UP passenger train dan E7….saingannya CZ! dan Super Chief!

Setelah CALIFORNIA ZEPHYR meluncur di mini LO MbT…..kini giliran Armour Yellow UP passenger train melenggang dengan rangkaian  gerbong 12 car produk Walthers yang ditarik loko E7 buatan BLI Blue Line…..membuat cukup sulit untuk pengambilan gambarnya. Rangkaian ini secara total panjangnya mencapai 4 m…..mmm panjang juga ya…..tapi MbT tetap mencoba menampilakan selengkap mungkin.

Protoype “UP passenger train”  merupakan kereta penumpang yang sangat terkenal di negera paman Obama pada era tahun 1955 an yang beroperasi antar kota-kota dipantai Barat Amrik. Kereta ini memang top markotop menyaingi California Zephyr (CZ)  dan Santa Fe Super Chief , “UP passenger train” menghubungkan beberapa kota Chicago – LA dengan layanan yang sangat khusus serta konon kabarnya menyajikan makanan 3x sehari dengan harga dibawah USD1.0 dan waktu menggunakan Challenger ditempuh 39 jam 30 menit……namun dengan “UP passenger train” waktu tempuh telah dipangkas 20jam sehingga tinggal 19 jam 30 menit saja……..kapan ya waktu tempuh Argo Lawu dapat dipangkas lebih dari separuh….

“UP passenger train” menempuh jarak sejauh itu dengan memiliki 2 tujuan menuju Timur dan kembali ke Barat, Chicago  menuju LA berhenti di Union passenger station, dan   sebaliknya berangkat esok harinya menuju Chicago dan tiba di Wells Street  Station…….tapi kalau di mini LO MbT ya bolak-balik muter kesitu-situ saja……..

“UP passenger train” ini memiliki jalur ke LA kemudian ..berkembang terus ada yang khusus ke San Francisco, untuk route LA ……UP bekerja sama dengan C&NW yang selanjutnya menjadi “UP passenger train” terkenal dengan nama “City of Los Angeles” melayani route Chicago, Illinois and Los Angeles California,….juga route lain dilayani dengan rangkaian dikenal dengan nama “City of San Francisco ” melayani route Chicago, Illinois dan Oakland, California , selain itu ada juga “City of Denver ” dan “City of Las Vegas”

Model rangkaian gerbong penumpang ini dibuat oleh pabrikan kondang Walthers…dengan detail lumayan lengkap. Warna Armour Yellow dipadu dengan Harbor Mist grey ditambah strip warna merah merupakan warna kesukaan MbT……dari jauh sudah kelihatan Bro!

Model rangkaian “UP passenger Train” ini sangat beragam dan sudah banyak sekali diproduksi oleh pabrikan terkenal Model Train, seperti Kato, Athearn, ConCor, Bachman……Jenis gerbongnya pun bermacam-macam termasuk era tahun operasinya antara lain ada jenis Heavy Weight car yang mempunya konfigurasi roda C-C ada juga jenis Pullman, dan yang MbT tampilkan saat ini adalah jenis Budd 85’ dengan kombinasi rangkaian satu unit Gerbong Bagasi, dan 11 gerbong penumpang yang terdiri dari …2 unit Vista Dome yang menjadi gaya naik kereta saat itu…dan yang paling buntut adalah gerbong Observation.

Detail gerbong dilengkapi sistim atap yang dapat dibuka untuk pemasangan figure penumpang dan pemasangan interior light. Interior cukup lengkap, mulai sofa duduk, bed, dining car ataupun tempat duduk di Vista Dome, kereta dilengkapi diapragma yang bergerak saat menikung.

Rangkaian UP passenger Train  yang melaju di mini LO MbT terdiri dari rangkaian 12 gerbong . Rangkaian gerbong tersebut terdiri dari : Baggage Car  (UP melengkapi dengan gerbong khusus pembawa POS – RPO) , 2×16 Section Sleeper, 2xVista Dome Car, 48 seat Dinning car, Double Bedroom sleeper dan gerbong terakhir 1 Observation car…..gerbong Vista Dome dan Observation ini merupakan daya tarik utama dari rangkaian UP Passenger Train. 

Yang paling menjadi tantangan MbT adalah ……tertulis dalam masing2 box bahwa gerbong ini beroperasi minimum pada curve 24″….sedangkan curve di mini LO MbT 22″…alhasil setelah salah satu coupler diganti dengan yang center-long maka rangkaian UP Passenger Train ini dapat melaju dengan tanpa hambatan di mini LO MbT…kecuali gerbong pendek RPO tidak dapat kompromi karena boogi terbentur tangga……next pasti ada jalan keluar?!?

Setelah kita bahas rangkaian gerbongnya, mari kita lihat “Diesel Engine” yang menarik rangkaian tersebut. UP memilih produk EMD E7 dengan konsis A-B-B, prototypenya memiliki tenaga 3000 HP dengan 3 generator maka bukan hambatan untuk menarik rangkaian gerbong penumpang tersebut selama 13 jam dari satu kota ke kota lain.

Model nya MbT memilih keluaran BLI Blue Line yang baru meluncur sebulan ini, jenis E7 ini sebetulnya sudah dapat dipreorder sejak 1 tahun lalu……..kualitasnya gak perlu diragukan lagi, body ABS dengan jeroan Proto sound decoder DCC ready…setelah MbT mencangkokkan power decoder produk Digitrax DZ125 maka dengan sangar mesin Diesel dari 2 speaker tiap unit meraung raung sepanjang LO MbT……jangan lupa memindahkan jumper J1 ke J7 untuk kontrol lighting yang menyala terang dan head lamp atas yang berkedip serta number board iluminated.

Secara keseluruhan rangkaian gerbong ini ok lah…..memang sudah aga jarang mencarinya maklum keluaran 2005, tapi kalau lokonya masih gress….dan sangat cocok kalau dibuat consist ABB…..

Silakan mengkoleksi, pasti puas!

2 Responses to UP passenger train dan E7….saingannya CZ! dan Super Chief!

  1. Oki Kurniawan says:

    P.Mukti emang koleksinya nggak ada matinya…..!!!

  2. muktiwibowo9 says:

    Bung Oki thks atas kunjungannya, kalau ada masukan silakan posting no problem. Blog ini saya buat memang untuk penyegar para pehobby ka model dan para kolektor….dgn harapan ada manfaatnya dan…semangat terus!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: