UP Challenger #3985…..masih hidup!

Loko Steam seri Challenger milik armada Union Pacific merupakan jenis loko steam dengan konfigurasi artikulasi roda 4-6-6-4 yang pertama dan sangat terkenal. Loko jenis ini dibuat oleh pabrikan loko American Locomotive Company USA yang diproduksi sekitar tahun 1936 – 1943. Loko ini merupakan loko steam terbesar kedua setelah BigBoy yang juga dimiliki oleh armada Union Pacific……….dan yang pasti model UP Challenger merupakan idaman para kolektor model train.

Yang menjadikan jenis loko ini lebih terkenal dan fenomenal adalah karena UP Challenger #3985 sampai dengan saat ini masih dapat beroperasi dengan lancar. Loko UP Challenger  #3985 merupakan hasil desain pihak UP yang dibuat di pabrik ALCO pada tahun 1943 dan merupakan salah satu dari jumlah 105 unit hasil produksi antara tahun 1936-1943.

Pada waktu jayanya #3985 beroperasi tahun2 tersebut, Challenger #3985 melaksanakan tugas rutin terakhir pada tahun 1957 dan dipensiunkan pada tahu 1962 kemudian disimpan di roundhouse Cheyene sampai tahun 1975 kemudian dilaksanakan beberapa reparasi oleh sukarelawan UP sehingga tahun 1981 dengan gagah loko Challenger #3985 ini dapat dioperasikan kembali.

Loko Challenger yang mempunya roda 4-6-6-4 ini, dua set roda @6 roda nya yang mempunyai penggerak tersediri  (steam cilynder), sehingga satu boiler menggerakkan 2 set steam cilynder @6 roda . Dengan sistim artikulasi mengakibatkan loko steam yang panjang ini dapat melalui curve track yang tajam…..memang kelihatan lucu karena saat menikung di curve yang tajam tabung body Boiler masih dalamposisi lurus.

Challenger ini secara rutin menarik rangkaian gerbong barang namun terkadang juga menarik rangkaian gerbong penumpang. Challanger #3985 aslinya memiliki sistim pembakaran dengan batu-bara yang dilengkapi dengan tender batubara berkapasitas 32 tons, namun pada tahun 1990 Challenger #3985 ini dirobah menjadi boiler dengan sistim pembakaran minyak (oil fired boiler)….dan hasilnya dapat ngebut sampai 70 miles per jam.

Untuk Modelnya?………salah satunya Genesis telah memproduksi dengan desain dan artis yang maksimum dengan menggunakan tooling production yang canggih serta teknologi elektronik yang sudah terkini. Loko keluaran Genesis ini terbungkus oleh box warna biru yang mewah menandakan keseriusan untuk memproduksi dan menghargai sebuah model The Challenger. Kata Challenger sendiri belum diketahui secara pasti asalnya dari mana.

Challenger buatan Genesis memiliki body ABS bermutu dengan detail yang seabrek dan lengkap, ditambah beberapa detail yang terbuat dari kawat logam ditambah sistim roda dan torak yang sangat realistis terbuat dari logam  ditambah motor Five-pole dengan 2 flywheel dengan putaran yang sangat halus secara keseluruhan menambah bobot loko ini….sehingga terlihat masif apalagi digabungkan dengan tender minyak dengan 16 roda…mantab!

Konfigurasi roda 4-6-6-4 direkomendasikan untuk beroperasi pada curve 22″ namun ternyata masih maju lancar pada curve 18″, roda dilengkapi dengan traction tire yang dapat diganti…….jendela dapat terbuka sehingga terlihat detail bagian belakang dari unit boilernya ditambah bukaan diatas cabin yang dapat dibuka. Loko ini juga sudah ready untuk dipasang smoke unit Seuthe #9 atau #10 tanpa perlu solder.

Soal sound decodernya ? uh jangan ditanya lagi…menghasilkan suara yang sangat keras keluar dari speaker yang diletakkan pada tender dan decodernya inipun dapat berjalan pada sistim analog. Jenis sound sangat banyak termasuk suara horn yang dapat dipilih dari 19 macam jenis yang tersedia juga bell yang dapat dipilih dari 4 tipe. Lighting juga cukup lengkap selain head lamp, number board juga ada lampu pada tender yang bekerja aktif sesuai arah loko.

Challenger sejak dikonversi dari penggerak berbahan bakar batu bara menjadi berbahan bakar minyak….untuk menempuh jarak jauh maka menggandeng tambahan tender minyak warna kuning, pada model MbT memvisualisasikan Challenger menarik rangkaian kereta penumpang dan tambahan satu tender tanki BBM. Untuk kereta penumpang dipilih produk Rapido dan tender minyak produk Athearn

Loko Challenger dari Genesis ini  memang sudah lama diproduksi….sekitar tahun 2006 namun sampai sekarang belum ada yang menandingi, memang pabrikan MTH baru saja meluncurkan jenis yang sama ……yang pasti Genesis jauh lebih terjangkau harganya serta layak untuk dijadikan koleksi.

Rolling  terus man!

3 Responses to UP Challenger #3985…..masih hidup!

  1. joedy says:

    Mungkin saat ini sdh sangat jarang sekali Pabrikan mengeluarkan yg baru, walau RoadNumber yg berbeda… Secondnya saja, masih lumayan harganya Pak….
    Betapa bangga nya memilikinya, sekalipun tanpa BigBoy, Challenger ini sdh sangat bergengsi dan prestisius bagi si pemiliknya. ( kapaaaaan yaaaaa pny nya …. ? ) Hehehehehehe… Pas rolling, yg ngelihat jg akan berdecak kagum… ck.. ck… ck… ck…

  2. s2k says:

    tangki kuning yang ada dibelakang tender 3895 sebenarnya tidak berisi air, tapi minyak residu, sedangkan air ditaruh di tangki kuning di belakang tender…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: