UP hopper…..cara praktis bawa muatan curah

Gerbong barang merupakan gerbong andalan ‘angkutan darat’ dengan berbagai jenis muatan, baik dalam bentuk cair atau padat. Khusus untuk padat juga terbagi lagi beberapa jenis muatan seperti Container, general cargo dan bulk……nah untuk  gerbong Hopper memuat jenis muatan bulk atau curah seperti gandum, tepung, biji jagung atau semen curah.

Kata-kata “Hopper car” memang sudah populer ditelinga kita…..dan ternyata hopper car atau kita sebut saja ‘hopper’ ini memiliki jenis yang bermacam-macam, dikatagorikan dari ukuran volume muatnya dan juga jenis konstruksinya, ada yang terbuka seperti mengangkut batu bara dan ada juga yang tertutup. Untuk tulisan saat ini MbT memunculkan hopper jenis Trinity Covered hopper.

Covered hopper sangat populer untuk angkut berbagai macam komoditi di daerah Amrik Utara sana bahkan juga populer di daratan Canada…..makanya banyak pabrikan gerbong yang membuat gerbong model ini, salah satunya yang terkenal adalah ACF (American Car and Foundry)……dan sebagai contoh Trinity Covered hopper 5161 cu.ft ini merupakan produk yang cukup banyak beredar, antara lain dimiliki oleh armada Union Pacific (UP).  UP memiliki beberapa jenis hopper…. dan UP dengan bangga mencantumkan logo UP Shield atau semboyan ‘We Will deliver’ pada gerbong2 tersebut…..bahkan saat ini sudah banyak perusahaan lain yang sudah di akuisisi oleh UP seperti CNW, DRGW ataupun yang lainnya.

Warna abu-abu mendominasi warna hopper tersebut…dan biasanya rangkaian ini sangat panjang mencapai puluhan gerbong yang ditarik oleh Loko Diesel secara consist.

MbT mencoba untuk membuat suasana industri pabrik gandum/tepung dengan memperlihatkan beberapa rangkaian gerbong  jenis ‘covered hopper’…….jenis yang ditampilkan saat ini adalah model dari prototype Trinity Covered hopper 5161 cu.ft yang sangat menarik.

Pada mini LO MbT yang memiliki jalur 2 track melaju dengan mantap rangkaian hopper secara berlawanan arah dengan masing2 terdiri dari 10 gerbong yang ditarik loko Diesel secara consist, sementara didaerah parkir industri masih parkir menunggu giliran untuk ditarik mengitari mini LO MbT. …….hasilnya cukup menarik untuk diabadikan. Hopper berwana abu-abu dengan UP Shield logo dan semboyan We will deliver tersebut dibuat secara detail oleh pabrikan model train Athearn produk th 2009 mengeluarkan 8 unit dengan road# berbeda dan juga oleh pabrikan Inter Mountain rail road yang mengeluarkan sd 30 gerbong dengan road# berbeda……..dua brand tersebut bersaing merebut pasar, padahal sebelumnya Athearn secara detail masih tertinggal oleh Intermountain, namun sekarang produk Athern sudah mantab sama juga harganya juga makin mantab (ugh puusiing mikirin harga merambah naik terus gara2 tambah detail dan berkualitasnya produk).

Spesifikasi pada hopper tersebut cukup lengkap dan detail termasuk hand brake, compessor air brake, piping system, cover, stainless steel running board, hand grab maupun vertical ladder, roda metal dan magnetic coupler…..semuanya dibuat hanya untuk memenuhi kepuasan para pe hobby kereta model……..bravo man!

Pada mini LO MbT juga terlihat pabrik tepung ADM lengkap dengan big vertical Silo nya dengan beberapa aktivitas trucking juga……terlihat juga bagian pabrik dengan dilengkapi dust catcher yang merupakan situasi industri yang unik. Para model railroader saat ini dapat dengan mudah mencari pernik2 situasi industri karena pabrikan besar seperti Walthers Cornerstone selalu mengupgrade kreatifitas produknya.

Dua buah Shade terbuat dari ‘seng’ gelombang diatas yang lengkap dengan pintu geser besar merupakan produk built up dari cornerstone, sementara pick up dan box track UP adalah produk Mini Metals yang lebih banyak memproduksi vihicle era tahun ’60 an……membuat nostalgia tersendiri.

Terlihat juga consist antara loko Diesel SD38-2 produk KATO dengan SD40-2 produk BLI yang memiliki horn sound yang nyaring lengkap dengan efek dopplernya…..tooot tooooot toooooooooot.

Loko Diesel SD38-2 produk KATO dengan SD40-2 produk BLI sangat cocok untuk operasi road switcher didaerah industri…karena tidak terlalu besar phisiknya …….sedangkan untuk menarik rangkaian panjang hopper tersebut , MbT menggunakan consist dua unit loko SD60 keluaran Athearn kelas Genesis.

Loko dan gerbong hopper tersebut sangat lancar melibas tikungan curve 18″ apalagi untuk curve yang 22″…..joss masinis dengan kaku tanpa gerak tetap menatap kedepan (namanya juga figure alias patung…he3x)

Secara keseluruhan MbT berpendapat bahwa LO dengan nuansa industri grain merupakan daya tarik tersendiri selain juaga ada industri lain yang juga menarik seperti kawasan industri baja, pabrik minyak goreng, tambang batu bara ataupun daerah pergudangan.

Untuk gerbong2 yang mendukung kawasan industri tersebut telah diproduksi oleh pabrikan2 terkenal kereta model seperti Athearn, Atlas, Bachman, Intermountain ataupun Exactrail. Kalau disesuaikan dengan harga dan kelengkapan detailnya MbT menyukai produk Athearn dan InterMountain…..

5 Responses to UP hopper…..cara praktis bawa muatan curah

  1. joedy says:

    Pak Mukti….. emang bener, setelah menyadari, kalo kita pny Hobbie KM, rs nya lom lengkap kalo lom pny Hooper spti ini, apapun Brand Pabrikan nya. yah… 2-3 pc laaah, sebagai pelengkap. emang bagus kalo Hooper ini bila jalan dg 3-5 gerbong. Kekekekekekek…….
    Wussssssss……… suaranya itu lho, mak nyuessssss….

  2. muktiwibowo9 says:

    Setuju lah, pada umumnya para kolektor mengkoleksi berbagai jenis gerbong, namun pasti ada yang hanya focus di salah satu jenis gerbong….
    Jenis hopper sendiri bermacam-macam mulai coverred hopper, cylindrical hopper ataupun rib side hopper….
    Thks bung Pingui, saya harap dalam waktu dekat ini anda menayangkan koleksi hopper terbarunya dong…

    Salam KML

  3. wirawan says:

    Om mukti , ini hopper car trinity up harga nya berkisar berapa ?

  4. wirawan says:

    Om mukti , hopper yang up harga kisaran berapa ?? Mantap

  5. Teguh Santoso says:

    Om Mukti,

    Untuk satu rangkaian kereta dan beberapa gerbongnya lengkap rel dan satu station berapa kira2 harganya dan kemana saya mesti beli?

    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: