UP City of San Francisco………E7 A-B-B BLI!

…….mmm melanjutkan ulasan mengenai kereta Penumpang era Diesel, UP City of San Fransisco merupakan rangkaian streamlined passenger train yang kondang …….melayani trayek dari Chicago, Illinois dan Oakland, California ….hasil kerja sama operasi antara Union Pacific, Chicago & North Western railway dan Southern Pacific Railroad……hampir para penggemar model train khususnya penggemar model train Amrik mengenal dan menyukainya serta mengkoleksi modelnya…..

UP membeli seri E7 ini dari EMD tidak banyak seperti biasanya, loko E7A nya hanya 4 unit dan 3 unit  Engine E7B nya, untuk joint operation UP & C&NW E7A 1 unit dengan E7B 2 unit,  untuk joint operation UP , SP & C&NW E7A 1 unit dengan E7B 2 unit, padahal EMD seri E7A yang dibuat sejak tahun 1945 hingga 1949 sudah diproduksi mencapai 428 unit. Selain digunakan untuk rangkaian City of San Francisco, UP juga mengoperasikan City of LA…..nama2 tersebut terlihat berupa stripe warna merah menghiasi body samping loko ABB ….

…..untuk yang ditampilkan MbT  ini pada awalnya body masih polos dan kita dapat memilih decal yang sudah tersedia……dan mereka melaju melalui rutenya sangat pendek yaitu dari Bintaro ke Bintaro….he3x….maklum rangkaian ini hanya meluncur mengitari mini LO MbT, dengan terdiri dari loko Diesel EMD E7  konfigurasi A-B-B yang masing-masing mempunyai tenaga 2000hp…..total 6000hp full sound produk BLI.

CoS didalam sejarahnya sekitar tahun 1955 mengalami kejadian yang sangat  mencekam yaitu terjebak badai salju hingga ber hari2……gak dapat maju or mundur ….alhasil perlu pertolongan…..penumpangnya selamat, kalau di LO MbT dijamin aman gak pernah ada salju……cuaca cerah terus. E7 A-B-B produk BLI melaju terus dan melibas tikungan Radius 22″ tanpa mengurangi kecepatan sd 65% gas pol……rangkaian gerbong  terdiri dari 12 set produk Walthers kelihatan meliuk seperti ular berwarna kuning…….dishelf type LO.

Karena memang cuma beberapa unit E7A dan E7B  buatan EMD yang dioperasikan oleh UP …..maka termasuk modelnya juga tidak banyak, mujur MbT mendapatkannya produk BLI yang sudah DCC Sound A-B-B.

….seri E7 ini dilanjutkan dengan produksi oleh EMD dengan seri E8 dan E9 yang mempunyai HP lebih besar hingga 2250hp, UP juga memiliki lebih banyak  untuk seri E8 ini sekitar 17unit  untuk E8A dan 24 unit untuk yang E8B, secara kasat mata untuk membedakannya adalah dari bentuk jendelanya, untuk yang seri E7 menggunakan jendela persegi sedangkan untuk seri E8 dan E9 berubah dengan menggunakan jendela circle (bulat) nick name nya mereka menyebut juga “Bulldog nose”……MbT masih menunggu modelnya E8 yang akan dilansir desember 2010.

Produk BLI Paragon series yang dimiliki oleh MbT ini sekarang sudah cukup jarang dipasaran, BLI mengeluarkan untuk City of San Francisco dan City of LA, dengan warna kuning armour yellow dan atap abu2 harbour mist grey yang mempesona ditambah stipe warna merah yang sedikit membedakan dengan armada UP yang lain.

Produk BLI yang sudah full sound ini , memiliki konfigurasi A-B-B dimana yang A dan B powered dan B terakhir unpowered. Namun 2 unit yang powered ini sudah mampu menarik 13 gerbong produk Walthers di track datar dan elevasi 2%. Head lamp atas bawah yang menyala osilasi cukup terang….lengkap dengan number board yang menyala.

Untuk sound nya …..wah cukup menggelegar karena masing2 unit dilengkapi dengan 2 speaker yang mengarah kebawah, sound cukup lengkap dengan standar operasi controller F0 – F12. Dan decoder sound boardnya dilengkapi fasilitas pengatur volume dan sistim tombol reset kalau ingin kembali ke default.

Detailnya cukuplah karena memang model seperti E7 ini tidak banyak perniknya, lobang fan yang tembus pandang serta cockpit yangsudah dilengkapi figur dan huruf yang crispy merupakan hal standard produk BLI.

Di mini LO MbT ……CoS terlihat papasan dengan rangkaian E7 AB UP Streamlined passenger Train yang sudah diulas sebelumnya, dari bodynya tidak banyak perbedaan, kedua rangkaian ini adalah produk BLI, yang satu BLI Paragon series dan satu lagi BLI Blue Line series. Untuk sound nya produk Blue Line suaranya lebih keras dan lebih bersih….maklum sudah mengalami penyempurnaan. Detailnya masih sama dan keduanya dapat bernegosiasi di curve 22″ tanpa masalah. Bahan ABS plasticnya Blue Line kelihatan lebih baik….hanya saja MbT masih harus menambahkan DCC decoder untuk dapat mengoperasikannya, standard out of the box masih DC/sound.

Untuk CoS terlihat menggandeng gerbong POS RPO yang merupakan gerbong khusus untuk mengangkut barang POS, lengkap dengan detail locker dan meja kerja didalamnya (produk Walthers)

Untuk penggemar loko Amrik khususnya armada UP, MbT merekomendasikan produk ini untuk dijadikan koleksi, karena sangat kondangnya model ini dikeluarkan juga dalam skala N dan O, saat ini yang masih banyak dipasaran adalah yang produk BLI Blue Line sedangkan yang khusus UP City of San Francisco/LA akan diproduksi lagi tahun 2010 oleh Proto 2000 lengkap dengan 14 set gerbongnya keluaran Walthers.

One Response to UP City of San Francisco………E7 A-B-B BLI!

  1. wirawan says:

    Om Mbt , kalo beli lokomotif emang dimana sih om ?? Ada web nya ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: