Oh “Veranda”…..!!

Akhirnya “Veranda” ketemu juga dengan “Gas Turbine” di dua jalur berbeda mini LO MbT, memang menarik kalau membahas jenis loko yang satu ini, selain unik modelnya juga merupakan jenis loko yang paling dicari-cari para penggemar kereta model. MbT mencoba mendaur ulang ulasan loko “Veranda” #66 dengan “Gas Turbine” #58  …keduanya ternyata mantab maju lancar.

Diketahu bersama bahwa Union Pacific selalu membuat heboh dengan loko2 yang legendaris mulai dari loko uap seri 9000, Challenger kemudian Big Boy dilanjutkan dengan era Gas Turbine dan diakhiri dengan Diesel raksasa DDA 40X. Dimulai pada akhir tahun ’40 an, Alco-General Electric bereksperimen dengan menerapkan teknologi sistim mesin pesawat terbang untuk digunakan sebagai mesin perKereta Apian.  Lahirlah mesin Gas Turbine Electric, pada dasarnya sistim Gas Turbine ini menggantikan mesin Diesel yang besar  sebagai penggerak utama.

Pada sistim Turbin udara masuk ditekan dengan menggunakan sudu2 sirip turbin yang diteruskan ke ruang pembakaran yang mengalir disana bahan bakar dan terjadilah pembakaran seperti yang terjadi pada mesin jet pesawat. Selanjutnya gas buang yang panas akan menggerakkan sudu turbin disisi turbin yang lain ….putaran sudu turbin tersebut akan memutar satu atau beberapa generator yang menghasilkan listrik. Listrik selanjutnya digunakan untuk menjalankan motor traksi roda lokomotif.

“Veranda” memulai debutnya memang setelah keberhasilan “Gas Turbine”  lulus tes selama dua tahun sekitar tahun ’50an yang dilakukan oleh GE …….tenaga hasil putaran turbin tersebut kalau dibandingkan dengan Diesel pada saat itu memang sampai 3 kali lipat sekitar 4500hp, loko pertama dipesan dan dioperasikan oleh pihak Union Pacific pada tahun 1951.  Mesin dengan penggerak Gas Turbin tersebut terus dikembangkan dan terlihat sukses maka muncul generasi kedua mesin Gas Turbine yang sebelum loko pertama diserah terimakan, pihak GE sudah mengantongi order dari UP sebanyak 15 unit…

Dengan diserahkanya loko pertama pada tahun 1954 dan menggunakan road number dari #61 – #75…..loko ini dipanggil dengan julukan/panggilan “Veranda” lantaran loko ini memiliki beranda dikiri dan kanan ruang mesin, sehingga masinis tidak lagi berjalan dalam ruang mesin yang panas dan bising. Selain body samping yang berbeda, loko Veranda ini memiliki lobang masuk udara dari atas atap dan juga telah dilengkapinya dengan Dynamic Brake.

Loko ini sangat panjang sampai 24m dengan berat 230 ton, sehingga memerlukan konfigurasi roda yang sesuai yaitu B+B+B+B atau 4-4-4-4 sehingga terlihat khas.

Soal bahan bakar…..pasti boros, makanya pada tahun 1955 ditambah tender buat membawa tambahan BBM konon tender ini dibuat dari hasil scrap loko uap type 9000….masih juga boros….sehingg sering diketemukan Veranda consist dengan loko Diesel kecil seperti type GP9, jadi kalau tidak diperlukan kecepatan atau tenaga maka tenaga diambil oleh GP9 contohnya saat masuk station atau dalam kota.

Veranda sendiri akhirnya pensiun sekitar tahun 1964 dan seri gas turbine yang terakhir memiliki tenaga sampai 8500hp, dan Union Pcific menghentikan program Gas Turbine nya pada tahun 1970.

Kalau membahas modelnya…wah lebih mengasyikkan, Veranda identik dengan Lionel, karena pabrikan ini telah sukses memproduksi model Veranda dengan mantab! Body dan frame terbuat dari metal die cast sehingga memiliki bobot yang cukup berat, termasuk tendernyapun dibuat dari bahan metal.

Produk Lionel ini agak sulit dicari saat ini karena produksi terakhir sekitar tahun 2005, dikemas dalam box yang rapi serta loko dibungkus layak sebuah kue untuk siap disantap. Lionel memproduksi beberapa batch dan mengeluarkan beberapa # road number, MbT ingat ada #51, #58, #64, #64 juga #71…..ada perbedaan sesuai prototypenya yaitu pada warna truck…ada yang berwarna silver dan ada yang berwarna abu2. Veranda UP produk Lionel ini mempunyai warna yang yang di klaim penggemar model train akurat kuning “Armour Yellow” dan abu2 “Harbour mist Grey”. Lengkap dengan strip dan tulisan “Union Pacific” warna Merah atap warna abu dan bagian depan kaca kabin diberi warna hijau anti glare. Hidung khas Veranda memiliki hiasan UP wing cukup besar yang melintang gagah.

Detail Veranda cukup lengkap, mulai figur dalam kabin, bukaan dan detail diatas atap yang beraneka dan mempesona, horn terbuat dari metal . Sayang handrail samping masih menggunakan bahan plastic namun aman tidak mudah patah saat diangkat/dipegang…..bagian ini yang menjadikan nama Veranda sangat beken. Bagian roda konfigurasi B+B+B+B berwarna silver menambah menarik tampilan dari luar….dan dapat bermanuver pada curve 18″ secara aman.

Dibagian tendernya pun sangat detail dengan grap rail terbuat dari metal dan grill see through. Tender sebagai pembawa BBM dilengkapi roda dengan axle C-C dengan warna truck silver.

Soal elektonik……pasti memuaskan dengan jaminan produk keluaran QSI, DCC system power board lengkap dengan sound board merupakan pasangan yang mantab menghasilkan fungsi kontrol yang akurat, sehingga kalau throttle dibuka 1 strip saja maka motor sudah bereaksi bergerak perlahan. Digabungkan dengan fungsi lighting yang mempesona, Veranda dilengkapi dengan lampu osilasi yang nyala bergantian atas bawah dan satu lagi head lamp berwarna putuih cerah aktif kalau kereta bergerak maju dan kalau bergerak mundur maka lampu belakang akan menyala. Selain itu ada marking light warna hijau didepan dan merah dibelakang ditambah work lamp dibelakang warna putih yang selalu menyala terang. Pada tender terdapat lampu belakang yang juga menyala putih terang dengan menghubungkan dua buah kabel kebagian belakang loko.

Sound yang dihasilkan daridecoder  QSI meraung layak bunyi turbin pesawat, dan dengan menekan salah satu fungsi dapat menghidupkan dan mematikan bunyi Turbin sekaligus membatasi kecepatan laju “Veranda”. Horn Veranda berbunyi sangat khas dengan suara berat nada bass bariton…….nada ini tidak dimiliki oleh loko lain…dijamin!

Untuk menampilkan Veranda, MbT telah memilih pelengkap penampilan seperti beberapa jenis kendaraan yang memang beroperasi di era tahun tersebut……Mack Truck dengan ref trailer UP buatan Athearn merupakan pilihan yang cocok dengan warna ngejreng, didampingi Inter city bus  buatan Mini Metals, sedan Dodge tahun ’50 dan Cadillac ’56 juga tidak kalah menampilkan diri untuk mejeng diatas concrete bridge.

Termasuk Gas Turbine tampil bareng dengan Veranda merupakan pasangan sebagai saudara tua, MbT telah mengulas loko ini beberapa bulan lalu (lihat archieve September 2009) , Gas Turbine keluaran Athearn ini jangan sampai dilupakan sebagai koleksi pendamping Veranda karena merupakan cikal bakal sistim Gas Turbine yang heboh. Bagian yang sama dari kedua type Gas Turbine Electric (GTEL) ini adalah tender BBm dibelakang yang selalu dibawa kemana-mana

Kalau para penggemar kereta model ingin mengkoleksi jenis “Veranda” MbT menyarankan ambil yang produk Lionel atau produk MTH dan kalau untuk budget yang lebih kompromi Athearn juga akan mengeluarkan Jenis Veranda namun body masih terbuat dari bahan ABS yang berkualitas……….disayangkan produk Athearn yang akan keluar nanti masih termasuk kelas RTR bukan Genesis…..

2 Responses to Oh “Veranda”…..!!

  1. joedy says:

    Alaaaaaaaaamaaaak, itu Truck UP sama Sedan Hitamnya, gaaaaak nahaaaaaan, skr LO Mbt ada FlyOver nya, Waoooooo, bikin ngiler mata aj Pak Mbt ini….
    Tapi si Hitam High Hood nya itu Lhoooo, (ting..)
    Veranda dan Gas Turbine itu sodaraan yah Pak Mbt….??

    • muktiwibowo9 says:

      Thks Joedy,

      Tampilan aneka kendaraan termasuk UP truck merupakan pelengkap LO, memang Mbt mengusahakan item yang cocok dengan armada UP sesuai eranya.

      Thks n salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: