reefer car UP warna putih

Kalau kita membahas armada UP, selalu ada kesan bahwa armada ini pasti berwarna kuning.  Padahal armada Union Pacific memiliki warna yang beraneka, selain kuning ada orange, coklat, merah, hijau, biru, hitam, silver dan PUTIH. Tentu saja yang warna putih ini khusus untuk gerbong tertentu yaitu Mechanical Reefer box car, yang beroperasi melalui jalur Missouri Pacific…..dan pada kesempatan ini MbT menampilkan modelnya yang cukup menarik.

Logo Union Pacific dengan semboyan Building America terpampang jelas pada  gerbong mechanical refrigeration car warna putih tersebut, gerbong ini memiliki kode ARMN yang merupakan tanda dari American Refrigerator Transit Co. yang merupakan tanda untuk reefer car yang dibeli UP melalui Missouri Pacific.

Mechanical Reefer car ini merupakan gerbong yang diproduksi oleh PCF (Pacific Car & Foundry Deshler) negara bagian OHIO.  Gerbong ini diproduksi cukup banyak dan Union Pacific mengoperasikan didaerah jalur Utara mengangkut segala kebutuhan yang perlu pendinginan saat transportasinya.

Kalau kita amati bagian salah satu ujung reefer car ini maka terdapat peralatan untuk pendingin dan karena memerlukan sirkulasi udara maka bagian tersebut selalu dalam keadaan terbuka. Gerbong ini memiliki  panjang 57′ dengan warna Putih dan memiliki sistim insulation yang baik termasuk pada sistim pintunya.

Sistim pendingin dilengkapi peralatan pendingin berupa kompressor yang bekerja secara mechanical, sehingga tidak memerlukan arus listrik sebagai tenaga penggerak. Sebagai penggantinya terdapat motor kecil yang bergerak dengan menggunakan tenaga Diesel, sehingga setiap gerbong memiliki tanki bahan bakar dan tentunya knalpot keatas.

Untuk modelnya…..rangkaian gerbong reefer car tersebut ditarik oleh si Katy yang berwarna merah supaya terlihat kontras dan menarik. Mechanical Reefer car ini diproduksi oleh pabrikan yang cukup kondang Intermountain Model railroad Co. Secara teliti dibuat mengikuti prototype yang memang masih banyak beredar, model terbuat dari plastik ABS yang bermutu dengan skala HO yang akurat dilengkapi logo UP dan reporting marker ARMN.

Gerbong ini memiliki metal wheel yang bermutu lengkap dengan truck yang dapat bernegosiasi di curve tajam 18′ secara sempurna. Dilengkapi Kadee knuckle coupler yang kuat serta ukuran yang sesuai. Gerbong inipun memiliki berat  yang disesuaikan dengan ketentuan NMRA sehingga terbukti meluncur secara aman di mini LO MbT.

Detailnya tidak perlu diragukan lagi, Intermountain saat ini menurut MbT merupakan pabrikan kereta model yang pantas diacungkan jempol selain pabrikan Exacrail, sehingga dua pabrikan ini selalu mengeluarkan produk dengan harga diatas produk pabrikan lain.

Intermountain memproduksi 12 jenis gerbong yang memiliki road# yang berbeda dan produk ini baru saja diluncurkan di catalog Intermountain bulan February 2010, mujur MbT mendapatkannya melalui salah satu rekan di negri paman Obama….namun pajak masuk lebih tinggi dari biaya pengiriman.

Secara detail model ini cukup lengkap, hand grab terbuat dari brass wire, bagian detail lain seperti wheel hand brake, roof dan pintu juga dibuat cukup lengkap. Yang unik adalah bagian kompressor dibuat mendekati prototype yaitu terdapat bagian yang terbuka pada salah satu ujung gerbong. Disini kompressor berwarna hitam lengkap dengan knalpot yang nongol keatas (salah satu komentar dari modeller adalah seharusnya kompressor berwarna putih, termasuk tanki bahan bakarnya).

Huruf dan logo UP dicetak denganteliti dan crispy garing seperti krupuk….suatu bukti bahwa Intermountain secara serius memproduksi model gerbong Reefer car ini.

Pada mini LO MbT, Mechanical reefer ARMN – UP ditarik secara bergantian mulai oleh si merah KATY SD70 produk MTH, kemudian dipindah ditarik dengan consist antara loko UP 2 unit AC6000 keluaran BLI dan consist dengan si hidung berdarah Bloody noose Southern Pacific AC6000 juga produk BLI.

Seluruh rangkaian yang terdiri dari 12 gerbong Mech Reefer tersebut melenggok di mini LO tanpa ada masalah…..sedikit berbeda dimata karena warna putih sepanjang itu sebelumnya belum pernah ada. MbT merekomendasikan kepada rekan kolektor/penggemar kereta model kalau ada kesempatan untuk dapat mengkoleksinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: