….UP merah The Katy tampil mempesona

Setelah lama ditunggu hasil preorder akhirnya UP merah The Katy nongol juga, MbT sangat penasaran karena loko ini merupakan seri Haritage UP saat mergenya MKT ke UP sekitar tahun 1986…..dan untuk mengenangnya maka UP membuat salah satu lokonya dengan cat warna merah The Katy…..asal mulanya adalah loko SD70ACe UP #8396 yang kemudian berubah menjadi UP #1988 MKT.

Logo MKT masih terpampang pada sisi samping depan, sementara logo UP shield building America terpampang disamping belakang

Yang menarik memang warnanya yang ngejreng , selain mempunyai selendang warna coklat, dibagian hidung SD70Ace ini terpampang “Bintang putih”  cukup besar sehingga terlihat dari jauh. Warna silver juga merupakan warna yang menarik dibagian truck dan tangki BBM yang panjang terletak dibawah deck.

Jenis SD70ACe buatan EMD ini dipesan oleh UP sebanyak 215 yang diserahkan mulai 2005 sampai dengan saat ini……selain dipesan juga oleh perusahaan perkereta apian besar di Amrik sono……saingannya adalah  GE Evolution series type ES44AC dan ES44DC.

Masih cerita sedikit tentang hebatnya SD70Ace…..loko ini dijejali dengan mesin Diesel yang ramah lingkungan ….selain tidak menambah polusi mesin Diesel ini di klaim sangat hemat BBM……mmm kapan yan PTKI mampu mengoperasikan loko seperti ini…..pasti hemat energi.

Dan…..didalam kokpit penuh dengan peralatan canggih termasuk alat navigasi, GPS dan alat komunikasi modern….dan dibagian dahinya ada head lamp yang dikombinasikan segitiga dengan Ditchlight…operation live saver men!

Nah sekarang soal modelnya…….melanjutkan debut pabrikan MTH, seri SD70 ini merupakan produk Diesel MTH yang sangat dibanggakan. MTH membuat model loko ini sebelum dibuat oleh pabrikan lain dengan memproduksi secara lengkap seri UP Heritage unit yang merupakan loko UP yang di cat ulang dan diberi road# ulang terdiri dari UP #8379 yang dinomor ulang menjadi UP #1982 MP Heritage, UP #8383 yang dinomor ulang menjadi UP #1983 WP Heritage, UP #8396 yang dinomor ulang menjadi UP #1988 MKT Heritage, UP #8423 yang dinomor ulang menjadi UP #4141 George HW Bush , UP #8521 yang dinomor ulang menjadi UP #1989 DRGW  Heritage, UP #8522 yang dinomor ulang menjadi UP #1995 CNW Heritage dan UP #8523 yang dinomor ulang menjadi UP #1996 SP Heritage.

Selain seri UP Heritage, MTH juga mengeluarkan untuk yang lain seperti UP, BNSF, CSX dan juga NS….andalan utama adalah menampilkan seri loko Diesel modern lengkap dengan detail yang gak diragukan lagi. Detail railing yang terbuat dari brass, see-trough fan dan detail cab lengkap dengan figur merupakan unggulan juga. Selain hal itu para modeler mengetahui bahwa MTH juga handal dalam elektronik dan dalam hal ini MTH terkenal dengan Proto Sound3.0 nya.

ProtoSound 3.0 mengunggulkan beberapa hal….MbT mulai dengan sistim “digital uncoupler” yang cukup bombastis dan ini MTH mulai menerapkan pada semua produk lokonya kedepan…….soal sound wah jangan ditanya lagi…sangat lengkap bahkan suara komunikasi masinis dapat dipilih bermacam2 termasuk suara ramai distasion…suara2 ini sangat realistis sesuai dengan suara saat loko akan jalan atau tiba di stasion…..suara standar lainnya seperti bell,horn,engine revolution, brake dapat dikontrol dan dipilih masing2.

ProtoSound decoder  merupakan board terintegrasi dengan sistim kontrol motor dan lighting, loko MTH ini dilengkapi dengan ditchlight yang dapat dikontrol serta berkedip gantian saat horn diaktifkan….lampu number board dan cabin juga dapat dikontrol terpisah (F5)…..sedangkan motor dilengkapi dengan EMF sehingga dapat berputar sangat halus…hal ini sangat cocok untuk jalan perlahan didaerah industri.

MbT mencoba menarik lebih dari 20 gerbong…….hasilnya masih mantab dan lancar, namun perlu diingat karena sistim elektronik dan fitur yang segudang tersebut maka loko ini menyedot listrik cukup besar, dan kalau voltmeter menunjukkan dibawah 10v maka sistim elektroniknya kurang maksimum kecuali kalau loko hanya melaju tanpa sound dan lighting. Hal ini tidak masalah kalau pasokan listrik di sistim kontrol yang kita miliki cukup dan stabil.

Pada kesempatan simulasi opersai MbT mencoba pula menggabungkan denga SD70 produk MTH yang lain, dan setelah ketemu maka coupler diadu untuk bergandengan…..jadinya consist 2 loko produk MTH SD70Ace dan keduanya adalah UP……hasilnya memuaskan untuk diabadikan.

Perlu dicatat pula saat MbT menggandeng gerbong produk Atlas…terlihat pada couplernya bahwa MTH memiliki posisi coupler lebih rendah 1mm, namun MbT akhirnya menemukan jalan keluar yaitu mencari coupler overshank yang dipasangka pada gerbong tersebut……tapi hal ini tidak untuk semua gerbong…..gerbong yang harus kompromi.

Kalau kita teliti satu persatu bagian loko produk MTH ini secara garis besar tidak memiliki kekurangan kecuali belum dapat mengeluarkan “smoke”…..kelak MTH tentu akan memikirkan juga pasang smoke di loko Diesel. Untuk produk MTH ini selain MbT para modeller lain pasti juga merekomendasikan untuk dijadikan koleksi…….saat ini masih banyak didapat dipasaran toko hobby terkenal di Amrik sono….thanks!

One Response to ….UP merah The Katy tampil mempesona

  1. fly3rman says:

    The wonderfull katty machine:/
    Missed to buy it, hope for another run.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: