…..PRR numpang lewat jalur UP ??

Selama ini MbT selalu menampilkan loko dari armada Union Pacific yang terkenal dengan warna Kuning Armour Yellow dengan kombinasi Abu2 Harbo mist Grey dan dilengkapi strip warna Merah…..loko ini selalu wirw wiri di mini LO MbT……..namun jangan terkejut saat ini ada yang numpang liwat yaitu si PRR Pennsylvania dengan warna Hijau gelap “Brunswick Green”…..lantaran ingin kenalan gara2 sama2 memiliki “High Hood”

…..High Hood memiliki daya tarik tersendiri, maksudnya bukan saja daya untuk menarik gerbong tapi juga daya tarik untuk dilihat…………. Kalau mendengar istilah ‘highhood’ maka langsung teringat loko dengan type hidungnya yang tinggi….terdapat beberapa jenis loko yang memiliki type tersebut termasuk diantaranya adalah SD7, SD9, GP7 dan juga SD24………..MbT menampilkan varian ‘highhood’ dari type SD7 dan SD24.

SD24 buatan EMD memiliki power 2400hp dibuat antara tahu 1958-63 ……sebelumnya EMD juga membuat seri SD 7 yang memiliki power 1500hp, SD7 dibuat oleh EMD sekitar tahun 1953 dan Union Pacific memiliki 10 unit………sedangkan untuk SD9, EMD telah membuat pada tahun 1954-59 dengan dijejali mesin lebih besar Diesel 1750hp….untuk yang ini UP kelihatannya kurang  minat.

Saat armada UP dengan High hood kumpul….dan terdengar signal bahwa akan ada tamu si PRR, maka masing2 UP tersebut unjuk kebolehan sesuai dengan kemampuannya masing2………mereka ini adalah 2 unit SD7 dan 1 unit SD24. Untuk yang SD7 memang sudah mempunyai reputasi yang hebat, SD7 yang pernah dijuluki “Cadillac” oleh para masinis memang mempunyai mesin yang halus dan kemampuan tarik yang mempesona sehingga type ini digunakan untuk road Switcher…….SD7 ini merupakan saudara tua dari GP7, SD7 mempunyai mesin Diesel seri V16 two-stroke yang menggerakkan 6 axle roda……..SD7 merupakan loko yang memiliki bobot cukup berat hingga 180 tons dan dapat melaju dengan kecepatan antara 55 – 89 mile/jam…..SD sendiri merupakan kependekan dari Special Duty

Kalau kita melihat prototypenya begitu hebat maka modelnyapun tidak akan kalah……pada kesempatan ini MbT mencoba empat loko High Hood dengan merk atau produksi dari pabrikan yang berbeda, untuk si PRR dengan #8589 adalah merupakan produk PCM (PrecisionCraftModel) lengkap dengan sound onboard.

Produk PCM ini memiliki fitur segudang, dengan memiliki detail yang lengkap dan akurat serta desain leter dan warna “Brunswick Green” yang sesuai. Model yang terbuat dari bahan ABS yang berkualitas dan frame die cast ini dilengkapi dengan lobang/grill fan see through, cabin lengkap dengan figur dan memiliki lampu double dikepala serta number board yang menyala.

Motor sangat halus dan dikontrol dengan board decoder yang tergabung dengan sound decoder…….mantab sekali, fitur sound lebih dari 24 fungsi, selain suara standar termasuk juga suara komunikasi antara masinis dengan station, suara terdengar jelas dengan melalui 2 speaker yang terletak dibagian bawah.

Loko kedua adalah Union Pacific SD7 high hood merupakan produk PROTO 2000, secara detail loko ini masih memiliki kualitas dibawah PCM, loko DCC ready ini telah dipasang decoder produk Digitrax……..motor cukup halus dengan memiliki daya cengkeram melalui konfigurasi roda CC sehingga mampu menarik beberapa belas gerbong tanpa ada masalah.  PROTO 2000 memproduksi UP dengan #455 terlihat pada number boardnya yang menyala, cabin juga sudah dilengkapi dengan figur masinis.

Selanjutnya loko yang ketiga adalah UP SD7 high hood produksi Blue Line (pernah diulas sebelumnya), Blue Line memang mempunyai terobosan dengan mengeluarkan jenis loko DC Sound sehingga MbT cukup menambahkan decoder maka sudah membuat SD7 UP dengan #778 ini meraung di mini LO MbT.

Blue Line juga melengkapi detail yang lumayan termasuk figur masinis juga sudah bertengger didalamnya, body terbuat dari bahan ABS dan Die cast frame. Secara keseluruhan sama persis dengan produk PCM, perbedaanya hanya pada electronicnya……..konon PCM juga sudah di akuiisi oleh BLI……..ternyata bukan hanya perusahaan kerete apinya saja yang diakuisisi tetapi pabrik modelnya pun banyak yang diakuisisi atau saling merger.

Model loko-loko jenis SD7 ini sudah mulai sulit untuk didapat dipasaran karena memang produksinya sangat terbatas, namun untuk yang produk BLI bebeapa hobby shop sudah membuka kesempatan untuk Preorder.

Produk yang masih ada dipasaran adalah keluaran Blue Line dan Paragon2 series namun dengan road name yang juga terbatas seperti NS atau Conrail…….kalau cari UP memang agak susah.

Untuk head lamp, Blue line memiliki nyala lebih putih dibandingkan nyala ketiga loko yang lain, sedangkan produk POTO 2000 mmpunyai nyala paling merah, kalau yang paling terang adalah produknya PCM…….MbT menyukai nyalanya produk Atlas…

Untuk loko berikutnya…..UP SD24 High hood produk Atlas Master series Gold, loko ini sudah dilengkapi dengan sound decoder onboard dengan fitur lengkap. Loko ini memiliki detail yang sangat lengkap dan unik, khas seperti saudaranya SD24 low hood, loko ini memiliki beberapa tabung udara diatas atapnya seperti Torpedo…….itu ciri khas SD24, juga ada di SD26. Body terbuat dari ABS berkualitas dan dicetak dengan sangat rapi termasuk detail yang terpisah.

Warna UP kuning dan abu2nya sangat menarik, dilengkapi strip warna merah dan truck warna silver. Pada kabinya juga sudah duduk 2 figur masinis yang selalu siap menjalankan loko ini.

Soal fitur sounnya….jangan diragukan lagi…semua suara lengkap dengan hasil rekaman yang jernih, suara klakson/hornnya mantab dan diklaim sangat original…..sehingga kalau ketiga loko high hood tersebut dinyalakan hornya maka suaranya tidak ada yang sama……..hal ini merupakan identitas masing2 pula.

Menarik membahas si hidung ini……dan masih banyak lagi type2 loko yang memiliki jenis High hood seperti SD9, GP8 dan juga seri RS buatan Alco………secara keseluruhan MbT merekomendasikan produk Atlas atau PCM karena memiliki detail dan elektronik paling halus…….demikianlah perjalanan PRR ke mini LO MbT yang dikuasai oleh armada UP…….puuunten numpang lewat yah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: