Trio UP menggandeng Trio UP…..consist lagi!

MP15AC buatan Athearn Genesis merupakan primadona loko jenis switcher, MbT mengulas jenis ini untuk bagi informasi sekaligus meracuni rekan2 KML supaya ….mabok kena racun Switcher…hex3

Kalau melihat rangkaian kereta yang terdiri dari belasan atau puluhan gerbong memang sangat menarik, tetapi kalau melihat rangkaian beberapa loko…..lebih sangat menarik. Disini MbT menampilkan kembali legendaris era modern si MP15AC…..saat ini dia tampil tidak sendirian …melainkan bertiga alias Trio UP alias consist 3 loko….mantap juga. Trio UP tersebut mengganding Trio UP PS 2600 covered hopper, memang terlihat over power namun ini hanya menunjukan bahwa consist tidak selalu loko besar…….MbT telah mencoba menarik beberapa belas gerbong dengan Trio MP15AC ini….dan hasilnya maju lancar.

Untuk consist ternyata memang lebih presisi dan tepat kalau consist terdiri dari jenis loko yang sama, produk pabrik yang sama dan decoder yang sama, walaupun MbT sudah beberapa kali menggabungkan loko yang berbeda juga ok saja. Consist 3 loko MP15AC ini merupakan 3 loko produk Athearn kelas Genesis yang memiliki detail yang lengkap dan bagus, menggunakan sound decoder produk MRC…..hasilnya mantab Diesel Engine meraung-raung serta bunyi horn dengan efek doppler yang asyik. Untuk consist ini MbT mengkontrol dengan Digitrax Super Chief dengan mode MU (multiple unit), lead/top loko adalah UP #1431 dengan disusul loko kedua UP #1393 dan loko ketiga  UP #1454 dengan formasi semua maju kedepan.

Consist terkadang kita jumpai salah satu loko berjalan arah mundur, hal ini tidak sulat dilakukan dengan menggunakan controller yang memiliki fasilitas MU, caranya sebelum di consist loko tersebut diset dengan ‘arah’ mundur, sehingga pada saat di consist lead loko akan mengkontrol sesuai arah tersebut. Selanjutnya arah ketiga loko consist akan mengikuti perintah yang kita berikan kepada lead/top loko.

Untuk consist dengan menggunakan fungsi MU,  perintah power dan arah yang selalu sinkron hanya dapat diberikan kepada lead/top loko. Untuk fungsi lampu dan sound agak berbeda perintahnya…….seperti prototypenya, fungsi lampu hanya dapat dikontrol kepada masing2 loko, sehingga kalau lampu ingin kita nyalakan semua (prototype hanya lampu loko depan saja yang nyala) setiap loko harus kita nyalakan lampunya masing2. Demikian juga untuk sound decodernya, masing2 loko harus kita aktifkan soundnya satu persatu……sehingga tiga loko akan bersuara bersamaan.

Beda kalau kita melakukan consist secara konventional, artinya loko diset dari awal dengan menggunakan address yang sama, maka dengan sistim ini loko akan bergerak brsama dan lampu serta sound akan berfungsi bersama…..hal ini tidak sesuai dengan prototype karena kalau mau membunyikan klakson harusnya hanya memang loko depan saja. Keuntungannya sistim ini dapat memindahkan rangkaian consist loko ke LO manapun dengan menggunakan sistim kontrol manapun. Kekurangannya kita tidak dapat membuat consist dengan posisi loko double head (A-A) atau ada salah satu loko yang ingin kita posisikan mundur.

Kalau kita perhatikan gerbong yang digandeng……..ya Trio UP PS 2600 covered hopper, merupakan gerbong muatan curah dengan kapasitas lebih kecil sekitar 2600 cu ft, gerbong ini dibuat oleh pabrik pembuat gerbong terkenal Pullmann-Standard dan model gerbong ini marak di era tahun 1960 di kawasan North America. UP memiliki banyak sekali jenis ini antara lain dari hasil merger dengan beberapa perusahaan transportasi KA seperti Kansas City – Texas dan lainnya.

Modelnya pun cukup menarik dan lucu karena ukurannya yang pendek 4,5 inch sehingga mudah beroperasi di LO dengan curve tidak besar.  Model ini diproduksi oleh beberapa pabrik seperti Athearn, Atlas atau Inter Mountain…..saat ini MbT menampilkan produksi Athearn dengan logo UP shield, detailnya cukup lengkap dengan material plastik yang bermutu dan roda metal RP25 serta berat yang sesuai dengan aturan NMRA.

Loko jenis switcher dan gerbong pengangkut curah ini sangat cocok untuk nuansa daerah industri pabrik tepung atau cement atau muatan curah lainnya. Untuk bangunan/structure MbT menyukai produk Walthers cornerstone karena merakitnya tidak terlalu sulit……….rangkaian consist Switcher tersebut dengan lincah langsir maju mundur dibagian mini LO MbT.

Secara keseluruhan produk loko MP15AC buatan Athearn kelas Genesis dan gerbong PS 2600 covered hopper juga buatan Athearn kelas ready to roll merupakan items yang layak dijadikan koleksi, terutama penggemar/kolektor jenis switcher dan nuansa industri……..dalam jumlah besar dan rangkaian panjang juga cocok kalau ditarik dengan loko seri GP atau SD24.

Satu hal lagi yang penting dalam hal mengapresiasikan hobby yaitu membuat foto atau video, sedikit sharing bahwa foto2 MbT sengaja saya publish di milis KML agar rekan2 penggemar dapat mengkoleksi foto sesuai keinginan……mumpung belum ada patentnya…he3x. Sekedar info bahwa foto diatas diambil dengan menggunakan Digital camera type SLR dan menggunakan lensa zoom 16-85 mm dan fixed lens 50mm – 1.4, pencahayaan natural tanpa lampu kilat, speed 15 dan diafragma antara 4 – 8…selamat mencoba.

6 Responses to Trio UP menggandeng Trio UP…..consist lagi!

  1. Ovan says:

    waduh switchernya ok punya.
    beli satu deh pak. tapi cicilan seumur hidup. hahaha
    pokoknya keren bgt deh

  2. joedy says:

    Pak Mbt…… ini yg tempo hari dikasih lihat, kisi-2 lobang radiator depannya tembus ke samping kan ???

  3. oki kurniawan says:

    Switchernya cantik sekali…..

  4. MbT says:

    Bung Ovan/Pinguin/Oki

    Thanks atas dukungannya, sengaja saya tampilkan kembali switcher karena banyak rekan2 yang suka dan sering tanya2…….masalahnya tidak mudah juga cari switcher sesuai dengan keinginan…..swicher oh switcher, kecil2 mantab apalagi consist

    rgds

  5. wirawan says:

    Pak MBt , kalau bisa sekali2 tampilin lok U30C nya unionpacific dong … Atau B27 nya UP … Trims
    Regards .

  6. joedy says:

    B27-UP Bachmann nya emang na kemana Pak Mbt ???
    Hehehehehehe…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: