AC 6000 Paragon2 ternyata menyimpan ‘ribuan function’…..

Seperti pada posting sebelumnya bahwa AC 6000 Paragon2 secara phisic luar tidak berbeda dengan saudaranya si Blue Line, tapi ternyata jeroannya menyimpan segudang “functions” bahkan dalam manual nya disebut memiliki ‘ribuan functions’, setara produk kelas atas.

blog1-DSC_0590

Kita mulai dari Engine nya, Paragon2 memiliki motor dengan fasilitas kerja back EMF speed control yang dapat beroperasi secara pelan dan halus cocok didaerah industri, selain itu sejak dari pabrik sudah di set apabila kita mulai menjalankan throttle maka speed Loko tidak langsung “ngebut”, namun speed akan bekerja realistis seolah menarik gerbong berat sehingga speednya bertahap.

Pergerakan motornya pun ada delay, sehingga kita dapat mendengarkan dulu “engine sound” yang gemuruh mengeras kemudian disusul dengan gerak Loko yang perlahan.

Walaupun demikian kalau operator tidak sabar maka fungsi tersebut dapat dibuat normal dengan merobah nilai pada masing-masing CV nya CV10, CV245 dan CV248, sehingga EMF ataupun delay start tidak berfungsi.

blog2-DSC_0581

Untuk lighting, loko ini sudah dilengkapi lampu warna putih yang menyorot langsung cukup terang ‘white dirctional LED light’ dan terang cahanyapun dapat diatur dari salah satu CV 231.

Loko ini dilengkapi ditch light yang dapat dikontrol on/off melalui F7 sehingga merupakan kelengkapan yang menarik. Selain itu ditch light dapat menyala bergantian ‘oscilate’ apabila horn dibunyikan melalui F2.

blog12-DSC_0584

Mengenai sound yang dimiliki?….jangan ditanya lagi, Paragon2 telah memprogram dan menyimpan dalam chip di sound board dengan kualitas saound yang baik melalui output 2 unit speaker terletak di tangki bahan bakar.

Sesuai function yang ada telah terdaftar sejumlah 28 macam dengan pengaktifan melalui F1 – F28.  Beberapa sound yang menarik dan unik adalah F2 Diesel Horn, horn ini bunyinya dapat dimainkan panjang pendeknya serta dapat membuat efek doppler yang menarik. Horn memiliki bermacam fungsi pula apabila diprogram melalui CV224 dan CV227 dan dapat diprogram otomatis bunyi apabila loko start atau loko berhenti.

Sound menarik lainnya yaitu pada F15 Freight Sound, pada saat loko stop dan F15 ini diaktifkan maka terdengar ‘pesan kereta barang’ akan berangkat dan setelah berjalan lebih dari 30 detik kemudian loko berhenti F15 akan memberitahukan ‘pesan kereta barang telah tiba.

blog3-DSC_0569

F16 – F21 merupakan fungsi untuk mengaktifkan beberapa macam background sound terdiri dari  F16 is Maintenance facilities sound, F17 adalah Crew Radio Messages, F18 adalah suara kesibukan kota, F19 suara kesibukan di farm, F20 suara kesibukan Industri dan F21 suara kesibukan di pabrik kayu.

Yang paling menarik adalah fungsi F26 dan F27 merupakan Macro Recording yaitu fasilitas untuk merekam pergerakan atau operasi loko, dengan demikian kita dapat mengoperasikan loko persis seperti operasi yang pernah kita rekam…..

Kalau untuk consist adalah sudah umum karena loko dapat diprogram untuk consist  loko depan, tengah atau belakang.

blog8-DSC_0577blog11-DSC_0582

7 Responses to AC 6000 Paragon2 ternyata menyimpan ‘ribuan function’…..

  1. ari says:

    wow……………. trus klo blue line juga pnya fungsi
    tersebut tdk ya……………

    • muktiwibowo9 says:

      Thks mas Ari, untuk seri Blue Line sound nya standar saja, yang saya sebutkan di Paragon2 tidak dimiliki Blue Line.

      Thks n rgds

  2. Nugi says:

    mantab!
    pokoknya saya hrs denger dan liat sendiri nih fungsi2nya.
    btw switcher UP nya dah beres pak ? (MP15AC_)

    • muktiwibowo9 says:

      Ok thks mas Nugi, ….hari jumat kemarin saya juga coba di TC, masalahnya kalau controller kita tidak memiliki fungsi sampai F28 maka harus di mapping lagi dan mengganti fungsi F yang tersedia dengan yang kita butuhkan untuk Paragon2 ini.
      MP15AC saya lampu belum nyala….jadi yang nyala MP15AC loko depan saja (consist)

      Thks n rgds

  3. joedy says:

    Pak Mbt……… oufhhh……. gak tahan saya dgr & melihat AC6000 PARAGON 2….. waoooooooooo……. sementara saya baru bisa bilang “waooooo” dulu deh………bikin hati panas terkompori, kekekekekekekek……

  4. joedy says:

    Pak Mbt……… smua type AC6000 BLI sama fungsinya, dgn roadname type lain selain UP ????????
    kalau Blue Line khan hanya DC, tp bisa Sound aj khan……???? type lain apa yg sdh ditangan Pak Mbt, selain UP……..??? Nanya doang, lhoooo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: