Profil Masinis bin Taro

blog5-dsc_00992FB26                                 MUKTI WIBOWO 

Menjadi masinis Kereta Api model sejak 2006…..sudah menjalankan Loko di USA dan daratan Eropa ……he 3x maksudnya di LO Masinis bin Taro (MbT)

Koleksi yang diutamakan adalah dibawah armada USA Train Union Pacific……alasannya simple saja : Armada prototypenya termasuk terbesar, warna loko Dieselnya ngejreng kombinasi Armour Yellow dan Harbour mist Grey dengan Red stripe sehingga mencolok di LO, sedangkan Steam Locomotivenya Big Boy merupakan loko terbesar yang pernah dibuat dan sangat legendaris, varian ModelTrainnya sangat banyak pilihan dari beberapa Era.

Koleksi loko dan gerbong saat ini lebih utama dibandingkan pengembangan LO “L” type dengan ukuran 3,2m x 2,8m yang memiliki track 2 jalur dan siding untuk daerah industri 6 jalur. Nuansa lebih mengarah ke aroma Industri multi era. DCC controller masih menggunakan Digitrax Super Chief.

U1seoul

Untuk menulis atau menceritakan apa yang dilihat atau yang dipikirkan tidaklah pekerjaan yang mudah…….MbT ingin berbagi mengenai dunia belantara Kereta model yang MbT ketahui kepada seluruh penggemar blog dengan harapan para penggemar makin lebih bersemangat dan lebih termotifasi. …..kendala utama bagi MbT untuk menulis adalah mengatur waktu kapan membuat foto, kapan membuat tulisan dan kapan ada waktu mempostingnya……semoga selalu lancar……dukungan dari para pengunjung sangat kami hargai.

Hobby lain yang cukup mengasyikkan adalah Photography………..digabung dengan profesi sebagai Marine Surveyor.

 

 

Sudah cukup lama MbT tidak mengisi dan menambah profil pada blog ini….terlalu dibukan dengan meng update ulasan kereta yang selalu kejar tayang setiap bulan…..

Selain itu pada beberapa waktu terakhir ini MbT agak padat jadwal wira wiri…nyobain kereta cepat di China, Korea ataupun Jepun….memang kadang bermimpi kapan ya di Jakarta/Jawa ini dapat merasakan kereta cepat yang bersih dan aman…..one day kah?

j5 j7jepun2unnamed

 

68 Responses to Profil Masinis bin Taro

  1. Afif says:

    Ass.Wr.Wb.

    Congratulations untuk blog masinis bin taro nya mas… Hebat banget deh, di sela-sela kesibukan masih sempet bikin blog…

    Semoga rangkaian gerbongnya makin panjang ya mas…

    Wass.Wr.Wb.

  2. Fredhi says:

    pak mukti ini, apakah kerjanya dibidang kapal atau supervisi kapal,
    kayaknya mungkin familiar wajahnya.
    salam fredhi

  3. Afif says:

    Lagi di kantor, sebelum pulang, sempetin liat masinis bin taro dulu. Ternyata bener, sekarang lay outnya sudah mulai hijau, seger, ga plain gitu… Pelan-pelan penghijauan nya ditambah, biar gak polusi dari uap loko-nya… tuuuut…tuuut….

  4. Greeting…

    Silahkan mangpir dan kumpul bareng di http://www.semboyan35.com
    Kita diskusi soalan kereta api beneran dan kereta api model.

    Sukses!!

  5. Nashiruddin says:

    cantik sekali foto2nya pak…
    apakah ada kawan yang spesialis KA indonesia, baik diesel maupun uap. Sepertinya tak ada KA indonesia yang dijual dipasaran, jadi harus dimodifikasi dari model yang ada.
    Mohon pencerahannya Pak…terima kasih.

  6. aditya nugraha says:

    Selamat sore pak Mukti,
    Saya kebetulan baru mau memulai hobi ini walaupun nyicil2, hehee …
    Menyenangi hobi ini juga karena dihadiahi starter set trix dari kerabat. Rencananya mau membangun layout juga. Kalau boleh tahu layout yang dimiliki pak mukti memakai apa ya ? soalnya kalau saya mau mengembangkan layout menggunakan Trix, harganya agak tinggi ya kalau punya eropa. Cari yang agak sedikit lebih murah tapi bagus, hehee …
    Soalnya kebetulan saya juga penyuka Union Pacific, ingin punya layout bergaya amerika. Inginnya juga sih mulai punya loko UP yang pertama tuh SD70ACE sama ES44AC dulu, mungkin agak terjangkau dibanding UP Bigboy, Challenger atau UP. Merek apa ya pak yang bagus ?
    Terimakasih sebelumnya atas masukannya.

    -aditya.nugraha-

  7. joedy says:

    BUng Aditya… Anda sdh tepat sasaran mempertanyakan langsung pd Org yg Tepat, Masinis Bintaro akan selalu senang Hati membantu keinginan Anda….
    Sekali lagi Welcome aboard to Train Model Indonesi-American Style….Wakakakakkakakakak………

  8. muktiwibowo9 says:

    Thanks mas Aditya,

    Pertama saya senang bertambah teman sehobby, dan tidak salah kalau ingin mengembangkan hobby kereta model ini.

    Saya memang memilih armada UP karena termasuk armada besar di amrik….dan yang paling penting model UP sangat banyak pilihannya dari berbagai era dan jenis lokomotif ataupun gerbongnya…dan pernik pendukungnya juga banyak.

    Mengenai layout (LO) sebetulnya dapat disesuaikan dengan keinginan kita mau seberapa besar kita akan mulai….minimal saya sarankan satu ukuran lembar triplex.

    Untuk tracknya dapat menggunakan code 100 atau code 83 dapat menggunakan produk Atlas, dan sebaiknya pilih yang tanpa road bed (kalau LO saya masih pakai roadbed merk Roco + Bachman) kelak akan sy kembangkan dengan tanpa roadbed.

    Saat ini yang terpenting adalah pemilihan Digital control systemnya, untuk armada Amrik seperti UP sebaiknya juga pilih controller buatan Amrik seperti Digitrax atau NCE (saya pakai Digitrax)

    Untuk sementara ini dulu ya mas Aditya, saya akan sambung urun rembug ini kemudian.
    Rekan2 senior lain juga pasti bantu kalau mas Aditya tanya.

    Salam
    MbT

  9. aditya nugraha says:

    Terimakasih atas sambutannya n masukannya pak Mukti, juga bung Joedy yang ikut me-reply. Informasi yang berharga bagi pemula seperti saya.
    Kalau boleh tahu pak, biasanya Bapak, Bung Joedy atau rekan2 penggemar kereta model, berkumpulnya dimana ya? apakah di Trainz Cafe PI, atau ada tempat lain, kalo memang iya, apa ada jadwal tertentu ? Soalnya beberapa kali saya sempat datang ke Trainz Cafe, sempet liat banyak yang membawa keretanya masing2 n berdiskusi. Kayaknya seru banget, cuman saya gak berani negur, takut dibilang sok akrab, hehee …
    Kalo boleh juga pak, pengen lihat n minta dibahas mengenai layout bapak, kan selama ini kebanyakan bapak mengulas loko dan rolling stocknya, sekali-sekali gitu pak kalo gak keberatan, hehee …
    Sekian dulu pak, terimakasih banyak atas tanggapannya.
    Salam,

    -aditya.nugraha-

  10. joedy says:

    Bung Adyt… saya juga pemula, di Trainz Cafe (TC) itu tidak ada beda-2in golongan, atau sok akrab… ikutan aj,urun rembug, Ya..Pak Mukti ?? Saya juga byk belajar dari Pak Mukti (Mbt) dan beberapa assetnya dari beliau juga.. Pengembangan LO itu gak ada habisnya.. terus berkembang. Punya niat dan tekad yg besar tuk mendirikan LO (layout/diorama ), Uang dan Waktu. Saya sampe skr lom selesai-2 bangun LO, dari Febuari 2009, ukuran semeja PingPong Scala HO.
    Berawal dari Staterset yg terjangkau, merk “Bachmann” sdh mengobati. Staterset terdiri dari Loko, Gerbong-2, Controller, track, Transformator.
    bung Adyt, boleh tanya ke beliau. Saya sarankan Budget juga yg menentukan. Masalah LO juga boleh tanya beliau.. Beliau sdh cukup Pakar mengenai Kereta Model dan LO nya..
    Salam..

  11. joedy says:

    Oh iya, Bung Adyt.. Anda sdh bagus awalnya ada Staterset dari trix, walau itu Eropa, emang agak mahal materialnya… Kalo begto… tepat juga, kalo Bung Adyt tanya soal UP dg Beliau, (bukan Promokan beliau neh, saya bukan siapa-2nya… hehehehehehe.. )

  12. muktiwibowo9 says:

    Thks,
    Saya akan coba bantu kalau mas Aditya ada pertanyaan, dan kalau jawaban saya kurang lengkap maka pertanyaan dapat dilempar ke milis pasti ada yang bantu.
    Soal LO memang saya belum pernah ulas karena saya berangkat dari mengkoleksi loko dan gerbong UP, tapi next saya akan ulas bagian per bagian.

    Bung Joedy thank atas urun rembugnya….tapi jangan over promotion terhadap MbT….kan MbT juga baru mulai….ha3x

    Salam

  13. joedy says:

    Bung Aditya, begto lah Mbt..
    Pepatah lama mengatakn ” PADI.. SEMAKIN BERISI, SEMAKIN MERUNDUK..”
    Peace Mbt..

  14. aditya nugraha says:

    Hehee …
    Terimakasih atas tanggapannya Pak Mukti dan Bung Joedy. Saya mo coba cari2 info dulu mengenai kereta model, layout n pengembangannya, supaya nanti punya bahan untuk didiskusikan dengan master-master kereta model indonesia ini, jadi kalo dijelasin bisa langsung nangkep, gak malah nambah bingung dulu, hehee …
    Jangan bosan ya pak kalo tiba2 saya nongol di blog bapak, trus nanya ini itu … hehee…
    N terakhir sebelum lupa, mohon maaf lahir bathin ya pak Mukti dan yang lainnya, terutama kalau ada kesalahan2 penulisan.

    Salam.

    -aditya.nugraha-

  15. Oki Kurniawan says:

    Salam Kenal Pak Mukti Wibowo,

    Sejak saya sering membuka Blog Masinis Bintaro,saya jadi keracunan model kereta api…,khususnya Union Pacific…, sekarang saya saya sudah punya Lokomotif UP sd40-2 Buatan BLI(yeah…!)Pingin deh bisa belajar lebih jauh dari pak Mukti tentang Union Pacific…..

    terima kasih

    Oki Kurniawan

  16. joedy says:

    Bung Oki…
    Suatu koleksi awal yg bagus, UP-BLI… good… good..
    SELAMAT DTG DI PENGGEMAR KERETA MODEL

  17. joedy says:

    Foto of The Weeks-nya November lom tayang, Pak Mbt ??

  18. Oki Kurniawan says:

    Terima Kasih P. Joedy…., salam kenal juga, saya beli BLI karena rekomendasi dari P. Mukti di Blog ini….., memang mantap…., sudah saya pasang digital decoder NCE…, makin mantap…

  19. muktiwibowo9 says:

    Thks bung Oki telah mengunjungi blog MbT, dengan harapan dapat sedikit membantu informasi mengenai KA model. Memang blog MbT agak tematis….tdk salah kalau bung Oki pilih armada UP,
    Prototypenya memang memiliki armada raksasa dan KA modelnya memiliki banyak item serta tidak sulit untuk mendapatkannya, di hobby shop di Jakarta juga tersedia, kalau soal harga relatiflah, produk BLI salah satu produk yang sudah dilengkapi sound dekoder dengan harga friendly.
    Kalau ada waktu yuk kita rolling bareng SD40 di Train cafe hari Jumat sore.

    Thks dan salam
    MbT

  20. Oki Kurniawan says:

    Yeah…., boleh juga tuh P. Mukti hari jumat I’ll be there…, P. joedy juga kah…?

  21. muktiwibowo9 says:

    Hari Jumat ini saya bawa juga SD40 dan akan menarik gerbong hopper keluaran ExactRail, pa Jennie juga akan gabung…

    Cu n salam
    MbT

  22. sugeng says:

    Salam kenal Pak Mukti.

    Saya juga salah satu penggemar kereta model, posisi saya di Gresik Jawa Timur, saya sudah main kereta sejak lama (model Eropa Era III dan IV, tapi masih analog, HO Scale) sekarang ini saya sedang membangun LO yang hampir jadi dgn model amerika yg bs analog dan digital (atas bantuan salah satu begawan kereta model di Surabaya, Pak Iwan), saat ini sambil menunggu LO selesai, saya juga msh mencari beberapa kereta dan accesories track model amerika/eropa, yang saya ingin tanyakan ke bapak, dimana bapak dapatkan koleksi2nya ? apa import sendiri koleksi2nya ?

    Trimakasih banyak.

    Salam

  23. sugeng says:

    Sedikit tambahan Pak, koleksi saya sekarang, SD60 UP, AC449W UP, F7 SantaFe&UP, Erie 2-8-8-8-2, (kalau yang eropa ada 15 lok dan puluhan gerbong) saya pingin gerbong2 yang seperti bapak punya itu lho belinya dimana….he3

    • muktiwibowo9 says:

      Salam knal p’Sugeng, saya senang tambah kenalan baru yang memiliki hobby serupa.
      Sekedar informasi bahwa koleksi saya ada yang saya dapatkan ditoko hobby di Jakarta, ada yang saya beli langsung dari hobby shop diluar dan ada pula yang saya impor langsung.
      Kalau saya melihat koleksi p’Sugeng..wah sudah mantab tinggal dipompa terus semangatnya supaya koleksinya bertambah……..memang tidak mudah untuk memdapatkan item tersebut ditoko lokal sehingga terpaksa saya kalau memang sedang minat berat ya harus impor…..kalau soal harga ya seimbanglah.
      Tks atas kesempatan bapak meluangkan waktu untuk mengunjungi Blog saya.

      Salam
      MbT

  24. lucky says:

    Dear Mr. Mukti Wibowo

    asslm,wr.wb, selamat siang pak mukti salam kenal saya lucky penggemar hobby kereta model,saya tinggal di Bandung, saya hobby berat dengan UP, kebetulan saya sudah mengkoleksi loco sekitar 15 buah dan gerbong 60 buah, untuk koleksi UP hanya segelintir saja saat ini saya sedang membuat layout dan layout ini ingin saya isi dengan UP semuanya, saya punya loco dari brass ada 3 buah tapi bukan dari UP kebetulan mau saya lepas, saya sudah membaca artikel tentang bapak dan juga lihat koleksinyam salut sekali saya pak. kebetulan kalau bapak ngga keberatan saya mau barter pak itu kalau bapak mengizinkan / mungkin koleksi bapak ada yang mau dilepas ? setelah melihat artikel bapak, saya tertarik dengan UP Veranda gas turbine full die cast metal punya bapak apa bapak mau lepas ? no hp saya 081322777771. u/ sementara itu dulu pak sekian trim’s

  25. lucky says:

    kalau bapak tidak keberatan no hp bapak berapa y? n alamat bapak ?

  26. lucky says:

    kalau mau cari UP kereta model di jakarta dimana y pak ?

  27. muktiwibowo9 says:

    Wa alaykum salam p’Darmawan Lucky,
    Salam kenal, tks sudah mengunjungi blog saya.

    Saya mendengar info bahwa bp juga mengkoleksi armada UP …..ikut senang karena tambah rekan satu hobby.

    Mengenai Veranda saya hanya memilik 1 unit pa, jadi ya mohon maaf belum bs dibarter, kalau memang bp berminat nanti saya bantu carikan…melalui Ebay kadang masih ada yang nongol. Kalau di Jakarta juga agak sulit cari koleksi produk2 lama spt itu.

    Tks n salam
    Mukti

    • lucky says:

      selamat siang pak, pak kl tidak keberatan bantu saya carikn UP passenger merk RAPIDO DAYNITER COACH, soalnya saya mau tambah armada UPnya, bisa pak ?

  28. RAINIER H DAULAY says:

    Boz, kapan ya ada waktu utk mentorin sekaligus “nyeburin” gw…hahay
    InsyaALLAH, lokasi wiz ready to use
    Ditunggu kehadirannya…..
    Salam hangat,
    RHD

  29. agus r says:

    Salam kenal pak Mukti,

    Senang nih ada komunitas penggemar kereta api model. Saya sudah ada satu set stater kit merek LIMA (model HO). Belum lama ini saya dapat satu set lagi kereta model dengan lognya model Diesel. Tapi ada masalah di Dinamonya ngaa jalan. Setelah saya buka ternyata Kol (arang) dan per halusnya tidak ada ( kurang satu). Dimana ya om bisa cari komponen/spare partnya ? Terima kasih sebelumnya. Salam hangat, AR

  30. lucky says:

    ass,…. ketemu lagi pak mukti saya lucky penggemar KA MODEL dari Bdg, ada armada UP pak mukti yang mau dilepas loco/gerbong pak ? saya cari ko susah y. salam hangat,lucky

  31. lucky says:

    kalau secara specific sy dari loco cari F7 AB sedangkan kalau gerbong merk Rapido, kira-kira kisaran di harga berapa y pak ?

    • lucky says:

      slmt pg pak mukti lama tak trdngr kbr, masih ingat pak ? … oh iya ada yg mau sy tanyakan kl MTH SD70Ace addressnya bisa dubah g pak ? sekian trmksh.

      • muktiwibowo9 says:

        Selamat pagi bung Lucky, kabar baik…..prinsipnya semua address pada loco dapat dirobah, termasuk juga MTH SD70…..kapan ke Jakarta

      • lucky says:

        insyaalloh pa mukti, kadang sy suka ke jkt, ke tmpt adik di daerah Cijantung dan Cibubur ( kota wisata ), kl dari situ k bintaro jauh g pa ?

  32. ditto.nugroho says:

    Sore Pak Mukti,

    Apa kabar Pak … tumben nih belum ada ulasan2 lagi, ditunggu2 lho padahal … hehee …

    Pak, selain berkutat dengan KA Model, saya juga ada menekuni hobby lain. Masih kereta api model, cuma dalam bentuk 3d model, alias dalam bentuk grafis menggunakan software.

    Saya berencana membuat UP Bigboy dalam 3dmax. Nah sebagai sesepuh UP, saya yakin bapak juga punya buku tentang UP dan loko2nya.

    Nah kira2 buku apa ya Pak yang memuat ‘technical drawing’ bigboy dari lima sudut pandang (kiri, kanan, atas, depan, belakang), termasuk dimensinya.

    Saya sudah punya buku UP Across Sherman Hill (boleh pesan di Pak Weby, anggota KM&L juga … hehee) buku yang bagus, banyak foto yang bisa dijadikan acuan, tapi ndak ada technical-drawing-nya …

    Agak bingung mau beli buku apa lagi, takutnya salah beli. Boleh minta Saran Pak … ? atau mungkin bapak punya softcopy pak kalau boleh dishare … hehee …

    Satu lagi Pak, saya ada rencana mengakuisisi Bigboy, bagusan mana ya Pak, Athearn, atau MTH, atau ada saran lain lagi Pak … ?

    Makasih banyak pak, maaf kalau saya banyak tanya … hehee …

    Wassalam.

  33. L. Hakim says:

    Yth. Pak Mukti,

    Mohon maaf sebelumnya jika mungkin pertanyaan saya tidak seperti temen lain yang sudah mengerti tentang koleksi kereta model. Yang ingin saya tanyakan adalah:

    1. Dimanakah tempat saya bisa membeli kereta model dengan kualitas bagus seperti koleksi Pak Mukti, tapi dengan harga yang tidak begitu mahal?
    2. Bagaimana caranya merubah sistem dari analog ke digital? Apakah lokomotif dari sistem analog itu bisa digunakan pada sistem digital?
    3. Berapakah jarak ideal penempatan maket kereta model itu dari lantai?

    Saya harap Pak Mukti berkenan untuk menyalurkan sedikit pengetahuan yang Bapak miliki kepada saya. Terus terang saya juga sangat suka jika melihat maket kereta model. Oleh karena itu saya ingin mencoba untuk menjadi salah satu pengoleksi kereta model tersebut.

    Demikian dari saya, atas perhatian Pak Mukti saya ucapkan terima kasih.

    • muktiwibowo9 says:

      Yth. Pak Lukman Hakim,

      Salam kenal, pertama saya ucapkan terima kasih karena sudah menyempatkan mengunjungi blog MasinisBinTaro…..pada kesempatan ini saya akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan p’L Hakim :

      1. Sebelum menjawab pertanyaan untuk membeli kereta model yang bagus, tentunya kita harus pastikan terlebih dahulu skala nya HO atau N, ambil contoh skala HO seperti yang saya miliki, selanjutnya model Amerika atau Eropa, ambil contoh Amerika seperti yang saya miliki…..untuk pembelian cara pertama pasti saya pilih beli di toko hobby di Jakarta atau melalui online shopping yang sering ditawarkan di milis barang yang ditawarkan dapat dilihat langsung sebelum membeli. Cara kedua dengan sistim memesan ditoko2 tersebut dengan menyebutkan item yang akan kita beli sesuai dengan catalog, cara ketiga membeli langsung ditoko hobby diluar negri saat kita sedang melakukan perjalanan ke eropa/amerika atau australia, cara keempat membeli dengan melalui internet………kalau kita bandingkan antara harga dan kepuasan memilih, semua cara tersebut hampir sama dan keempat cara tersebut pernah saya lakukan.

      2. Untuk merobah dari analog ke sistim digital yaitu dengan memasang decoder yang sesuai, untuk jenis kereta yang disebut DCC ready dengan mudah kita tinggal plug decoder ke soket yang telah tersedia, apabila tidak ada soketnya maka konsekuensinya harus disolder. Karena sistim yang saya miliki sudah DCC system maka saya kalau membeli harus pilih yang sudah DCC onboard termasuk sudah lengkap dengan sound decoder sesuai keinginan kita.
      Beberapa sistim DCC dapat mengoperasikan jenis kereta analog contohnya seperti DCC controller buatan Digitrax

      3. Jarak/tinggi LO dari lantai sangat beragam mulai dari setinggi pinggang kita (90 cm) untuk dapat mengoperasikan sambil duduk, atau setinggi dada kita (120 cm) untuk dapat mengoperasikan sambil berdiri atau dapat lebih tinggi lagi (140-150cm) supaya pandangan mata kita hampir selevel dengan LO untuk menapat kesan kita berdiri di lokasi kereta tersebut. Yang terpenting menyesuaikan LO dengan loas ruangan, jangan lupa juga bahwa pengoperasian dan pemeliharaan dapat dilakukan dengan mudah serta siapkan lokasi untuk pengambilan foto atau video.

      Mengkoleksi atau hobby kereta model mempunyai seni tersendiri…..dapat mengaktifkan otak kiri dan kanan secara seimbang, dapat dimainkan kapan saja baik musim hujan atau panas dirumah…..tanpa hilang waktu dijalan dan tidak perlu jauh dari keluarga.

      Sebaiknya dipilih jenis yang memang disukai termasuk road name nya.

      Sementara ini dulu ya pak L.Hakim, silakan kontak saya lagi mungkin saya bisa share sesuatu.

      Salam
      MbT

  34. Eddy Mardijanto says:

    Selamat Pak Mukti, ulasannya mantab, ndak membuat orang penasaran untuk tau lebih banyak tentang kereta model, wassalam

  35. muktiwibowo9 says:

    Thanks p’Eddy atas dukungannya….dan detik ini blog stats telah menunjukkan angka 21000 artinya cukup banyak rekan2 penggemar Kamod memberikan support kepada saya, thanks untuk semua

  36. Asep Johari says:

    Saya dari dulu .. ingin sekali memiliki satu-set plan kereta api model seperti yg sudah saya lihat di blog bapak ..yang sangat lengkap , tetapi saya tidak tahu harus beli dimana .. mohon bantua nya pak

  37. ibnu says:

    Salam kenal Pak
    bagus sekalii,, terinspirasi ingin membuatnya
    ada yg ingin saya tanyakan

    1. Apakah sebuah track bisa digunakan dengan berbagai jenis loco
    semisal saya menggunakan track Kato tetapi loconya buatan Bachmann atau sebaliknya., dan apakan sebuah track bisa dicampur berbagai merk track

    2.untuk Digitrak apa bisa digunakan untuk loco Bachman, khan loco bachman punya kontroler sendiri, atau kato menggunakan Digitrax?

    Trims

    • muktiwibowo9 says:

      Salam kenal juga bung Ibnu,

      1. Pada prinsipnya seluruh track dapat digunakan dgn merk yg berbeda, semua merk loko dapat dioperasikan diatas merk track yg berbeda tentunya semua HO dan menggunakan sistim yang sama (digital), kecuali kalau sistim digital namun loko masih analog maka hanya kontroler tertentu yang mampu.
      Merk track yang berbeda dapat digabung , untuk lebih memudahkan harus memilih code track yang sama misalnya code 100, kalau codenya berbeda misalnya code 83 maka perlu menggunakan transition track dari code 100 ke code 83, jangan lupa memperhatikan sistim penyambungan track yang setiap merk dapat berbeda (khususnya yg pakai road bed) hal ini bisa disiasati dgn menggunakan sepotong track tanpa road bed.

      2.Digitrax dapat mengoperasikan semua merk loko termasuk Bachman tentunya yang telah menggunakan sistim DCC onboard. Kalau belum sebaiknya dipasang decoder terlebih dulu, walaupun Digitrax dapat mengoperasikan loko analog dgn menggunakan address “0”

      Tks n maju terus ya bung Ibnu

  38. ibnu says:

    Trims Pak mukti atas jawabnnya dan motivasinya

    Saya sdng bljr membangun niy pak dan ada beberapa hal lagi pak yang ingin saya tanyakan berkenaan dengan track dalam layout HO
    jujur saya bingung bagaimana memulai untuk membangun track yang sesuai dengan smua loco

    1. saya sudahi membeli stater set merek bachman dan MTH sekaligus,,kira” untuk membangun track (expand) di layout menurut pak mukti menggunakan merk apa yang bagus dan cocok dengan staterset saya smua,, walaupun didalam staterset sudah tersedia track juga..

    2. Menurut bpk lbh baik mengunakan code 100 atau 83 dalam expand layout??
    trus klo di bachman yang dimaksud dengan E-Z track apa ya pak, dan brp kode EZ track trsebut?

    3. Dari 2 staterset, saya memiliki 2 kontroler yakni bachman dan MTH, apakah bisa dijadikan satu kontroler saja dengan menggunakan DIgitrax seperi punya bapak??

    4. Kalo di LO bapak menggunakan Track merk apa dan codenya berapa?

    Trims pak, smga jawaban bapak mbuat saya smkn semangat…

    • muktiwibowo9 says:

      …Thanks sdh sempat baca blog saya…maaf karena kesibukan saya bulan Agustus maka blm sempat menampilkan posting baru.

      Untuk memulai bisa ada dua jalan, pertama mulai dari LayOut kecil yang kemudian akan dikembangkan atau langsung LO besar/final sesuai tempat yang ada.

      Track yang sdh dimiliki dapat dipakai, tidak masalah seandainya beda code, Bachman EZ memiliki cara penyambungan khusus karena sdh dilengkapi road bed. Bachman menggunakan code 100

      Langkah pertama memang harus membuat track plan terlebih dahulu sesuai tempat yg ada, kemudian memerinci kebutuhan track sesuai track plan, selanjutnya belanja track dll, kemudian menggelar track

      Saya menggunakan berbagai track yg saya milik tidak masalah, termasuk ada yg code 100 dan code 83, namun code 83 menurut saya lebih realistis

      Thks dan selamat mencoba Salam

  39. ibnu says:

    Pa kabar pak,, maaf mengganggu niy
    ada yang mw saya tanyakan kembali masalh track
    Saya sudah membeli starter set track merek bachman(ez-track), sebetulnya pertanyaan ini sudah sempat saya tanyakan sebelumnya:

    1. apakah kalo sudah menggunakan track bachman tidak bisa digabung/joiner dengan merek atlas true track code 83. saya membaca di forum dikarenakan EZ-track mempunyai koneksi yang berbeda di ujung track tersebut..bagaiman menyambungnya dengan merek atlas tersebut??

    Mohon pencerahan tentang track pak, saya agak bingung takut setelah membeli yang berbeda merek Ex bachman VS atlas true track tidak dapat disambung

    trima ksh pak

  40. man says:

    salam kenal, ane firman,nubie di dcc gan, ane mo tanya gan, kalo untuk LO dcc, digitrax zephyr vs nce power cab vs dynamis nya bachmann, any recomend gan? mohon petunjuk

    • muktiwibowo9 says:

      Salam kenal juga oom Firman, sekedar info Digitrax Zephyr Extra patut menjadi pilihan, walaupun NCE power cab juga termasuk produk populer, sementara Dynamis dari Bachman masih merupakan produk baru. Saya saat ini menggunakan Digitax Super Chief sudah 5 tahun cukup memuaskan.

  41. Firman says:

    terima kasih pencerahannya gan, terus kalo digitrax zephyr bisa nge jalanin kereta dari europe(roco, pico, trixx, fleischmann dll) ?
    mohon pencerahan lagi gan :D

  42. firman says:

    terima kasih pencerahannya pak mukti, saya mau tanya lagi, kalo untuk masalah track ane masih bingung antara unitrack nya kato atau ez track nya bachmann pak? mohon petunjuk

    • muktiwibowo9 says:

      bung Firman..smg sudah dapat jawaban beda antara Unitrack Kato dan EZ nya Bachman…kedua nama tersebut adalah merupakan patent dari sistim penyambungan antara track. Unitrack hanya dapat digunakan antar jenis Unitrack track dan EZ milik Bachman juga dapat digunakan khusus untuk track yang memiliki sistim sambungan ala EZ Bachman…kedua pabrikan ini terus mengembangkan sistim tersebut sesuai dengan kebutuhan secara lengkap bagi penggemar kereta model, thanks

  43. deddy says:

    nice…..keren pak, itu koleksi sampean di perjual belikan gak…
    minat ingin beli…;

    • muktiwibowo9 says:

      bung Deddy salam kenal,…..mmm koleksi saya memang tidak diperjual belikan namun kalau ada yang diminati….boleh2 saja nanti saya pikirkan apakah dapat untuk diakuisisi oleh bung Deddy dalam waktu dekat…

  44. Selamat sore pak Mukti,

    sebenarnya banyak yg saya ingin tanyakan niy,karena saya sebagai pemula yg ingin membuat layout seperti itu.Boleh saya tanya beberapa pertanyaan pak?

    1.Saya ingin tahu situs online d’indonesia yang menjual model kereta seperti ini karena saya berkali-kali search tidak mendapatkannya menemukannya situs yang saya cari.

    2.Masalah kualitas barang lebih bagus Bachman atau Marklin?

    3.Kira-kira kalau yang sistem analog itu menggunakan tenaga listrik nya seberapa besar??

    mungkin itu saja dulu yg bisa saya tanya,mungkin next time saya akan tanya” lagi itupun jika bapak berkenan berbagi ilmu dengan saya.

    Hidup Railfans Indonesia,,,,

    Regards,

    Adit

  45. Rio Prabowo says:

    salam kenal pak mukti sy rio.Pak sy mau perbedaan controler bachmann dynamis sama zephyr apa ya?soalnya masih bingung mau beli yg mana mungkin itu dulu pertanyaan saya thanks.

    • muktiwibowo9 says:

      Salam kenal juga mas Rio, jujur saya belum pernah pakai Bachman Dynamics….namun kalau disuruh milih saya prefer Digitrax Zaphyr, controller ini sudah banyak yang pakai, dan Zaphyr Extra sudah dilengkapi fitur fungsi hingga F28.

  46. Fadil says:

    assalamualaikum om mukti.
    kenalkan saya RailFans dari Lampung. Rajanya Babaranjang om,

    saya mau tanya, kok om bisa sih koleksi model kereta2 itu?? aku iri, pengen banget koleksi.. walau cuma satu rangkaian plus 2 lokomotif

    • Mukti says:

      Wa alaykum salam bung Fadil….saya dukung untuk mengkoleksi kereta model, bung Fadil bisa mengkhususkan rangkaian spt Babaranjang yaitu nuansa tam bang Batubara dan rangkaian keretanya….dgn sabar Dan focus pasti terwujud, thanks ya bung sdh mengunjungi blog MbT

  47. anonymous says:

    waw… koleksi dan cerita-cerita detailnya hebat!!

  48. Eddy says:

    Makin mantab Pak Mukti, lanjut,…

  49. stevant says:

    Salam kenal Pak Mukti Wibowo, wah hebat koleksi nya semuanya kelas wahid. Mungkin Bpk salah satu kolektor yg memiliki koleksi terbanyak di Indonesia. Saya sebenarnya reborn newbie pemula cinta lama bersemi kembali dgn trains model he he, ingin banyak belajar dari Bpk.

    Setelah 22 thn akhirnya sy bisa memiliki kembali train model, product local masih analog pula (argo parahyangan + 1 loco BB304). Agak telat memang, tapi‎ bagi sy lumayan bisa dijadikan obat stress kapan saja jk ada waktu. Maklum sy kerja lapangan yg jam kerjanya tdk menentu, kerjaanya hanya supervise gerakan container, crane, barge, dll…

    Many thanks Pak,
    Stevant

    • muktiwibowo9 says:

      Thank you bung Stevant, salam kenal juga..untuk hobby saya rasa tidak ada istilah terlambat ya….dan saya acungkan jempol kalau bung Stevant sudah mulai dengan set Argo Parahiyangan…share duong foto2 nya.
      Kalau kerja lapangan memang benar jam terbatas…namun saat tiba dirumah jadi bs serius berhobby nya.

      Ok sampai jumpa..walau via internet
      Salam
      Mukti

      • Stevant says:

        Pak Mukti Wibowo, terimakasih atas emailnya dan comment nya. Sy kagum dgn koleksi Bpk, pasti dah DCC Sound semua. Bpk Mukti Wibowo jika berkenan mungkin bisa gabung group FB ITMC (indonesia train modelling community) atau FKM (forum kereta api miniatur) utk share knowledge & experience bersama.
        Ini sy coba attach foto2nya, loco & passcar sy hanya local product
        Terimakasih Pak atas pencerahannya
        salam kenal & have a nice weekend
        Best regard,
        Stevant
        Pin BB : 256E37FD
        FB : Stv Ok
        Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  50. muktiwibowo9 says:

    Thanks bung Stevant…loko2 saya juga masih ada yang analog dan yang DCC only pak…sebetulnya yang menarik jenis atau type nya…yang pasti group UNION PACIFIC lah
    Btw thanks atas ajakan untuk join di grup FB boleh2 saja tapi saya termasuk yang tidak aktif untuk FB…

    Thanks and salam

  51. Anja says:

    I’m very happy to find this page. I need to to thank you for ones time due to this wonderful read!!
    I definitely savored every bit of it and I have you bookmarked to see
    new things on your site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 297 other followers

%d bloggers like this: