan maka gemuruh suara Diesel masing2 6000hp terdengar sampai kamar sebelah….apalagi hornnya….bunyinya dapat membangunkan orang lagi tidur ….yang menarik dari horn AC6000CW produk BLI ini dapat dimainkan sehingga menghasilkan efek Doppler yang mendayu-dayu. Kalau consist menggunakan Multiple unit maka hanya satu loko saja yang dapat dikontrol aktif hornnya namun kalau ingin tigo loko horn bunyi berbarengan maka consist harus di set dengan CV 1 memiliki alamat yang sama.

Mini LO MbT ini memang merupakan sarana “cat walk” para loko yang baru akan meluncur serta merupakan etalase gerbong yang kalo berjajar iring2 an dapat lebih dari 25 gerbong disatu sisi, MbT memang mencoba mengkoleksi mayoritas armada UP lengkap dengan beberapa perusahaan perkereta apian lain yang sudah dibeli seperti Southern Pacific, C&NW, Katy dan lainnya.

Kalau diperhatikan pada mini LO tersebut terdapat beberapa sudut seperti nuansa tambang Batu Bara, industri gandum ADM, pabrik tepung, bangunan kantor, freight yard, stone crusher dan depot penumpang……serta aksen city water tawer, Vintage bridge, rumah sinyal, truss bridge.

Loko Diesel BLI Paragon2 dan gerbong Athearn merupakan produk menengah yang layak untuk dijadikan koleksi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: