Drag race UP SD24………

 

SD 24 merupakan koleksi Loko lawas yang sangat unik bentuk/detailnya khusus dibagian atap dengan terdapatnya tabung udara seperti Torpedo berjejer siap menyerang…….dan kini tampil dengan gaya yang berbeda

Melihat judulnya saja sudah terkesan akan ada balapan antara loko jenis SD24 milik UP………….memang benar, hal ini MbT lakukan karena keperluan untuk consist jenis loko ini……ceritanya waktu MbT mencoba consist dengan berbagai cara kedua loko tersebut tidak dapat berjalan kompak…………alhasil maka dimulailah ajang “Drag Race UP SD24”

Kedua loko UP SD24  dengan #400 dan #401 tersebut MbT posisikan pada dua jalur yang sejajar, kemudian kedua loko tersebut diprogram dengan sistim consist multiple unit, artinya dengan mengoperasikan satu Address loko maka kedua loko tersebut akan bergerak bersamaan sesuai perintah kontrol unit.

Hasilnya  pada saat throttle langsung diputar ke posisi 25% dengan harapan loko ngacir bareng…ternyata tidak demikian, salah satu loko ngacir lebih cepat yaitu loko UP #401 sedangkan loko UP #400 tertinggal…..dengan hasil tersebut kedua loko sulit untuk di consist……kenapa demikian…..kedua loko adalah produk dari pabrik yang sama yaitu buatan Atlas dengan seri master silver, type loko sama SD24…..namun ada perbedaan yaitu yang #400 adalah DCC ready dan yang #401 DCC equiped. Yang DCC ready MbT melengkapi dengan decoder Digitrax DZ125.

Setelah MbT meningkatkan kecepatan menjadi 50%….kedua loko tersebut hampir memiliki kecepatan yang sama, satu hal lagi yang membuktikan bahwa decoder berbeda akan menghasilkan kinerja yang berbeda walaupun keduanya di set ke factory default. Sehingga MbT harus mengatur lebih dahulu masing2 loko dengan merobah V max dan V saat start atau dengan mangatur delay yang berbeda……lumayan harus sabar.

UP SD24 sudah tidak asing lagi bagi para penggemar kereta model, loko yang mempunyai tenaga 2400HP keluaran EMD ini dengan bentuk yang khas dan lengkap serta memilik detail yang khusus dibagian atapnya dengan adanya beberapa tabung udara (torpedo tubes), tabung udara ini sebelumnya terletak dibagian bawah, namun karena tanki BBM diperbesar hingga 3000 gallon maka tabung udara pindah keatas dibelakang cabin, SD24 juga populer karena merupakan loko pertama dengan  turbocharged Diesel Engine….konfigurasi roda C-C . Loko SD24 diproduksi di La Grange, Illinois pada era 1958 – 1963.

MbT mujur dapat mengkoleksi loko pertama #400 dan kedua #401 dari seri A SD24 ini yang dimulai dari #400 hingga #429, SD24 ini memiliki low short hood dan high hood…….bedanya hanya dibagian hidung nya untuk yang high hood sepintas mirip loko SD7 atau SD9….yang membedakan adalah bagian atapnya terdapat ‘Torpedo Tube’……MbT mujur lagi karena belum lama ini sempat dapat SD24 UP dengan road #448 …..dan memang menarik perhatian……terbukti para photographer tidak melewatkan kesempatan ini.

Sementara Drag race berlangsung terlihat rangkaian freight car melaju dengan ditarik oleh SD24 high hood, lihat saja bagian atapnya serupa yaitu dilengkapi dengan Turbo Tube, model  SD24 ini juga diproduksi oleh Atlas dengan varian Gold master series artinya sudah dilengkapi dengan sound onboard…….keampuhan dan keistimewaan Gold series produk Atlas ini mulai dari sound nya yang memiliki fitur lengkap keluaran QSI Quantum. Motornya berjalan sangat halus dan presisis, sehingga kalau kita baru membuka throttle satu strip saja loko sudah bergerak sangat lambat dan lampu depan sudah menyala.

Model SD24 dengan sangat rapi diproduksi oleh pabrikan Atlas Master series dengan mengeluarkan varian Silver series DCC ready, Silver series DCC equiped dan Gold series yang sudah DCC sound equiped. Atlas mengeluarkan type yang low hood dan high hood……motornya berkualitas, detailnya mantab namun warna kuning Armour Yellow dan abu2 Habour mist Grey nya tidak konsisten….

Untuk lightingnya sangat sesuai dengan prototype pada tahun 50 – 60 an…lampu cukup terang walau sedikit warna kuning , number board nya dilengkapi pula dengan lampu sehingga road# terbaca jelas………

….Akhirnya ketiga loko tersebut memang gak tahan lagi untuk gabung alias consist bertiga, hasilnya mantab maju lancar, loko UP #401 sebagai top loko diikuti UP #400 dan UP #448 (jalan mundur)…..ketiganya dikontrol dengan consist multiple unit by Super Chief DT402, Diesel sound dan bunyi horn yang dihasilkan hanya oleh loko UP SD24 High hood #448 sudah cukup nyaring merdu di mini LO MbT.

Loko Atlas SD24 ini merupakan produksi sekitar tahun 2006 sehingga sudah agak jarang ditemukan dipasaran, loko ini karena me miliki kekhususan detail dengan adanya Turbo Tube diatapnya maka cukup layak dijadikan bahan koleksi.

4 Responses to Drag race UP SD24………

  1. fly3rman says:

    Dont understand a word but very beatifull machines =)

    • muktiwibowo9 says:

      Hallo fly3rman,

      I’m Mukti, thank you for visiting my blog ‘Masinis bin Taro….unfortunately my blog still in ‘bahasa’ and I apologize for this inconviniences…beside modelrailroader a photography is also my hobby….let me know also, did you interested in modelrailroader.
      Just to translate little bit….’Masinis’ is chief Engineer who drive the locomotive and ‘bin Taro’ is my place in Jakarta.

      Best regards

    • muktiwibowo9 says:

      Hallo fly3rman, I’m Mukti, thank you for visiting my blog ‘Masinis bin Taro’….I apologize that my blog still in ‘bahasa’…beside model railroader a photography is also my hobby….let me know also, did you interested in model railroader.

      Just to translate little bit….’Masinis’ is chief Engineer who drive the locomotive and ‘bin Taro’ is my place.

      Best regards

  2. fly3rman says:

    Hi Mukti =), Dimitri my Name. Iam actually am interested in model railroad yes. At the moment iam slowly moving towards US Stuff after i got my WP Heritage sd70ace from kato. You on gauge H0 right? Iam on n. At the moment i have no layout to show but here some of my stuff:
    http://www.flyerman.org/modellbahn/modellbahn-figurenphotoausrustungwerkzeugkoffer-selbst-gunstig-bauen/
    On the pictures in your blog you can see very fast that your second hobby is photography =) Keep up the good work, i love photos of model railroad. Photography my second/first hobby too by the way:
    http://www.flyerman.org/category/fotoblog/ (scroll down a lil bit). Could you post some pictures with your full layout on it? I would like to see it at once.
    Iam from germany by the way and its nice to know there are people in indonesia doing us railroad hehe.

    with best regards ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: