California Zephyr …….saingannya UP….mantab!

blog16-DSC_1174blog1-DSC_1118

California Zephyr merupakan kereta penumpang yang sangat terkenal di negera paman Obama pada era tahun 1949 sd 1961. Sangat terkenal karena California Zephyr (CZ) menghubungkan beberapa kota yang kalau ditotal hingga sejauh 2,525 miles dan ditempuh selama 2,5 hari.

California Zephyr menempuh jarak sejauh itu dengan cara estafet, dimulai dari Chicago menuju Denver, Colorado yang dilayani oleh armada CB&Q yang estafet selanjutnya diambil ali oleh armada D&RWG yang menghubungkan hingga Salt Lake City, Utah dan estafet terakhir diambil oleh armada WP yang menyelesaikan etapi hingga California……mmm jauh amat ya…bisa Jakarta – Surabaya bolak balik 2 kali tuh…..kalau pakai Argo Lawu…kagak sanggup dah.

Panorama yang dapat dinikmati pada siang hari adalah indahnya Feather River dan Rocky Mountains dan pada malam hari menempuh padang pasir luar Nevada. Sehingga jelas CZ ini merupakan rangkaian gerbong Sleeper yaitu yang dilengkapi dengan cabin tempat tidur ….zzz…zzz

Warna perak yang sangat menyolok dan bersinar merupakan kekhasan CZ dan disebut juga “Silver Lady”……warna ini lantaran warna aluminium mengkilap seperti rangkaian KA PS Minggu – Depok…saingannya adalah rangkaian Kereta penumpang milik UNION PACIFIC City Of Sanfrancisco

 blog18-DSC_1176blog4-DSC_1121blog5-DSC_1122blog2-DSC_1119

Nah untuk model trainnya……para pabrikan berlomba untuk memproduksinya, antara lain KATO telah memproduksi dengan skala N, Marklin juga telah memproduksi juga dengan Skala HO dan mengambil armada WP sebagai andalanya dan………..kini BLI dengan bangga memproduksi rangkaian lengkap California Zephyr dari sebagian besar armada yang memiliki gerbong CZ tersebut…..mulai dari CB&Q, D&RGW kemudian Western Pacific (WP) bahkan karena sangat terkenalnya maka PRR juga ikut berpartisipasi dengan gerbong Sleeper nya.

blog22-DSC_1190blog25-DSC_1122blog28-DSC_1128blog29-DSC_1129blog27-DSC_1126

MbT sedikit akan cerita beberapa jenis gerbong CZ yang diproduksi oleh BLI ini, pertama gerbong ini dibuat BLI dengan warna yang mirip aslinya yaitu silver dengan bahan ABS yang finishingnya dilapis bahan Nickel sehingga kelihatan sangat mewah, dipadu dengan leter CALIFORNIA ZEPHYR berwarna hitam yang sangat crispy, juga nama armada nya serta tiap gerbong mempunyai nama masing2 seperti contohnya SILVER ANTELOPE yang merupakan nama pada gerbong Baggage milik D&RGW, artinya nama tiap gerbong dari lain armadapun juga berbeda walau jenis gerbongnya sama. Hal ini merupakan identitas yang sangat sesuai dengan warna gerbong yang “SILVER”

 blog24-DSC_1192blog31-DSC_1135blog31-DSC_1134blog4-DSC_1121

MbT mengkoleksi rangkaian CALIFORNIA ZEPHYR ini dengan mengambil milik armada D&RGW karena disesuikan dengan loko yang telah MbT miliki yaitu Alco PA-PA body die cast Rio Grande warna kuning produksi Marklin yang jeroannya diganti dengan milik Alco buatan Trix supaya dapat meluncur di mini LO MbT dengan controller DCC, loko ini aslinya sudah DCC tanpa sound kemudian MbT mencangkokkan sound decoder milik MRC…………suaranya cukup meraung sesuai kalau meluncur didaerah padang pasir.

 blog11-DSC_1180blog13-DSC_1170blog19-DSC_1178blog12-DSC_1169

Rangkaian CALIFORNIA ZEPHYR yang melaju di mini LO MbT terdiri dari rangkaian 9 gerbong walaupun seharusnya CALIFORNIA ZEPHYR memiliki rangkaian hingga 12 gerbong. Kesembilan gerbong tersebut terdiri dari : Baggage Car, 2×16 Section Sleeper, Vista Dome Car, 48 seat Dinning car, 3×10 Roomette-6 Double Bedroom sleeper dan gerbong terakhir 1 Drawing Room-3 Double Bedroom Vista Dome Buffet Lounge Observation…..gerbong Vista Dome dan Observation ini merupakan ciri khas dari rangkaian CALIFORNIA ZEPHYR.

blog16-DSC_1174blog21-DSC_1183blog34-DSC_1143blog30-DSC_1132blog13-DSC_1170blog27-DSC_1126

Seluruh gerbong CALIFORNIA ZEPHYR ini telah dilengkapi dengan full set interior dan lampu interior kecuali pada gerbong bagasi tidak dilengkapi dengan lampu……aslinya pun gerbong ini sangat sederhana jauh dari kemewahan seperti gerbong CALIFORNIA ZEPHYR yang lain, gerbong bagasi ini selalu dirangkaikan pada urutan pertama untuk membawa bagasi……BLI telah membuat cukup detail  dengan nama SILVER ANTELOPE, SILVER BEAR, SILVER BEAVER, SILVER BUFFALO dan SILVER COYOTE …semuanya nama binatang yang hidup di padang savana dan gurun Amrik.

blog39-DSC_1168blog38-DSC_1167blog23-DSC_1191blog32-DSC_1139

Selanjutnya giliran gerbong penumpang, 16 Section Sleeper merupakan gerbong yang dilengkapi dengan ruangan sebanyak 16 seksi yang tempat duduknya dapat digunakan untuk tidur secara nyaman, BLI juga membuat detail ini secara lengkap, termasuk kaca jendela berwarna hijau anti silau yang dilengkapi dengan tirai, interior lighting langsung menyala apabila DCC power on. Gerbong ini dengan mudah dapat dibuka untuk menambah figur didalamnya…………MbT pernah menghitung kalau semua gerbong dilengkapi dengan figur maka harga figur hampir sama dengan harga gerbong….ntar dulu ah….biar kosongan saja seolah baru diservice keluar dari Depo.

Secara keseluruhan California Zephyr produksi BLI ini merupakan produk model train yang menurut MbT sangat detail dan lengkap, mulai dari jenis gerbong, warna dengan lapisan Nickel, diapraghma yang bergerak, detail interior sampai detail dibawah gerbong yang memperlihatkan beberapa perlengkapan seperti kompresor ataupun pipa buangan WC. Lighting juga merupakan bonus karena kita tidak perlu lagi mikirin pasang extra lampu apalagi untuk gerbong Observationnya lampu belakangnya meriah, material ABS serta tooling terbaru.

Kalau kita longok detail gerbong bagian bawahnya …..bukan main…..sebagai contoh SILVER ASPEN memiliki sekian banyak detail ada kompressor ada lobang buangan WC…uhh bau juga nih….dalam hal ini BLI patut diacungin Jempol karena sudah menyaingi RAPIDO….

Gerbong 10 Roomette, 6 Double Bedroom Sleeper merupakan gerbong yang terdiri dari ruang duduk yang dibatasi denganpartisi, sehinga kursi pada saat tertentu dapat dirubah menjadi bed seperti KA “Bima” tempo dulu…..asyiik. Selain itu gerbong ini memiliki 6 buah kamar yang cukup luas dan masing2 dilengkapi dengan private toilet.  Kamarpun dilengkapi pengatur udara dan radio serta ada Kulkas…..mantab lah….untuk armada D&RGW gerbong ini diberi nama SILVER CREEK, SILVER SUMMIT dan SILVER GLACIER.

Dining Car….yang ini MbT paling suka soalnya biar perjalanan jauh kalau ada gerbong ini pasti gak bakalan kelaparan, apalagi gerbong makan ini dilengkapi Pantry dan Kitchen sehingga makanan dijamin disajikan dengan panas…nama gerbong ini SILVER BANQUET, BLI membuat gerbong ini sangant detail, mulai dari atap, antenna radio, interior bahkan bagian bawah gerbong lengkap dengan buangan toilet, kompressor, tanki air dan pipa-pipa.

Vista Dome dan Vista Dome Observation merupakan primadona rangkaian CALIFORNIA ZEPHYR bentuknya nya pun unik, gerbong ini dilengkapi lantai yang memiliki atap panorama, sehingga para penumpang dapat menikmati panorama alam secara luas. Gerbong ini selain dilengkapi tempat duduk sofa, dilengkapi juga dengan fasilitas Toilet. Duduk di Vista Dome tidak ada tambahan biaya dan tidak dapat dipesan khusus…….artinya boleh gantian untuk lihat panorama. Khusus gerbong observation….para penumpang dapat melihat panorama dibagian belakang kereta termasuk keindahan hutan Pinus dan panjang – lurusnya track……flex track kali yah….

blog28-DSC_1128blog30-DSC_1132

Satu hal lagi yang penting bahwa gerbong tersebut yang memiliki prototype panjang 85′ dan  untuk modelnya memiliki panjang 29,3cm dapat beroperasi pada curve 22″ , sebagai pembanding produk Bachman dapat beroperasi pada curve 18″ dan produk Walthers harus menggunakan curve 24″ bahkan produk Rapido disarankan di curve 26″.

So…BLI California Zephyr……perlu dan layak dijadikan koleksi, saat ini type2 tertentu sudah mulai sold out.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: