Big Boy #4023………diecast metal!

Sudah lama rasanya tidak melihat wajah BigBoy yang cukup gahar itu……MbT mencoba menampilkan kembali sibongsor hitam itu….dan saat ini BigBoy Union Pacific dengan #4023 diecast mejeng lagi..

blog4-P1030362blog2-P1030360

Para kolektor model train khususnya aliran Amrik pada umumnya mengkoleksi loko steam terbesar era III yang prototypenya beroperasi sampai tahun 1960 dan karena sibongsor ini boros batu bara maka dengan berkembangnya teknologi permesinan maka selanjutnya digantikan oleh loko Diesel.

Modelnya sampai dengan saat ini masih diproduksi oleh pabrikan modeltrain beken seperti PCM, BLI, RIVAROSSI, TRIX bahkan MARKLIN. Para kolektorpun giat memburu produk2 tersebut karena termasuk langka alias produksinya tidak terlalu banyak. Untuk yang produksi 2006 sampai sekarang model loko ini sudah dilengkapi dengan perangkat DCC yang cukup canggih untuk mengontrol laju, lampu dan sound nya.

blog6-P1030364blog3-P1030361

BigBoy UP #4023 ini merupakan produksi BLI terbuat dari diecast………merupakan favorit MbT selain memiliki sound yang lengkap dan jernih, BigBoy ini dapat melaju dengan menarik puluhan gerbong (telah dicoba di mini LO MbT dengan menarik 31 gerbong) dan melibas curve 18″ dengan mulus.

blog7-P1030365blog5-P1030363

Produk BLI ini memiliki detail yang lengkap termasuk figur masinis dan tukang kompor sudah terpasang………piping dan hand grab rail terbuat dari brass, piping juga dari diecast, katanya tooling yang digunakan sama dengan tooling untuk BigBoy nya PCM……..so detail sangat tajam …..bisa dilihat pula pada paku keling di body maupun tendernya.

 blog9-P1030369blog10-P1030368blog8-P1030367

Speaker besar dan decoder terpasang pada tender, dengan menghubungkan kabel dari loko ke tender maka…..joss loko menggeram dengan berbagai suara dari mulai buang air, steam, suara batu bara yang membara, saat diletakkan di mini LO MbT, yang agak ribet adalah posisi konektor karena sounboard terletak pada tender sehingga perlu membuka baut dulu untuk memasangnya……..alhasil begitu kabel tersambung untuk buka lagi agak ribet.

Secara keseluruhan Loko BigBoy ini patut dijadikan koleksi…..

2 Responses to Big Boy #4023………diecast metal!

  1. fredhi agung says:

    manteb pak Mukti.
    Apalagi kalu ketemunya lok2 diesel amrika yang bongsor juga. DD40x atau lainnya

  2. muktiwibowo9 says:

    Thanks bung Fredhi, setuju diketemukan dengan DD40X selain bongsor memang agak susah carinya…..MbT lagi nunggu barangkali ada yang punya produk OMI yang dapat diakuisisi….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: