UP SD70Ace buatan MTH………digital uncouplernya mantab!

blog1-DSC_1059

Rasanya sudah tidak sabar….begitu menerima paket ingin segera mengoperasikan bagaimana sistim digital uncoupler yang diunggulkan tersebut. MTH untuk pertama kalinya memproduksi loko Diesel berbahan body plastic, detail brass dan frame serta tanki terbuat dari die cast…….lebih menariknya MTH menawarkan bahwa loko Diesel ini dilengkapi dengan digital uncoupler…..dan segudang digital sound yang sesuai prototype.

blog22-DSC_1086blog2-DSC_1060blog5-DSC_1064

Prototype SD70 ini telah diluncurkan dengan beberapa kali pembaharuan, pabrik loko raksasa EMD telah memproduksi SD70 ini sejak tahun 1992 sampai sekarang yang sudah mencapai angka 4000 unit lebih. Terakhir dengan type SD70Ace dan type SD70M-2 pada tahun 2005 yang diluncurkan oleh pabrik perakitannya yang di Mexico….perusahaan besar UP telah memesan type ini hingga 300 unit lebih. Pada tahun tersebut telah diproduksi Haritage series yang terdiri dari beberapa road name yang telah bergabung dengan UP seperti MKT, C&NW dan SP (pada kesempatan yang akan datang MbT akan mengulas khusus mengenai hal ini)

blog4-DSC_1062blog15-DSC_1079blog3-DSC_1061blog12-DSC_1073

Loko seri SD70Ace  ini merupakan loko andalan UP yang memiliki horse power 4300hp dengan menyalurkan pada traction motor konfigurasi C-C axles, type motornya AC. Loko seri terakhir SD70Ace ini telah dilengkapi dengan peralatan modern termasuk alat navigasi dan mesin Diesel yang sudah memenuhi standar lingkungan alias polisinya tidak berbahaya sesuai dengan peraturan EPA…….dan yang paling menarik adalah memiliki konsumsi bahan bakar yang ekonomis bahkan akibat ini perusahaan dapat menambah penghasilkan sampai 25%. Loko ini digunakan untuk menarik beban berat dan jumlah rangkaian gerbong yang panjang seperti gerbong batu bara dan intermodal.

blog14-DSC_1076

Bicara modelnya tidak kalah seru dengan loko benerannya, MTH memilih type SD70Ace yang merupakan loko terbaru dengan kipas radiator yang lebar sama degan lebar cab nya…….cabnya sendiri lebih panjang sedikit dan dilengkapi dengan peralatan modern, MTH juga telah memasang cablight yang dapat dikontrol melalui F5 bersamaan dengan on/off ditchlight yang dapat berkedip saat horn F2 diaktifkan….prototype ditchlight yeah!

Body ABS kwalitas nomor 1 digabungkan dengan detail horn, railing, snowplow terbuat dari brass dan chasis frame dan fuel tank terbuat dari diecast yang membuat loko ini memiliki bobot yang lumayan siap untuk menarik puluhan rangkaian gerbong.

Grill samping dan lobang ventilasi atas merupakan detail yang tembus pandang, grab rail dan side rail, anak tangga serta, hose serta detail pada boogie yang menyangga RP25 Metal Wheels yang dihubungkan dengan metal axles yang merupakan bagian kelebihan buatan MTH ini…..ditambah penampilan headlamp pada atas cabin dang ditchlight yang nyala berwarna putih serta warna asli UP kuning lengkap dengan lightning stripe dan Building America flag yang merupakan tampilan luar yang mempesona……MbT mengkoleksi awal dengan #8321 yang tertera pada number board yang menyala……pada cabin dilengkapi pula dengan 2 figure.

blog31-DSC_1079blog19-DSC_1083blog17-DSC_1081

Selanjutnya kita longok jeroannya….loko ini dilengkapi Powerfull balanced 12volt 5-poles precision skew-wound, flywheel motor, yang dapat mengatur kecepatan loko sesuai skala MPH, dengan dikontrol sirkuit buatan PROTO maka produk ini bertambah kesohor karena melengkapi Scale Kadee Compatible Controlled Proto Coupler walaupun dimikian MTH juga menambah spare mekanikal Kadee Coupler…….traksi dapat meluncur lancar pada curve 18″ merupakan kegembiraan sendiri untuk MbT dengan mini LO nya.

Proto sound 3.0 dengan digital command system sangat lengkap termasuk 4 macam komunikasi radio Masinis yang dikontrol melalui F4 ciri khas MTH setelah mengaktifkan power dengan F3. Sound lainnya termasuk Horn, Start up/down, Engine on/off, coupler close, brake sound, bell dan lainnya merupakan fungsi standar ditambah fungsi baru yaitu membuka coupler depan F7 dan membuka coupler belakang dengan F8…….mantab!

blog24-DSC_1089blog44-DSC_1117blog41-DSC_1114blog26-DSC_1092

Pada kesempatan ini SD70Ace buatan MTH consist dengan rival beratnya ES44Ac buatan Tower55, prototypenya pun merupakan singan berat yaitu antara EMD dan GE. Kalau kita ingat beberapa waktu lalu MbT pernah me review produk Tower55 yang juga memiliki detail yang bagus, ES44Ac dengan # 5471 merupakan loko era modern dengan memiliki power lebih besar (4400hp) dari SD70 (4300hp). Keduanya telah lulus peraturan pembatasan gas buang dari EPA.

blog9-DSC_1070blog20-DSC_1084blog10-DSC_1071blog8-DSC_1069

Consist antara SD70 dan ES44AC memang merupakan pasangan yang menarik, dipadu dengan rangkaian gerbong hopper produk ExactRail…….next kita bahas khusus mengenai produk baru ini. MbT telah mengoperasikan secara consist dengan menarik beberapa belas gerbong melalui curve 18″…….joss!

blog35-DSC_1100blog33-DSC_1104blog32-DSC_1107blog27-DSC_1093blog25-DSC_1091

Secara keseluruhan produk MTH tersebut cukup mengesankan, dengan harapan MTH juga akan merilis produk sekelas yang lain supaya terjangkau oleh para kolektor Diesel. Detail produk MTH tersebut dapat diacungkan dua jempol, apalagi Proto sound 3.0 yang mempesona itu, MbT merekomendasikan produk ini untuk dijadikan koleksi.

8 Responses to UP SD70Ace buatan MTH………digital uncouplernya mantab!

  1. Oki Kurniawan says:

    Loko dari MTH ini yang saya idam-idamkan, koleksi yang sangat indah P. Mukti….

  2. muktiwibowo9 says:

    Thanks bung Oki, MTH telah mengeluarkan beberapa road # antara lain 3 UP building America, SP, C&NW , KATY, Goerge Bush dll, kalau ingin dapet sebaiknya preorder dari sekarang

  3. prastiajibayu says:

    wah pak mukti ni koleksinya mantab mantab pisan nih??

    kalo boleh tau gimana sih caranya dapetin model model ntu?mahal gak pak kalo sampe ke indo?

    trus LO nya pak mukti sparepartnya apa aja pak?(rel,controler, dll)
    keep consist ya pak….
    terima kasih

  4. prastiajibayu says:

    thanks pak infonya,,,mo tanya nih,,,
    kalo bachmann ntu bagus ga pak?
    trus kontroler apa yang digital tapi bisa buat semua merek lokomotif?
    terima kasih,,,,

    • muktiwibowo9 says:

      bung Prastiajibayu, kebetulan saya pakai control unit “Super Chief” Digitrax dan seluruh loko saya yang terdiri antara lain dari BLI, Blue Line, Athearn, Atlas, Kato, MTH, Trix, Towerr55 dan menggunakan decoder Proto, MRC, Digitrax, QSI, LokSound, Bachman semuanya bisa dikontrol. Tentunya banyak merk lain juga memiliki kemampuan yang sama seperti MRC atau NCE.

  5. Imam says:

    Wah-wah pak saya jadi ngiler……pengen bgt punya mainannya. tapi liat harganya di pasaran jadi agak pesimis pengen bikin sendiri belum ada ilmunya. Kalo mboleh tau gimanasih mekanismenya biar bisa jalan kan itu pake listrik ya pak, kirim ke e-mail saya ya pak

    Terimakasih sebelumnya

    • muktiwibowo9 says:

      Terima kasih pak Imam atas mommentnya, memang digital uncoupler tersebut merupakan produk baru di jajaran MTH, dan kelihatannya MTH untuk produk-produk 2010 yad sudah menggunakan digital uncoupler pada sebagian besar produk loko nya. Mekanisme yang terlihat……coupler selalu dalam keadaan tertutup sehingga kalau akan menggandeng gerbong kereta harus didorong agak keras dan klik….langsung gandeng. Untuk uncouplernya begitu kita aktifkan fungsi uncoupler melalui F7 (depan) dan F8 (belakang) maka terlihat semacam pin metal kecil menjulur/mendorong keluar sehingga lock coupler terbuka sesaat dan loko kita gerakan maka sudah lepas. Lock sistim kemudian menutup kembali.

      Secara elektronik saya belum dapat jelaskan…..hebatnya kalau kita akan ganti yang menual, mudah saja lepas dan ganti coupler manual yang sudah disediakan.

      Saat ini MTH sudah lengkap dengan patent Proto Sound, Proto Smoke dan Proto Coupler.

      Thanks dan salam KMLI

  6. Imam says:

    Wah2…… harga sebanding dgn tech nya dipikir2.. org yang buat kereta model tuh kayaknya Engineer semua…..
    mantab lah buat koleksinya pak…. eh ngomong2 kalau beli pertama kali harus beli starter kit/set nya dulu ya pak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: