…U30C hidungnya lebih pesek dari C30-7

UUUUUUUUUUUUU  U30………..loko yang satu ini agak sulit mencari modelnya yang bagus dan layak ditampilkan di blog MbT, mujur dengan susah payah masih nemu Union Pacific U30C dengan road number #2940 yang diproduksi oleh Atlas Master series Silver DCC equipped.

Kalau kita lihat sedikit sejarahnya loko buatan “GE” type U30C ini telah dibuat sebanyak 600 unit pada rentang waktu antara Nov 1966 – Oct 1976 dan UP telah memilikinya sejumlah 150 unit dengan road number #2810 – #2959.

Loko ini memiliki kemampuan yang cukup besar yaitu dengan dilengkapinya Diesel type GE FDL 16 cyl menghasilkan tenaga 3000hp dengan konfigurasi roda C-C…..

Satu hal yang menarik adalah U30 memiliki hidung yang serupa dengan type C30-7 dan Dash 8-40C namun type U30C memiliki hidung yang paling pesek, sehingga menjadi ciri khas produk GE yang tersohor itu..

Kalau dibandingkan dengan type C30-7 (Dash 7) sepintas terlihat sama dengan U30C……ya memang karena type C30-7 ini merupakan peningkatan dari type “U” sebelumnya,   juga memiliki Diesel engine 3,000hp 16 cyl. Loko jenis ini juga dimiliki oleh armada UP sejumlah 140 unit yang tersebar beroperasi di North America dan GE memproduksinya antara tahun 1976 – 1986.

Type ini terus dikembangkan hingga lahir type Dash 8 C-40 dengan Diesel 4,000hp dan diikuti munculnya seri Dash 9 C44-9W dengan Diesel 4,400hp….terakhir seri ini diganti dengan seri terbaru yang terkenal yaitu seri AC4400CW juga 4,400hp dan AC6000CW dengan Diesel bongsor 6,000hp yang juga dioperasikan UP pada sd tahun 2008. Saat ini GE mengeluarkan seri Evolution yang ramah lingkungan dengan type ES44AC dan ES44DC.

Pada mini LO Mbt terlihat model dari loko2 legendaris keluaran GE dengan HP 3000-4000hp yang diwakili oleh C30-7 dengan road name UP #2451 kemudian yang ditengah Dash 8 C40 dengan road name UP #9167 serta yang mempunyai hidung paling pesek yaitu type U30C dengan road name UP #2940.

Untuk type U30C UP #2940 merupakan produk Atlas Master Silver series, produk ini sudah dilengkapi dengan decoder 4 fungsi tanpa sound……setelah MbT membuka “black box” khas Atlas….wauw ternyata produk ini mempunyai detail yang mempesona dari bagian depan hingga belakang. Produk ini sudah dilengkapi dengan 2 figur  masinis didalamnya……begitu diletakkan di track dan set address “3” start dan langsur ngacir mulus khas motornya Atlas, konfigurasi roda C-C  nya pun mampu bernegosiasi pada curve tajam 18″ tanpa kendala walau memang kalau meliwati TO #3 ….MbT terpaksa harus mengganti coupler dengan jenis long supaya gerbong yang digandeng tidak terbalik….

Kalau kita bandingkan dengan generasi type Dash 8 yang diwakili UP #9167 juga produk Atlas Master Gold……U30C type Master Silver ini tidak kalah kecuali sound yang memang sudah dirancang mantab untuk type Dash 8 UP yang memiliki strip body bawah warna kuning, sedangkan untuk type lain pada umumnya strip berwarna merah.

Untuk Atlas master series Gold juga memiliki lighting yang berbeda yaitu sudah menggunakan lampu warna putih terang, hal ini memang disesuaikan dengan prototypenya……..kalau model C30-7 armada UP #2451 merupakan produk Blue Line yang sangat laris….konon saat ini sudah sulit dicari dipasaran….maklum BLI memang pada tahap pertama lalu tidak banyak memproduksinya.

Apapun produknya kalau diperhatikan ternyata semuanya baik dan masing2 mencoba meningkatkan kualitasnya, saat ini atau paling tidak produk tahun 2009 para produsen kereta model saling berlomba mencari pasar dengan meningkatkan kualitas produknya. Hanya saja mereka menerapkan sistim penjualan yang berbeda yaitu dengan melalui “preorder” hal ini untuk menghindarkan modal awal yang besar……contohnya sudah dilakukan oleh pabrikan Athearn dan MTH …menyusul Walthers dan Atlaspun juga telah membuka sistim preorder.

Ketiga produk dengan berbagai type loko tersebut dicoba untuk saling bekerja sama dengan melakukan consist 3 loko, hasilnya cukup kompak, memang produk BLI sedikit mempunyai respon power delay dibandingkan dengan produk Atlas walaupun MbT sudah mencoba menset dari awal.

Sehingga consist terpaksa dirubah antara 2 produk Atlas yang terdiri dari U30C UP #2940 sebagai lead loko consist dengan type Dash 8 UP #9167….kompak banget iring2 annya. Sedangkan C30-7 harus consist sesama Blue Line saja supaya kompak……alhasil loko C30-7 UP dengan  #2477 harus dipanggil dari depo untuk bentuin consist dengan #2451…hasilnya mantab maju lancar

Consist loko2 tersebut menarik rangkaian gerbong batubara….mondar-mandir di mini LO MbT merupakan daya tarik tersendiri. Loko U30C memiliki boogi yang dapat manuver secara baik sehingga secara lancar dapat zigzag pada curve kecil…..diikuti dengan loko consist dibelakangnya Dash 8 juga aman zigzag pada TO kecil setelah coupler diganti dengan type long center shank………rangkaian gerbong batu-bara dibelakangnya mengikuti secara rapi.

Gerbong batubara produk Walthers dan Athearn mempunyai detail yang bagus. Walthers belum melengkapi gerbong BB nya dengan coal load sehingga harus membeli secara terpisah terbuat dari bahan resin sehingga cukup berat. Athearn lebih ekonomis karena gerbong set Batubara bethgon Coalporter sudah lengkap dengan load.

Laju consist U30C dengan Dash 8 sangat kompak………ditinggal masinis mandipun mereka masih berjalan maju lancar dengan speed scale 40mile/jam. Memang benar kalau menarik rangkaian gerbong panjang jumlah loko sebaiknya lebih dari satu hal ini juga sama dengan prototypenya……kalau cuma satu loko jenis U30C ini saja dan menarik gerbong lebih dari 15 rangkaian maka akan mengalami slip pada posisi tanjakan…..hal ini diketahui bahwa hampi semua loko Diesel tidak dilengkapi dengan traction tyre.

Selain laju kecepatannya, MbT juga mencoba U30C jalan perlahan dengan membuka throttle Digitrax hanya 1 klik putaran knb….loko sudah bergerak maju sangat perlahan, hal ini sangat cocok untuk saat menggabungkan dengan loko lain (consist) atau saat mulai mengganding gerbong.

Secara keseluruhan loko UP type U30C buatan Atlas Master Silver series ini yang sudah dilengkapi dengan decoder sangat memuaskan. MbT merekomendasikan untuk mengkoleksinya karena selain hidungnya yang unik, loko ini sudah jarang dijumpai dipasaran. Mengkoleksi loko2 dengan konfigurasi roda CC namun dengan ukuran loko sedang mempunyai daya tarik tersendiri…..tidak besar namun kelihatan kaki- nya kokoh dan ramai.

Jenis loko lain keluaran Atlas Master Silver atau Gold seri seperti SD24, C30, SD45, SD38-2, GP 38 dan SDP35 merupakan jenis loko2 keluaran Atlas yang sukses.

Selamat rolling…..dan hobby kereta model memang FANTASTIS …….FUN tapi gak GRATIS

6 Responses to …U30C hidungnya lebih pesek dari C30-7

  1. wirawan says:

    Nah ini dia loko Favorit ku .. Makasih ya om MBt telah mengulas lok U30C ini ..

    • muktiwibowo9 says:

      Yap! Bung Wirawan…sesuai pesanan anda thks, type U sangat cocok untuk mini LO…mengkoleksi lebih dari 1 unit merupakan obsesi

      Thks n salam

  2. subchan says:

    wow salah satu bentuk loko idaman sya nih pak.
    salut selalu dapat yg unik nih pk MBT.
    jd kepengen nih. gp 38 aja blum tercapai. ha ha ha ha

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks bung Subchan…..kalau memang naksir nanti saya tanyakan masinisnya mau gak belok jalur keluar dari trak MbT…he3x

      Salam

  3. Umo says:

    Selamat ya pak bagus banget tuh maket dan koleksinya … maaf pak itu skala apa ya dan buatan apa ??🙂

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks bung Umo,

      Maket dan koleksi saya tersebut skala HO, saya buat sendiri dengan mengadopsi beberapa material dari Woodlandscenics (pohon,figure dan ballast), Walthers cornerstones (bangunan/structure)…..

      Saya mengutamakan mengkoleksi loko dan wagon, namun next saya juga kembangkan LO nya

      Thank b’Umo atas komennya

      Salam
      MbT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: